PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD N 4 LODTUNDUH

Authors

  • Ni Wayan Aniek Ferdiantini .
  • Drs. Made Putra, M.Pd .
  • Drs. I Gusti Agung Oka Negara,S.Pd. M.Ke .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2428

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar PKn melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament siswa kelas V SD N 4 Lodtunduh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 4 Lodtunduh sebanyak 22 siswa yang terdiri dari 10 laki – laki dan 12 perempuan. Data motivasi belajar dikumpulkan dengan menggunakan metode kuesioner dan data hasil belajar PKn dikumpulkan dengan menggunakan metode tes yang dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data motivasi dan hasil belajar PKn dengan model kooperatif tipe TGT dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada siklus II. Peningkatan tersebut ditunjukkan pada siklus I motivasi belajar mencapai 70,68 % ( kriteria tinggi ), siklus II motivasi belajar 74,5 %( kriteria tinggi ). Hasil belajar PKn mencapai persentase rata – rata siklus I 72,05% ( kriteria sedang ) dan siklus II 80,23 % ( kriteria tinggi). Ketuntasan klasikal pada siklus I 64%, siklus II mencapai ketuntasan 100%. . Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar PKn siswa kelas V SD N 4 Lodtunduh.
Kata Kunci : Model Team Game Tournament, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Pkn.

This research aims to improve motivation and learning results of the study PKN through the application of cooperative learning model of the type of team games tournament grade V SD N 4 Lodtunduh. This research is a research action class is done in two cyles and each cycle is composed of 3 meetings. The subject of this research is the grade V students SD N 4 Lotunduh as many as 22 students comprising 10 male and 12 female. Learning motivation data was collected by using questionnaire method and result of the study data collected using PKn tests were analyzed by using a quantitative descriptive method. The result of data analysis and the results of learning motivation PKn with the cooperative model type TGT in this study show that there is an increase in cycle II. The improvement shown in reaching the learning motivation 70,68 % siklus I ( high criteria ), learning motivation siklus II 74,5 % ( high criteria). Learning outcome PKn percentages average cyle I 72,05 % ( medium criteria ) and siklus II 80,23 (high criteria ). Classical has been completed on cycle I of 64 %, cycle II reach has been completed of 100%. Thus it can be concluded that cooperative learning model type team games tournament can increase motivation and learning results PKn grade V students SD N 4 Lodtunduh.
keyword : the model team games tournament, learning motivation, the result of study PKn.

Published

2014-02-27

How to Cite

., N. W. A. F., ., D. M. P. M., & ., D. I. G. A. O. N. M. (2014). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD N 4 LODTUNDUH. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2428

Issue

Section

Articles