PENGARUH METODE SIMAK-KERJAKAN TERHADAP HASIL BELAJAR MENYIMAK CERPEN SISWA KELAS V SD NEGERI 17 DAUH PURI

Authors

  • Ni Kadek Juni Seri Harini .
  • Dr. M.G. Rini Kristiantari,M.Pd .
  • Drs. Ida Bagus Surya Manuaba,S.Pd., M.Fo .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2491

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang signifikan antara menyimak cerpen siswa yang dibelajarkan menggunakan metode simak-kerjakan dengan yang dibelajarkan menggunakan metode ceramah pada siswa kelas V di SD Negeri 17 Dauh Puri. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent control group design. Seluruh siswa kelas V SD Negeri 17 Dauh Puri yang berjumlah 107 siswa yang tersebar pada 3 kelas merupakan populasi. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VB yang berjumlah 36 siswa yang menjadi kelas kontrol dan siswa kelas VC yang berjumlah 35 siswa yang menjadi kelas eksperimen, sampel dipilih melalui teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Berdasarkan hasil pengujian data post-test siswa dalam pembelajaran bahassa Indonesia diperoleh dari kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan uji hipotesis dengan uji-t. Kriteria pengujian adalah jika thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan derajat kebebasan dk = n1 + n2 – 2 dan  = 0,05. Hasil uji-t menunjukkan thitung = 4,25 dan ttabel = 2,00 untuk dk = 69 dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan kriteria pengujian, thitung > ttabel (4,25 > 2,00) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis, nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen sebesar 86 sedangkan nilai rata-rata post-test kelompok kontrol sebesar 78 (X ̅1>X ̅2) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode-simak kerjakan terhadap hasil belajar menyimak cerpen pada pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 17 Dauh Puri Tahun Ajaran 2013/2014.
Kata Kunci : Metode simak-kerjakan, hasil belajar.

The purpose of this research is to find out a significant difference in learning outcomes the appliance of simak-kerjakan method application toward short story scrutinize outcome on the Indonesian language study among the fifth grade students of SDN 17 Dauh Puri. This research was a quasi experiment use nonequivalent control group design. Populations in the research are about 107 students, which are divided in 3 different classes. The samples of this research are 36 student of VB class as control class and 35 students of VC class as experiment class, the samples are chosen by random sampling techinuqe. Test and observation method were applied as collecting data method. Based on the result of student’s post-test data, class experiment and class control had been distributed normally and homogeneous. Due to the result, hypothesis was done by using t-test. The criteria of examination was “if thitung>ttabel so that Ho is rejected and Ha is received by degrees of freedom dk = n1 + n2 – 2 and  = 0,05. The result of t-test showed thitung = 4,25 and ttabel = 2,00 for dk = 69 by significant rate 5 %. Based on the criteria of examination, thitung > ttabel (4,25 > 2,00) so that Ho was rejected and Ha was received. Based mean of class experiment are 86 and mean of the class control are 78 (X ̅1>X ̅2) concluded that there was a influence toward the simak-kerjakan method application toward short story scrutinize outcome on the Indonesian language outcome of the fifth grade students of SDN 17 Dauh Puri.
keyword : simak-kerjakan method, short story.

Published

2014-02-28

How to Cite

., N. K. J. S. H., ., D. M. R. K., & ., D. I. B. S. M. M. (2014). PENGARUH METODE SIMAK-KERJAKAN TERHADAP HASIL BELAJAR MENYIMAK CERPEN SISWA KELAS V SD NEGERI 17 DAUH PURI. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2491

Issue

Section

Articles