MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBASIS PENILAIAN KINERJA BERPENGARUH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD GUGUS SRIKANDI DENPASAR

Authors

  • I Komang Hary Sudawan .
  • Drs. I Made Suara, M.Pd .
  • Dra. Siti Zulaikha, M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2256

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kemampuan berfikir kreatif belajar PKn antara siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) berbasis penilaian kinerja dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus Srikandi Denpasar Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain yaitu “Nonequivalent Control Group Design”. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus Srikandi Denpasar Tahun Pelajaran 2013/2014 dari 8 sekolah dasar dan 16 kelas yang berjumlah 581 siswa. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling yaitu siswa kelas Va SD N 10 Sumerta yang berjumlah 33 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas Va SD N 5 Sumerta sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang. Data kemampuan berfikir kreatif belajar PKn siswa di kelas eksperimen maupun di kelas kontrol dikumpulkan dengan menggunakan tes esay. Tes kemampuan berfikir kreatif belajar PKn siswa diberikan pada saat post test secara tertulis. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa berdasarkan hasil analisis uji-t diketahui terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berfikir kreatif belajar PKn siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) berbasis penilaian kinerja dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus Srikandi Denpasar Tahun Pelajaran 2013/2014, dengan nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol (75,04 > 68,33) dan hasil analisis uji-t diketahui thitung = 4,273 > ttabel (α = 0.05, 61) = 2.00. Dengan demikian berarti model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) berbasis penilaian kinerja berpengaruh terhadap kemampuan berfikir kreatif belajar PKn siswa kelas V SD Gugus Srikandi Denpasar Tahun Pelajaran 2013/2014.
Kata Kunci : Group Investigation (GI), Kemampuan Berfikir Kreatif

This study aims to determine significant differences study Civics creative thinking ability among students that learned through cooperative learning model group investigation (GI) based performance assessment with students that learned through conventional teaching in class of V SD Gugus Srikandi Denpasar Academic Year 2013/2014. This research is a quasi experimental design that is " Nonequivalent Control Group Design ". The study population was all students of class V SD Gugus Srikandi Denpasar Academic Year 2013/2014 of 8 primary schools and 16 classes totaling 581 students. Samples were taken by purposive sampling technique grade students of SD N 10 Sumerta Va. , amounting to 33 people as a class experiment and students class of Va N 5 Sumerta as control classes totaling 30 people . Data creative thinking ability of students to learn in civics class in experimental and control classes were collected using essay tests . Tests of creative thinking ability of students learning civics test administered at the time of writing the post . The data were then analyzed using t-test . The results of this study indicate that based on the results of t-test analysis is known there are significant differences study Civics creative thinking ability of students that learned through cooperative learning model group investigation (GI) based performance assessment with students that learned through conventional teaching in class of V SD Gugus Srikandi Denpasar Academic Year 2013/2014, with an average value of the experimental group is higher than control group ( 75.04 > 68.33 ) and the results of t-test analysis of thitung = 4.273 > ttable (α=0:05,61) = of 2.00. Thus means cooperative learning model group investigation (GI) based performance assessment affect the ability of creative thinking of students learning civics class of V SD Gugus Srikandi Denpasar Academic Year 2013/2014.
keyword : Group Investigation (GI), Creative Thinking Ability

Published

2014-02-18

How to Cite

., I. K. H. S., ., D. I. M. S. M., & ., D. S. Z. M. (2014). MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBASIS PENILAIAN KINERJA BERPENGARUH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD GUGUS SRIKANDI DENPASAR . MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2256

Issue

Section

Articles