PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BEBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SD GUGUS KAPTEN JAPA DENPASAR UTARA

Authors

  • I Putu Adhi Nugraha Putra .
  • Ida Bagus Gede Surya Abadi, SE., M.Pd .
  • Drs. I Nengah Suadnyana,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2433

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvesional pada siswa kelas V Semester 1 Di Gugus Kapten Japa Denpasar Utara Tahun Ajaran 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu menggunakan desain nonequivalentpost test only control group desain. Sampel penelitian ini adalah SD N 33 Dangin Puri dengan jumlah siswa 33 orang, sebagai kelompok eksperimen dan SD N 20 Dangin Puri, dengan jumlah siswa 32 orang, sebagai kelompok kontrol. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik sistem random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes. Data tentang hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes uraian, kemudian dianalisis menggunakan uji-t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media powerpoint dengan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (thitung = 3,48 > ttabel = 2,00; ά=0,05). Berdasarkan rata-rata hasil belajar IPA, diketahui siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media powerpoint lebih baik dari siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional ( = 65,58 > = 58,75.). Dengan demikian, model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media powerpoint berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V Semester 1 Di Gugus Kapten Japa Denpasar Utara Tahun Ajaran 2013/2014.
Kata Kunci : PBM, powerpoint

The purpose of this reseachwas significant differences in science learning outcomes between groups of the students that learned use in the model Learning of Problem Based Learning ( PBM ) with a group of students that learned using conventional learning in class V Semester 1, in Kapten Japa North Denpasar 2013/2014 Academic Year. This research is a quasi experimental study using design of nonequivalent post-test only control group design. The student takes sample of SD N 33 Dangin Puri with 33 students, as the experimental group and SD N 20 Dangin Puri with 32 students, as the control group . The sample selection was done by using a system of random sampling. Collecting data in this study was conducted using the test. Data on students' science learning outcomes were collected using a test description, then analyzed using t-test. The results showed that , there are significant differences on science learning outcomes between groups of students who learned with the model assisted problem-based learning with a group of PowerPoint media students who take conventional learning models ( of t = 3.48 > table = 2.00 ; ά = 0.05 ) . Based on the average of the results of learning science , students know that follow the model -assisted problem-based learning PowerPoint media better than students who take lessons with the conventional model ( X1 = 65.58 > X2 = 58.75 . ) . Thus, the model -based learning PowerPoint media -assisted problem affects the results of learning science fifth grade students Semester 1 at Gugus Kapten Japa North Denpasar 2013/2014 School Year academic.
keyword : model of problem-based learning, PowerPoint, science learning outcomes

Published

2014-02-27

How to Cite

., I. P. A. N. P., ., I. B. G. S. A. S. M., & ., D. I. N. S. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BEBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SD GUGUS KAPTEN JAPA DENPASAR UTARA. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2433

Issue

Section

Articles