PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MASALAH LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS MAYOR METRA

Authors

  • Putu Ida Rosmala Dewi .
  • Dra. Ni Wayan Suniasih,S.Pd, M.Pd .
  • Drs. I Ketut Ardana,M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2278

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kontekstual berbasis masalah lingkungan dan yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada kelas V SD Gugus Mayor Metra Kecamatan Denpasar Utara Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus Mayor Metra Kecamatan Denpasar Utara Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 510 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 90 siswa yang terdiri dari 45 siswa pada masing-masing kelompok. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar IPA. Analisis data menggunakan analisis statistik uji-t. Berdasarkan kriteria pengujian diperoleh thitung = 6,734 > ttabel(α= 0.05:88) = 2,000 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Didukung oleh perolehan rata-rata hasil belajar IPA kelompok eksperimen 65,76 yang lebih dari rata-rata hasil belajar IPA kelompok kontrol 50,91. Hal tersebut membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kontekstual berbasis masalah lingkungan dan yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis masalah lingkungan berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus Mayor Metra Kecamatan Denpasar Utara Tahun Ajaran 2013/2014.
Kata Kunci : Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Masalah Lingkungan, Hasil Belajar IPA

The present research was undertaken in order to know the significant difference of learning result of Science between group of subject that learned with Contextual learning based environmental problem and that learned with conventional learning on the fifth grade of Mayor Metra Cluster in north districts of Denpasar in academic year 2013/2014. The research design using nonequivalent control group design. The population of this research was all of the fifth grade students of Mayor Metra Cluster in north districts of Denpasar in academic year 2013/2014 with 510 students. The sample of this research were 90 students which consisted of 45 students in each groups. Data collection methods used were evaluation test of Science. Data analyzed using t-test statistic. Based on terting criteria, it was gotten tcount = 6,734 > ttable(α= 0.05:88) = 2,000 therefore Ho was rejected and Ha was accepted. It supported from the average learning result of Science of the experimental group 65,76 more than the average learning result of Science of the control group 50,91. It is proved that there are the significant difference of learning result of Science between group of subject that learned with Contextual learning based environmental problem and that learned with conventional learning. Therefore can be concluded that the application of the Contextual approach learning based envorinmental problem affects to the Science learning result of fifth grade of Mayor Metra Cluster in north districts of Denpasar in academic year 2013/2014.
keyword : Contextual approach learning based envorinmental problem, Science Learning result

Downloads

Published

2014-02-20

How to Cite

., P. I. R. D., ., D. N. W. S. M., & ., D. I. K. A. (2014). PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MASALAH LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS MAYOR METRA . MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2278

Issue

Section

Articles