PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI SOSIAL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD N 9 PADANG SAMBIAN

Authors

  • Putu Dian Yasmi Lastari .
  • Dr. I G. A. Agung Sri Asri,M.Pd .
  • Drs. I Ketut Adnyana Putra,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2477

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti strategi pembelajaran inkuiri sosial berbasis pendidikan karakter dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD N 9 Padang Sambian. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan eksperimen Noneqivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD N 9 Padang Sambian yang terdiri 4 kelas. Dipilih 2 kelas yang terdiri dari 86 siswa sebagai sampel. Sampel dipilih dengan tehnik random sampling. Data hasil belajar PKn dikumpulkan dengan instrument berupa tes objektif, kemudian data dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri sosial berbasis pendidikan karakter dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis uji-t diperoleh bahwa thit 3,24> ttabel 2,00 dengan dk = 84 (∑n-2 = 86 – 2 = 84) dan taraf signifikansi 5%, demikian pula nilai rata-rata kelompok eksperimen 68,87 sedangkan nilai rata-rata kelompok kontrol 61,24. Hal ini berarti hasil belajar kelompok eksperimen lebih dari hasil belajar kelompok kontrol (68,87> 61,24). Dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran inkuiri sosial berbasis pendidikan karakter hasil belajar pkn siswa kelas V SD N 9 Padang Sambian.
Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Inkuiri Sosial Berbasis Pendidikan Karakter dan Hasil Belajar PKn.

The purpose of this study was to determine the significant differences between the learning outcomes of students who take PKn inquiry learning strategies based social character education with students who take conventional learning in the fifth grade students of SD N 9 Padang Sambian. This study is an experimental research with experimental design Noneqivalent Control Group Design. The study population is the fifth grade students of SD N 9 Padang Sambian consisting of 4 classes. Selected 2 class consisting of 86 students as the sample. The sample was selected by random sampling technique. PKn learning outcomes data collected by the instrument in the form of an objective test, then the data were analyzed by t-test. The results showed that there were significant differences in learning outcomes between students that learned to use social inquiry learning strategy based character education to students that learned using conventional learning. It is shown from the results of t-test analysis found that thit 3.24> 2.00 ttable with db = 84 (Σn-2 = 86-2 = 84) and a significance level of 5%, while the average value of the experimental group 68.87 while the average value of the control group 61.24. This means that the learning outcomes of the experimental group over the control group learning outcomes (68.87> 61.24). It can be concluded that the strategy of social inquiry-based learning character education learning outcomes PKN fifth grade students of SD N 9 Padang Sambian.
keyword : Social Inquiry-Based Learning Strategies and Learning Outcomes Character Education PKn.

Published

2014-02-28

How to Cite

., P. D. Y. L., ., D. I. G. A. A. S. A., & ., D. I. K. A. P. (2014). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI SOSIAL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD N 9 PADANG SAMBIAN . MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2477

Issue

Section

Articles