PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF BERBASIS INTEGRATIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEMESTER I SEKOLAH DASAR GUGUS R.A KARTINI

Authors

  • Ida Ayu Adisti Ligianing Putri .
  • Drs. I Ketut Ardana,M.Pd. .
  • Dra. Ni Nyoman Ganing, M.Hum .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2273

Abstract

Model pembelajaran Induktif Berbasis Integratif merupakan strategi yang direncanakan untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kreatif melalui observasi, membandingkan, penemuan pola dan menggeneralisasikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran induktif berbasis integratif dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus R.A Kartini. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V semester I Sekolah Dasar Gugus R.A Kartini yang terdiri atas 4 Sekolah Dasar dengan jumlah keseluruhan populasi adalah 398 siswa. Sampel yang digunakan adalah 2 kelas yaitu siswa kelas V SDN 32 Pemecutan sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SDN 27 Pemecutan sebagai kelompok konvensional dengan jumlah keseluruhan sebanyak 80 siswa. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu random sampling. Data yang dianalisis adalah hasil belajar IPA siswa yang dikumpulkan melalui tes hasil belajar IPA siswa. Untuk analisis data digunakan uji t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran induktif berbasis integratif dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional (nilai thit = 2,40 dengan taraf signifikansi 5% dan dk = 78 diperoleh ttabel = 2,00) jadi thitung > ttabel. ). Hasil penelitian juga menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran induktif berbasis integratif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus R.A Kartini ( = 64,73 > = 57,95).
Kata Kunci : Model Pembelajaran Induktif Berbasis Integratif dan Hasil belajar IPA.

Integrative Model -Based Inductive learning is a strategy designed to help students develop higher level thinking skills and creative through observation, comparing, and generalizing patterns discovery. The purpose of this study was to determine the significant differences between students' science learning outcomes that learned using inductive learning -based integrative model of the students that learned using the conventional teaching fifth grade elementary school students RA Kartini Group. This study used a quasi-experimental design with design nonequivalent control group design. The study population is the first semester on fifth grade students of RA Kartini elementary school consisting of four elementary schools with a total student population are 398 . The samples used were two classes of fifth grade students of SDN 32 acceleration as the experimental group and fifth grade students of SDN 27 acceleration as the conventional group with a total of 80 students . Sample selection technique used is random sampling . The data analyzed were the result of learning science students collected through student science achievement test. For data analysis used the t test with significance level of 5 %. The results showed that there were significant differences between students' science learning outcomes that learned using inductive learning -based integrative model of the students that learned using conventional learning (tcount = 2.40 with a significance level of 5 % and dk = 78 is obtained ttable = 2,00) so tcount > ttable. The results also showed the influence of an integrative model of inductive learning based on learning outcomes IPA Elementary School fifth grade students RA Kartini Group( = 64.73 > = 57.95) .
keyword : Inductive Learning Model -Based Integrative and science learning outcomes.

Published

2014-02-20

How to Cite

., I. A. A. L. P., ., D. I. K. A., & ., D. N. N. G. M. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF BERBASIS INTEGRATIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEMESTER I SEKOLAH DASAR GUGUS R.A KARTINI. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2273

Issue

Section

Articles