PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTUAN KARTU PERTANYAAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DI DESA DAUH WARU KECAMATAN JEMBRANA KABUPATEN JEMBRANA TAHUN AJARAN 2013/2014

Authors

  • Ni Komang Triana Ramadani .
  • Dra. Ni Wayan Arini,M.Pd .
  • I Nyoman Arcana,SST., M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2482

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan hasil belajar dengan model pembelajaran scramble berbantuan kartu pertanyaan, (2) mendeskripsikan hasil belajar dengan model pembelajaran konvensional, (3) mendeskripsikan perbedaan hasil belajar yang dibelajarkan dengan model pembelajaran scramble berbantuan kartu pertanyaan dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPA kelas V SD di Desa Dauhwaru tahun ajaran 2013/2014. Rancangan penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Desa Dauhwaru yang berjumlah 104 orang. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 3 Dauhwaru yang berjumlah 26 orang dan siswa kelas V SD Negeri 4 Dauhwaru yang berjumlah 26 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes yaitu, tes objektif. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa kelompok eksperimen berada pada kategori sangat tinggi dengan rata-rata (M) 21,03. (2) hasil belajar siswa kelompok kontrol berada pada kategori sedang dengan rata-rata (M) 13,73. (3) uji-t diperoleh ( = 9,125 dan = 1,671 pada taraf signifikan 5%). Hal ini berarti > sehingga dapat disimpulkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Scramble berbantuan kartu pertanyaan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD di Desa Dauhwaru Kecamatan Jembrana Kabupaten Jembrana Tahun Ajaran 2013/2014.
Kata Kunci : Kata-kata kunci: scramble, kartu pertanyaan, hasil belajar

This research aimed at (1) describing students’ learning achievement with scramble teaching model assisted by question card, (2) describing students’ learning achievement with conventional teaching model, and (3) describing the differences between students’ learning achievement with scramble teaching model assisted by question card and students’ learning achievement with conventional teaching model on scientific lesson of class V elementary school in Dauhwaru Village in academic year 2013/2014. The design of this research was Quasi Experiment Research. The population of this research was all of students of class V elementary school in Dauhwaru Village with total 104 students. The samples of this research were the class V students of State Elementary School 3 Dauhwaru with total 26 students and class V students of State Elementary School 4 Dauhwaru with total 26 students. Data collection of this research was in form of test method, namely objective test. The data were analyzed by using technique of descriptive statistical analysis and inferential statistic, namely T-test. The result of research showed that (1) the result of the students on experiment group more higher with average (M) 21.03; (2) the result of the students on control group more sufficient with average (M) 13.73; (3) the result of T-test was (tscore = 9.125 and ttable = 1.671 with significant level of 5%). It means that the tscore> ttable which indicated the use of scramble teaching model assisted by question card significantly influenced the scientific learning achievement of class V students in Dauhwaru Village of Jembrana District of Jembrana Regency in Academic Year 2013/2014.
keyword : Keywords: Scramble, Question Card, Learning Achievement

Published

2014-02-28

How to Cite

., N. K. T. R., ., D. N. W. A., & ., I. N. A. M. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTUAN KARTU PERTANYAAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DI DESA DAUH WARU KECAMATAN JEMBRANA KABUPATEN JEMBRANA TAHUN AJARAN 2013/2014. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2482

Issue

Section

Articles