PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS V SD SEMESTER GANJIL DI GUGUS VI KECAMATAN BULELENG KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

I Komang Heriasa ., Dra. Ni Wayan Arini,M.Pd ., Ni Wayan Rati, S.Pd., M.Pd. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan konvensional pada siswa kelas V di gugus VI Kecamatan Buleleng, (2) mendeskripsikan kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas V di gugus VI Kecamatan Buleleng, (3) mengetahui perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis karangan deskripsi antara siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan kontekstual dan siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V di gugus VI Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dan menggunakan desain post-test only with non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus VI Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2013/2014. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah SD No. 1 Kampung baru sebagai kelas eksperimen dan SD No. 2 Kampung Baru sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel adalah teknik random sampling. Data keterampilan menulis karangan deskripsi siswa diperoleh dengan menggunakan metode tes. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rata-rata keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelompok kontrol sebesar 46,93 dan berada pada kategori kurang, (2) rata-rata keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelompok ekperimen sebesar 81,79 dan berada pada kategori sangat baik, dan (3) terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menulis karangan deskripsi antara siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan kontekstual dan siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan konvensional (thitung=7,28 > ttabel=1,671).
Kata Kunci : Pendekatan Kontekstual, keterampilan menulis deskripsi

The research aims to (1) describing writing description essay skills at studedent learned with convensional approach at fifth grade student in group of six buleleng districts, (2) describing writing description essay skills at student learned with contextual at fifth grade student in group of six buleleng district, and (3) determine significantly differences writing description essay skills among student learned with contextual approach and student learned with convensional approach at fifth grade student in group of six buleleng districts. This research was quasi exsperiment research with Post Test Only with Non Equivalent Control Group Design. The population of this research is student class V in lesson 2013/2014 in elementary school gruop of VI Buleleng district. Sample of this research is elemantary school 1 Kampung Baru as control class and elemantary school 2 Kampung Baru as exsperiment class. Sample choosed with random sampling technic. Writing description essay skills data of student collected using method test. The data collected were analyzed with descriptive statistics and inferential statistics ,(t-test). The result of research indicate that (1) writing description essay skills of student control group have average score of 46,93 with less categories, (2) writing description essay skills of student experiment group have average score 0f 81,79 with very high categories and (3) there are differences writing description essay skills in significantly among the group of student learned the contextual approach and group of student that learned the convensional approach (t result = 7,28 > t table = 1,671).
keyword : contextual approach, writing description skills

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.