PENGARUH STRATEGI DRTA TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • I Wayan Eddy Trisna .
  • Dr. M.G. Rini Kristiantari,M.Pd .
  • Dra. Ni Nyoman Ganing, M.Hum .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2425

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan keterampilan menyimak Bahasa Indonesia antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi DRTA dan kelompok siswa yang dibelajarkan secara konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu menggunakan rancangan “Nonequivalent Control Group Design”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Gugus Letkol Wisnu Denpasar Tahun Ajaran 2013/2014. yang terdiri dari 9 kelas dengan 334 orang siswa. Sampel penelitian ditentukan menggunakan tehnik random sampling dan ditetapkan 80 siswa sebagai sampel penelitian. Data tentang hasil menyimak Bahasa Indonesia dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda biasa sebanyak 35 butir soal. Data yang terkumpul dianalisis mengunakan analisis statistik deskriptif (uji-t). Berdasarkan taraf signifikan 5% dan db =78 (thitung= 3.135 > ttabel = 2,00), menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menyimak Bahasa Indonesia antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi DRTA dan kelompok siswa yang dibelajarkan secara konvensional. Ini berarti, strategi DRTA berpengaruh terhadap keterampilam menyimak Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Gugus Letkol Wisnu Denpasar Tahun Ajaran 2013/2014.
Kata Kunci : Strategi DRTA, keterampilan menyimak Bahasa Indonesia.

The aim of this research is to determine the significant diffrence between group of students in Indonesian learning. The first group of students is observed using DRTA Strategy, while the other group is tought regularly using convetional methode. This type of research is based on “Nonequivalent Control Group Design”. The population in this research involving all students in 5th grade of Gugus Letkol Wisnu Denpasar, year 2013/2014. There were 9 classes with 334 students. The sample in the reseach was Random Sampling and only 80 students were selected in the study. The data of the result in Understanding Indonesian Language is collected by giving 35 questions. The questions were multiple choice. After that, the Data is analysed using Statistic Descriptive Data Analitic (Uji-T). Based on 5% significcant standard and dan db =78 (thitung= 3.135 > ttabel = 2,00) the study shows there was a significant difference in understanding Indonesian Languange between the first group of students using DRTA strategy and the other conventional group of student. It means teaching strategy using DRTA has a great benefit to studentof 5th grade of Gugus Letkol Wisnu Denpasar in learning Indonesian Language, for academic year of 2013/2014.
keyword : DRTA strategy, skill in observing Indonesia

Published

2014-02-27

How to Cite

., I. W. E. T., ., D. M. R. K., & ., D. N. N. G. M. (2014). PENGARUH STRATEGI DRTA TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2425

Issue

Section

Articles