PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PQRST BERBANTUAN MEDIA SEMI KONKRIT TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN GUGUS I DENPASAR SELATAN

Authors

  • Ni Nyoman Sri Wahyuni .
  • DB.KT.NGR. Semara Putra,S.Pd., M.For. .
  • Ida Bagus Gede Surya Abadi, SE., M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2289

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh keterampilan membaca antara siswa yang mengikuti metode pembelajaran PQRST berbantuan media semi konkrit dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional di kelas IV SDN Gugus I Denpasar Selatan tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain Non Equivalen Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus I Denpasar Selatan tahun pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel menggunakan teknik ramdom sampling. Untuk mendapatkan data tentang hasil keterampilan membaca bahasa Indonesia, pengujian hipotesis menggunakan metode statistika t-test. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang mengikuti metode pembelajaran PQRST berbantuan media semi konkret dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional ( thit = 4,94 > ttabel = 2,000 ) dengan db = 98 ( Ʃn-2 = 100 – 2 = 98 ) dan taraf signifikansi 5%. Rata – rata diperoleh masing – masing kelompok yaitu, pada kelompok eksperimen sebesar 82,13 sedangkan kelompok kontrol sebesar 70,67. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran PQRST berbantuan media semi konkrit terhadap keterampilan membaca siswa kelas IV SD Gugus I Denpasar Selatan tahun pelajaran 2013/2014.
Kata Kunci : Metode pembelajaran PQRST, media semi konkrit, Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia

This study aimed to knowing the effect of reading skill among the students who follow the media-assisted learning method PQRST semi-concrete with the students who take conventional learning models in the fourth grade student of SDN Gugus I South Denpasar academic year 2013/2014. This study was a quasi-experimental design with non-equivalent control group design. The study population was the fourth grade students of SDN Gugus I South Denpasar academic year 2013/2014. The study using ramdom sampling. To obtaining the data on the results of Indonesian reading skills, statistical hypothesis testing using t-test. the results showed, there are significant differences between students who follow the media-assisted learning method PQRST semi-concrete with the students who take conventional learning (tvalue = 4,94 > ttable = 2.000) with db = 98 (Ʃn-2 = 100 – 2 = 98 ) and the significance level 5%. Averages obtained respectively - each group which is, the experimental group was 82.13 while the control group was 70.67. It can be concluded that there were significant implementation of media-assisted learning methods PQRST semi-concrete to the students' reading skills of fourth grade student of SDN Gugus I South Denpasar academic year 2013/2014.
keyword : PQRST learning methods, media semi-concrete, Reading Skills Indonesian

Published

2014-02-21

How to Cite

., N. N. S. W., ., D. S. P. M., & ., I. B. G. S. A. S. M. (2014). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PQRST BERBANTUAN MEDIA SEMI KONKRIT TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN GUGUS I DENPASAR SELATAN . MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2289

Issue

Section

Articles