PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RME BERBANTUAN MEDIA SEMI KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS 8 KECAMATAN GIANYAR, KABUPATEN GIANYAR TAHUN AJARAN 2013/2014

Authors

  • I Made Sunari Adi .
  • Dr. I Gede Meter,M.Pd .
  • Dr. M.G. Rini Kristiantari,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2249

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar Matematika pada kelas V SD Gugus 8 Gianyar yang dibelajarkan melalui model pembelajaran RME berbantuan media semi konkret dengan kelas yang dibelajarkan secara konvensional siswa kelas V SD Gugus 8 Gianyar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua SD Gugus 8 Gianyar. Sampel diambil dengan teknik Purposive Random Sampling karena hanya ada dua sekolah yang siswanya lebih dari 30 orang, kemudian untuk menentukan kelas yang akan dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol digunakan teknik Random Sampling. Data yang dikumpulkan adalah hasil belajar Matematika yang meliputi aspek kognitif. Nilai kognitif didapat dari tes hasil belajar bentuk pilihan ganda biasa. Data dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar Matematika antara siswa yang di belajarkan melalui model pembelajran RME berbantuan media semi konkret dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran secara konvensional. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung sebesar 2,29, dengan menggunakan taraf signifikansi 5% (α = 0,05) atau taraf kepercayaan 95% dengan dk = 68 diperoleh ttabel sebesar 2,000. Ini berarti thitung > ttabel (2,29 > 2,00). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran RME berbantuan media semi konkret berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Gugus 8 Gianyar.
Kata Kunci : Model Pembelajaran RME Berbantuan Media Semi Konkret, Hasil Belajar Matematika.

The purpose of this research is to determine the significant differences of mathematic learning achievement at the V grade students of SD Gugus 8 Gianyar Regency that learned through the RME learning model assisted by semi-concrete media than the class that learned through conventional learning model at the V grade students of SD Gugus 8 Gianyar Regency. This research was a quasi-experimental study with Nonequivalent Control Group Design. Thepopulation of this research is all the students in SD Gugus 8 Gianyar Regency. The sample of this research is implementing the purposive sampling technique because there were only two schools that have more than 30 students, and for choosing the control class and experimental class is using random sampling technique. The data collected is the achievements of learning mathematic includecognitive aspect. The cognitive point was gain from the test of multiple chooses and then analysis by t-test. The result showed that there were significant differences of mathematic learning achievement between the students who learned through RME learning model assisted by semi-concrete than the students who learned through conventional learning model. Based on the analysis abtainthitung was 2.29, with standard significant 5% (α=0.05) or the reliance standard 95% with dk=68obtainttabel about 2.00. It’s means that thitung>ttabel (2.29 > 2.00) So, it can be conclude that RME learning model assisted by semi-concrete media give significant differences toward the student’s mathematic learning achievement at the fifth grade SD Gugus 8 Gianyar Regency.
keyword : RME learning model assisted by semi-concrete media, mathematic learning achievement.

Published

2014-02-18

How to Cite

., I. M. S. A., ., D. I. G. M., & ., D. M. R. K. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RME BERBANTUAN MEDIA SEMI KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS 8 KECAMATAN GIANYAR, KABUPATEN GIANYAR TAHUN AJARAN 2013/2014 . MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2249

Issue

Section

Articles