PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PENILAIAN KINERJA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SEMESTER I SD 27 PEMECUTAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Authors

  • Ni Made Santi Utami .
  • Dr. I Gede Meter,M.Pd .
  • Drs. I Made Suara, M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2267

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri berbasis penilaian kinerja dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional siswa kelas V SD 27 Pemecutan, Kecamatan Denpasar Barat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy eksperiment) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD 27 Pemecutan, Kecamatan Denpasar Barat tahun ajaran 2013/2014. Data yang dikumpulkan adalah nilai hasil belajar post test IPA di kelas eksperimen maupun di kelas kontrol dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda satu jawaban benar. Data di analisis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuri berbasis penilaian kinerja dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (thitung = 2,550 > ttabel = 2,00). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuri berbasis penilaian kinerja berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD 27 Pemecutan, Kecamatan Denpasar Barat, Tahun Ajaran 2013/2014.
Kata Kunci : model inkuiri, penilaian kinerja, hasil belajar IPA

This research aimed to know the significant differences of the achievement learning science between the students who learned with the inquiry learning model based on performance assessment and the students who learned with conventional learning method in the five grade of SD 27 Pemecutan, Denpasar Barat, acedemic year 2013/2014. This research is a quasi-experimental study (Quasy experiment) with use a non-Equivalent Control Group Design. The population in this research were all the five grade students of SD 27 Pemecutan Denpasar Barat academic year 2013/2014. The collected data from the result the post science achievement both of experimental class and control class by using multiple choise test. The data was analyzed by t-test. The results showed that there were significant differences of the learning science achievement between the students who learned with the inquiry learning model based on performance assessment and the students who learned with conventional learning method (t = 2.550> table = 2,00). Thus, it can be concluded that inquiry learning model based on performance assessment significantly influence the results of science achievement in the five grade students of SD 27 Pemecutan Denpasar Barat acedemic year 2013/2014.
keyword : inquiry models, performance assessment, the results of science achievement.

Published

2014-02-19

How to Cite

., N. M. S. U., ., D. I. G. M., & ., D. I. M. S. M. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PENILAIAN KINERJA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SEMESTER I SD 27 PEMECUTAN TAHUN AJARAN 2013/2014. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2267

Issue

Section

Articles