PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ICI BERBANTUAN MEDIA SEMI KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • I Wayan Juni Antara .
  • Drs. I Gusti Agung Oka Negara,S.Pd. M.Ke .
  • Dr. M.G. Rini Kristiantari,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2434

Abstract

Pada pembelajaran matematika, perlu diupayakan agar mencapai hasil belajar yang optimal. Upaya yang dilakukan salah satunya melalui penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen yang dilakukan ini, bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ICI berbantuan media semi konkret dan kelompok siswa yang dibelajarkan secara konvensional pada siswa kelas V Sd Gugus Letkol Wisnu Kecamatan Denpasar Utara Tahun Ajaran 2003/2014. Rancangan penelitian yang digunakan adalah ” Non Equivalent Contro Group Design”. Populasi penelitian adalah seluruh kelas V SD Gugus Letkol Wisnu Kecamatan Denpasar Utara. Sampel penelitian ditetapkan sebanyak sebanyak 2 kelas dengan 80 siswa yang ditentukan dengan random sampling. Data tentang hasil belajar matematika dikumpulkan menggunakan tes (essay). Data dianalisis dengan uji t. Berdasarkan taraf signifikan 5% dan DB = 78 diperoleh t hitung = 3,67, sedangkan t tabel = 2,00. Hal ini menunjukan t hitung lebih dari t tabel. Sehingga, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ICI berbantuan media semi konkret dan kelompok siswa yang dibelajarkan secara konvensional pada siswa kelas V SD Gugus Letkol Wisnu Kecamatan Denpasar Utara Tahun Ajaran 2003/2014. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ICI berbantuan media semi konkret berpengaruh terhadap hasil belajar matematika.
Kata Kunci : Model pembelajaran ICI, hasil belajar, media semi konkret.

On learning Mathematics, needs to be supported in order to achieve optimal learning outcomes. One of the efforts made through research experiments. The Research experiments has been done, was aimed to find a significant difference of mathematics result between the groups of students are taught with model of learning ICI-assisted spring concrete media and the groups of students are taught conventionally in grade V of elementary school cluster of Lieutenant Colonel Wisnu District of North Denpasar academic 2013/2014. The Design research which was used "Non Equivalent Control Group Design". The population of the research was the whole class V of elementary school cluster of Lieutenant Colonel Wisnu District of North Denpasar. The sample research around 2 classes with 80 students who were determined by random sampling. Based on the results of the study mathematics is collected using the test (essay). Data were analyzed by t-test. According to the standard significant 5% and DB = 78 obtained T count 3,67, while T table = 2,00. It shows t count more than the t table. So, there is a significant different of mathematics result between the groups of students are taught with model of teaching ICI-assisted spring concrete media and the groups of students are taught conventionally in grade V of elementary school cluster of Lieutenant Colonel Wisnu district of North Denpasar academic 2013/2014. Thus it can be concluded that the model of learning ICI-assisted spring concrete media impact to the results of learning mathematics.
keyword : ICI model study, result of study, concrete semi media.

Published

2014-02-27

How to Cite

., I. W. J. A., ., D. I. G. A. O. N. M., & ., D. M. R. K. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ICI BERBANTUAN MEDIA SEMI KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA . MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2434

Issue

Section

Articles