PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD TAHUN PELAJARAN 2013/2014 DI GUGUS IV KECAMATAN BULELENG

Authors

  • Ni Made Marteni Dewi .
  • Dra. Desak Putu Parmiti,MS .
  • Putu Nanci Riastini, S.Pd., M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2286

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar kognitif IPA antara kelompok siswa yang belajar mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) dengan kelompok siswa yang belajar mengikuti model pembelajaran konvensional di kelas V SD Tahun pelajaran 2013/2014 di Gugus IV Kecamatan Buleleng. Rancangan penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimen), dengan desain post test only control group desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD di Gugus IV Kecamatan Buleleng. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V SDN 1 Alasangker dan kelas VSDN 3 Alasangker. Sampel ditentukan menggunakan teknik simple random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda satu jawaban benar. Data yang diperoleh dianalisi menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD di Gugus IV Kecamatan Buleleng. Berdasarkan hasil uji-t, diperoleh t hitung sebesar 4,46, sedangkan t tabel dengan db = 37 pada taraf signifikansi 5% adalah 1,74. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel. Disamping itu, rata-rata skor hasil belajar IPA kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran CRH (21,92) lebih tinggi daripada rata-rata skor kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional (15,2). Dengan demikian, model pembelajaran CRH berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD tahun pelajaran 2012/2013 di Gugus IV Kecamatan Buleleng.
Kata Kunci : Model CRH, Hasil Belajar

The research aims to determine the existence of significant differences in the cognitive science of learning outcomes between students who learn to follow the group cooperative learning model Course Review Horay (CRH) with a groups of students who learn to follow the conventional model of learning 5th grade elementary school academic year 2013/2014 in cluster IV on Buleleng District. The design of this reseach is Quasi Eksperimen with post test only control group design. Population of this research is all in 5th grade elementary school in cluster 4 Buleleng district. The sample of this research is 5th SDN 1 Alasangker and 5th SDN 3 Alasangker. Sample determin by using simple random sampling. Learning outcomes data were collected using a multiple-choice test answer correct. Data were analyzed using descriptive statistical analysis techniques and inferential statistical t-test. The results showed there are significant diffrences on learning outcomes of natural science between students who are learning to follow the model of the Course Review Horay (CRH) cooperative learning type with students who are learning to follow the conventional of learning in 5th grade elementary school academic year 2013/2014 in cluster IV on Buleleng District. Based on the results of the test-t, with tcount amount 4,46 and ttable with db = 37 at signifikan level 5% is 1,74. The calculation results show that tcount is greater from ttable. Beside that, average science achievement scores of between students who learning models CRH (21,92) higher than the average score of the group of student who studied with conventional learning models (15,2). The consclusion, learning model CRH have influence on science learning outcome student of 5th grade elementary school academic year 2013/2014 in cluster IV on Buleleng District.
keyword : Model CRH, learning outcomes

Published

2014-02-21

How to Cite

., N. M. M. D., ., D. D. P. P., & ., P. N. R. S. M. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD TAHUN PELAJARAN 2013/2014 DI GUGUS IV KECAMATAN BULELENG. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2286

Issue

Section

Articles