PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS METODE BERMAIN PERAN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA

Authors

  • Ni Wayan Pramiti .
  • Dr. M.G. Rini Kristiantari,M.Pd .
  • DB.KT.NGR. Semara Putra,S.Pd., M.For. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2239

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar Bahasa Indonesia antara siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan kontekstual berbasis metode bermain peran dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian yaitu nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Gugus IV Kecamatan Sukawati. Melalui teknik random sampling didapat sampel siswa yaitu kelas IV SDN 1 Batubulan Kangin yang berjumlah 54 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV SDN 2 Batubulan Kangin berjumlah 51 orang sebagai kelompok kontrol. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes berupa hasil belajar Bahasa Indonesia. Hasil test selanjutnya dianalisis dengan menggunakan pengujian statistik yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar Bahasa Indonesia antara siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan kontekstual berbasis metode bermain peran dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Ini dapat dilihat dari hasil uji-t, yakni thit = 3,66 sedangkan ttab pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 103 sebesar 2,000, sehingga thit > ttab. Rata-rata hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual berbasis metode bermain peran lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional yaitu 70,89 > 64,31. Hal ini berarti terdapat pengaruh pendekatan kontekstual berbasis metode bermain peran terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Gugus IV Kecamatan Sukawati.
Kata Kunci : Pendekatan kontekstual berbasis metode bermain peran, hasil belajar bahasa Indonesia

This research aimed to find out the significant differences of learning Indonesian outcome between the students who learned it through contextual approximation based Role Play method, and those who learned Indonesian language with conventional method. This research was quasi-experimental research with nonequivalent control group design. The population of the research were all of the grade fourth students of elementary school of Gugus 4 Sukawati. By mean of random sampling technique it could be determined that the students sampling as experiment group derived from 54 grade fourth students of SD N 1 Batubulan and 51 grade four students of SDN 2 Batubulan Kangin as group control. The data submitted were result of Indonesian assignment and then were analyzed by statistic testing as test-tThe result of the study showed that there were significant differences of the Indonesian learning outcome of the students who learn it through contextual approximation based Role Play method, and those by conventional method. It could be seen that test-t thit = 3.66 While ttab at significance level 5% with dk = 103 by 2,00 , so thit> ttab. The overage of the students score who learned Indonesian language by contextual approximation based Role Play method were higher than them who it through conventional method as 70,89 > 64,31. It mean that there were influences of contextual approximation based Role Play method toward learning outcome of grade fourth students of SD Gugus 4 Sukawati.
keyword : Contextual approximation based Role Play method, Indonesian learning outcome.

Published

2014-02-17

How to Cite

., N. W. P., ., D. M. R. K., & ., D. S. P. M. (2014). PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS METODE BERMAIN PERAN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2239

Issue

Section

Articles