PENGARUH MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEMESTER I

Authors

  • Ni Nyoman Eka Laksmini .
  • Prof. Dr. Gede Sedanayasa,M.Pd .
  • Drs. Dewa Nyoman Sudana,M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2426

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Student Facilitator and Explaining dan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V semester I Tahun Pelajaran 2013/2014 di Desa Tukadsumaga Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan rancangan post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri di Desa Tukadsumaga dengan jumlah 123 siswa. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 4 Tukadsumaga yang berjumlah 31 orang sebagai kelompok eksperimen dan seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Tukadsumaga yang berjumlah 30 orang sebagai kelompok kontrol yang dipilih dengan teknik random sampling. Pengumpulan data hasil belajar IPA siswa menggunakan metode tes. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial (uji–t) untuk menguji perbedaan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan mean (M) = 23,55 termasuk dalam kategori sangat tinggi, (2) hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional dengan mean (M) = 18,7 termasuk dalam kategori tinggi, (3) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Negeri di Desa Tukadsumaga kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2013/2014 (t hitung = 5,323 > t tabel =2,000).
Kata Kunci : SFAE, hasil belajar IPA

This study aims to determine the differences in learning outcomes between students who take science lessons using Student Facilitator and Explaining models and students who take lessons using conventional learning models in the first semester of fifth grade students in the Academic Year 2013/2014 in the village of Tukadsumaga Gerokgak Buleleng regency. The study was quasi-experimental research, the design of post - test only control group design. The study population was all the fifth grade students of elementary school in the village of Tukadsumaga by the number of 123 students . The samples were all fifth grade students of SD Negeri 4 Tukadsumaga, amounting to 31 people as the experimental group and the entire fifth grade students of SD Negeri 1 Tukadsumaga, amounting to 30 people as a control group were selected by random sampling technique . Collecting data from students learn science using the test method. The instrument used was a multiple choice test. Data were analyzed using descriptive and inferential statistical analysis ( t-test ) to test for differences in student learning outcomes. The study found that (1) the learning outcomes of students who take learning using learning model Student Facilitator and Explaining with a mean (M) = 23.55 included in the very high category, (2) learning outcomes of students who take lessons using conventional learning models with mean (M) = 18.7 in the high category, (3) there is a significant difference in learning outcomes between students who take science learning using learning model student Facilitator and Explaining and students who take using conventional learning models learning at elementary School fifth grade students in Gerokgak Tukadsumaga village Buleleng district academic year 2013/2014 ( t count = 5,323 > t table = 2.000).
keyword : SFAE, learning sience outcomes

Published

2014-02-27

How to Cite

., N. N. E. L., ., P. D. G. S., & ., D. D. N. S. (2014). PENGARUH MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEMESTER I. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2426

Issue

Section

Articles