PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV DI SD GUGUS 2 TAMPAKSIRING TAHUN AJARAN 2013/2014

Authors

  • I Wayan Gede Wiragustika .
  • Dr. I Gede Meter,M.Pd .
  • Drs. I Made Suara, M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2305

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Role Playing berbantuan media lingkungan sosial dengan hasil belajar PKn siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV di SD Gugus 2 Tampaksiring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Role Playing berbantuan media lingkungan sosial terhadap hasil belajar PKn Siswa Kelas IV di SD Gugus 2 Tampaksiring Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu atau kuasi eksperimen dengan menggunakan desain Noneequivalent pre test - post test control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV di SD Gugus 2 Tampaksiring yang berjumlah 165 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling yaitu dengan mengacak kelas, maka didapat dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas IV SDN 1 Tampaksiring dan kelas IV SDN 3 Tampaksiring. Kedua kelas tersebut telah setara, berdasarkan hasil analisis uji-t dengan nilai ulangan akhir semester. Penentuan kelas eksperimen dan control dilakukan dengan cara pengundian kedua kelas tersebut, hasilnya yaitu kelas IV SDN 1 Tampaksiring dengan jumlah siswa sebanyak 40 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV SDN 3 Tampaksiring dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa sebagai kelas control. Data hasil belajar PKn siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik parametrik (uji-t). Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Role Playing berbantuan media lingkungan sosial dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional. Hal tersebut terbukti dengan hasil thitung lebih dari ttabel yaitu 2,630 > 2,00 dan dengan perolehan nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu sebesar 76,41 > 70,65. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe Role Playing berbantuan media lingkungan sosial berpengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa Kelas IV di SD Gugus 2 Tampaksiring Tahun Ajaran 2013/2014
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing, Media Lingkungan Sosial , Hasil Belajar PKn

This study aims to determine significant differences in learning outcomes between students that learned Civics using cooperative learning model -assisted role-playing social media environment with the learning outcomes of students that learned Civics using conventional learning in elementary school fourth grade students in Cluster 2 Tampaksiring. This study aims to determine the effect of cooperative learning model -assisted Role Playing media social environment on learning outcomes Civics Class IV students in Cluster 2 SD Tampaksiring Academic Year 2013/2014. Type of research is a quasi experimental or quasi- experimental design using Noneequivalent pre-test - post-test control group. The population of this research is all the fourth grade in elementary Cluster 2 Tampaksiring totaling 165 students. Determination of the samples was done by random sampling technique is to randomize the class, the importance of the two classes as the sample is SDN 1 class IV and class IV Tampaksiring SDN 3 Tampaksiring. Both of these classes have been equivalent, based on the results of t-test analysis with replay value end of the semester. Determination of experimental class and control is done by drawing the second class, the result is a class IV SDN 1 Tampaksiring with enrollment of 40 students as the experimental group and class IV SDN 3 Tampaksiring the number of students by 30 students as classroom control. Civics student learning outcomes data collected by multiple choice test instrument. The data collected were analyzed using parametric statistical analysis ( t-test ). The results of this study found that there are significant differences Civics student learning outcomes that learned through cooperative learning model -assisted Role Playing social media environment with the students that learned through conventional learning. This is proved by the results of t more than 2,630 ttable ie > 2.00 and the average value of the acquisition of learning outcomes experimental class higher than the class of the control is equal to 76.41 > 70.65.Thus cooperative learning model -assisted Role Playing media social environment affects learning outcomes Civics Class IV students in Cluster 2 SD Tampaksiring Academic Year 2013/2014
keyword : Cooperative Learning Model Type of Role Playing , Social Media Environment, Civics Learning Outcomes

Published

2014-02-24

How to Cite

., I. W. G. W., ., D. I. G. M., & ., D. I. M. S. M. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV DI SD GUGUS 2 TAMPAKSIRING TAHUN AJARAN 2013/2014. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2305

Issue

Section

Articles