PENDEKATAN INDUKTIF BERBASIS VCT BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD GUGUS VII BLAHBATUH TAHUN AJARAN 2013/2014

Authors

  • I Gusti Ayu Dwi Lestari .
  • Drs. I Wayan Darsana,M.Ed .
  • Drs. I Komang Ngurah Wiyasa, M.Kes. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2427

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn siswa yang dibelajarkan melalui pendekatan induktif berbasis VCT (Value Clarification Technique) dengan siswa yang dibelajarkan melalui konvensional pada siswa kelas V SD Gugus VII Blahbatuh Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Desain penelitian ini menggunakan “Nonequivalent Control Group Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus VII Blahbatuh dengan jumlah 147 siswa. Sampel diambil dengan teknik Purposive Sampling dengan jumlah siswa 75 siswa terdiri dari dua sekolah yaitu siswa kelas V SDN 1 Belega yang berjumlah 40 siswa dan siswa kelas V SD N 3 Belega yang berjumlah 35 siswa. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar PKn dengan menggunakan tes objektif dengan empat alternatif jawaban a. b. c. dan d. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol (76,53> 70,00), sehingga dalam penelitian ini terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn siswa yang dibelajarkan melalui pendekatan induktif berbasis VCT dengan siswa yang dibelajarkan melalui konvensional (thitung = 3,08 > ttabel = 2,00) dengan taraf signifikan 5% dan dk = 73. Dengan demikian berarti bahwa pendekatan induktif berbasis VCT berpengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD Gugus VII Blahbatuh Tahun Ajaran 2013/2014.
Kata Kunci : Hasil Belajar PKn, Pendekatan Induktif, VCT (Value Clarification Technique)

The purpose of this research is to determined significant differences of Civics (Pkn) learning result between the students’s that learned through inductive approach based on VCT (Value Clarification Technique) with the students’ that learned through conventional method at the fifth grade elementary students gugus (groups of schools) VII Blahbatuh Academic Year 2013/2014. This research is a quasi-experiment. The design of this research is using the "Nonequivalent Control Group Design". The populations in this research were all the fifth grade elementary students’ gugus VII Blahbatuh in round numbers of 147 students. The samples were taken by purposive sampling technique with numbers of 75 students at the fifth grade and consists of two schools namely SD N 1 Belega for about 40 students and SD N 3 Belega for about 35 students. The research instrument is Citizenship Education achievement test using objective tests with four alternative answers that is a. b. c. and d. The data collected were analyzed by using t-test. The results showed that the average value of the experimental group is higher than control group ( 76.53 > 70.00 ), so that in this research there were significant differences in Civics learning result of the students that learned through inductive approach based on VCT than the students that learned through conventional method ( of t = 3.08 > t table = 2.00 ) with a significant level of 5 % and df = 73 . Thus means that the inductive approach based on VCT effected on students’ Civics learning result at the fifth grade Elementary School gugus VII Blahbatuh Academic Year 2013/2014.
keyword : Civics learning result, Inductive Approach, VCT (Value Clarification Technique)

Published

2014-02-27

How to Cite

., I. G. A. D. L., ., D. I. W. D., & ., D. I. K. N. W. M. (2014). PENDEKATAN INDUKTIF BERBASIS VCT BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD GUGUS VII BLAHBATUH TAHUN AJARAN 2013/2014. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2427

Issue

Section

Articles