PENGARUH METODE ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PKn

Authors

  • Ni Made Rai Ariwitari .
  • Drs. Made Putra, M.Pd .
  • Dr. M.G. Rini Kristiantari,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2247

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn antara siswa yanbg dibelajarkan dengan metode pembelajaran role playing berbantuan media audio visual dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus 1 Tampaksiring Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment (eksperimen semu) dengan rancangan Nonequivalent Control Group Desain. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas V SD Gugus I Tampaksiring yang berjumlah 239 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 6 Manukaya dengan jumlah 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VB SD Negeri 4 Manukaya dengan jumlah 32 siswa sebbagai kelompok kontrol. Data yang dianalisis adalah hasil belajar PKn siswa yang dikumpulkan melalui tes pilihan ganda yang terdiri atas 30 butir soal. Selanjutnya, data dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn antara siswa yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran role playing berbantuan media audio visual dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Nilai thit (4,66) dengan taraf signifikan 5% diperoleh ttab (2,000) karena thit lebih besar dari ttab maka Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai rata-rata hasil belajar PKn yang dicapai kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran role playing (79,00) lebih dari nilai rata-rata siswa yang dicapai kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (72,00). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran role playing berpengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD Gugus 1 Tampaksiring.
Kata Kunci : role playing, audio visual, Hasil Belajar

This study aims to determine significant PKn outcome among students who learned with role playing methods of audio visual media and students who learned with conventional learning in five grade Tampaksiring Force 1 Academic Year 2013/2014. The study was quasi-experimental rsearch, the design Nonequivalnt Control Group Design. The study population was a five grade student Tampaksiring Force 1 by the number of 239. The sample in this study is SD Negeri 6 Manukaya by the number of 30 students as the experimental group and the SD Negeri 4 Manukaya by number of 32 students as control group. The data analyzed as collected students PKn outcome through a multiple-choice test consisting of 30 items. Furthermore , the data were analyzed by t-test. The result showed that are significant differences in the PKn grade among studens who take the learning process by implementing a learning role playing methods with who follow the application of conventional learning thit value 4,66 with a significance level of 5% was obtained for thit table 2,000 greater than t-table then Ho is rejected and Ha accepted. The average value of PKn grade learning is achieved by a group of students who take learning role playing (79,00) over the average bvalue is accoplished group of students who take the conventional teaching (72,00). Thus can be concluded that role playing method affect the PKn outcome.
keyword : role playing, audio-visual, PKn learning outcome

Published

2014-02-18

How to Cite

., N. M. R. A., ., D. M. P. M., & ., D. M. R. K. (2014). PENGARUH METODE ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PKn . MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2247

Issue

Section

Articles