PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SD No. 2 KUTA KABUPATEN BADUNG

Authors

  • I Kadek Adnya Yasa .
  • Dr. I G. A. Agung Sri Asri,M.Pd .
  • Ida Bagus Gede Surya Abadi, SE., M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2424

Abstract

Penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS siswa yang mengikuti pembelajaran ARIAS dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas III SD No. 2 Kuta. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu atau Quasi Eksperimen dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD No. 2 Kuta yang terdiri dari 2 kelas. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis hasil penelitian adalah uji –t. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS siswa yang mengikuti pembelajaran ARIAS dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional siswa kelas III SD No. 2 Kuta. Hal tersebut terbukti dengan hasil thitung lebih besar dari pada ttabel yaitu 2,13 > 2,000 dengan perolehan nilai rata-rata hasil belajar IPS kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas Kontrol yaitu sebesar 79,33 > 72,71 Dengan demikian model pembelajaran ARIAS memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar IPS.
Kata Kunci : Model pembelajaran ARIAS (assuare, relevansi, inters, assement, satisfaction), pembelajaran Konvensional, hasil belajar IPS

This study was aimed to determine the differences in the results of social studies students who take ARIAS learning with students who take conventional teaching third grade elementary student No.2 Kuta . This research is a quasi experimental research or Quasi- Experiment with using design Nonequivalent Control Group Design . The samples in this study were all students of class III SD No. 2 Kuta consisting of 2 classes . Analysis of the data used to analyze the results of the study are the t-test . Based on the results of the data analysis of this study concluded that there are significant differences in learning outcomes IPS ARIAS students who take lessons with students who take conventional teaching third grade elementary student No.2 Kuta . This is proved by the results of t greater than t table is 2.13 > 2.000 with an average value of the acquisition of learning outcomes IPS experimental class higher than class control the amount of 79.33 > 72.71 Thus learning model ARIAS had a positive influence the learning out comesof IPS .
keyword : Learning model ARIAS ( assuare, relevance, inters, assement, satisfaction), Conventional learning, learning outcomes IPS.

Published

2014-02-27

How to Cite

., I. K. A. Y., ., D. I. G. A. A. S. A., & ., I. B. G. S. A. S. M. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SD No. 2 KUTA KABUPATEN BADUNG . MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2424

Issue

Section

Articles