PENGARUH MODEL INTERACTIVE CONCEPTUAL INTRUCTION (ICI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Dwi Ari Nitra Putri .
  • Dra. Made Sulastri, M.Pd. .
  • Drs.I Gusti Ngurah Japa,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2483

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) deskripsi hasil belajar matematika siswa yang tidak menggunakan Model Interactive Conceptual Intruction (ICI), 2) deskripsi hasil belajar matematika siswa yang menggunakan Model Interactive Conceptual Intruction (ICI), 3) perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Model ICI dan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V semester ganjil SD No. 2 Anturan Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Desa Anturan Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 118 orang. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V SD No 2 Anturan yang berjumlah 41 orang dan siswa kelas V SD No 1 Anturan yang berjumlah 39 orang. Data hasil belajar Matematika siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk uraian. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji–t). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thit = 16,31 dan ttab (pada taraf signifikansi 5%) = 1,980. Hal ini berarti bahwa thit > ttab, sehingga dapat diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model (ICI) dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional. Dari rata–rata ( ) hitung, diketahui kelompok eksperimen adalah 33,27 dan kelompok kontrol adalah 20,39. Hal ini berarti bahwa eksperimen > kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Interactive Conceptual Intruction (ICI berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di SD No 2 Anturan Kecamatan Buleleng.
Kata Kunci : model Interactive Conceptual Intruction (ICI), Hasil Belajar.

This study aimed at finding: 1) description of students’ mathematic learning outcome who are not treated by Interactive Conceptual Intruction (ICI) model, 2) description of students’ mathematic learning outcome treated by Interactive Conceptual Intruction (ICI) model, 3) significant difference of mathematic learning outcome between students’ taught by Interactive Conceptual Intruction (ICI) model and students’ taught conventionally conducted to the fifth grade students’ of SD No. 2 Anturan in odd semester of academic year 2013/2014. This study is a quasi experiment and the population are all fifth grade students of SD Desa Anturan Kecamatan Buleleng with amount of 118 students. Sample of this study are 41 students of SD No 2 Anturan and 39 students of SD No 1 Anturan. The data of students’ mathematic learning outcome were gathered by using essay test instrument. The data gathered were analyzed by descriptive and inferential statistic (t-test) analysis. Based on the result of data analysis, thit is 16,31 and ttab (with frequency level 5%) is 1,980. It means that thit > ttab, it can be interpreted that there is a significant difference between students’ who taught by using ICI model and conventional teaching. From the result of arithmetic mean ( ), it found that of eksperiment group is 33,27 and of control group is 20,39. It means that eksperiment > control. To sum up, the implementation of ICI model has positive influence toward mathematic learning outcome of fifth grade students at SD No 2 Anturan Kecamatan Buleleng.
keyword : Interactive Conceptual Intruction (ICI) model, Mathematic learning outcome.

Published

2014-02-28

How to Cite

., D. A. N. P., ., D. M. S. M., & ., D. G. N. J. (2014). PENGARUH MODEL INTERACTIVE CONCEPTUAL INTRUCTION (ICI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA . MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2483

Issue

Section

Articles