PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRIP BERBANTUAN MEDIA TAPE RECORDER TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD SARASWATI 2 DENPASAR

Authors

  • Ni Wayan Ayu Endang Istorina .
  • Drs. I Ketut Adnyana Putra,M.Pd .
  • Drs. I Wayan Darsana,M.Ed .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2530

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan keterampilan menulis dalam mata pembelajaran bahasa Indonesia antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe script berbantuan media tape recorder dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensinal pada siswa kelas V SD Saraswati 2 Denpasar. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SD Saraswati 2 Denpasar. Jumlah keseluruhan populasi di kelas V SD Saraswati 2 Denpasar adalah 148 orang, maksimum jumlah sampel adalah 99 orang yang dipilih secara random. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes. Selanjutnya, data dianalisis dengan teknik analisis uji-t. Dari hasil analisis uji-t diperoleh thit = 4,976 sedangkan ttab= 2,000 dan M1 = 76,3 sedangkan M2= 72,02. Berarti dalam penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan hasil keterampilan menulis antara siswa yang mengikuti pembelajaraan kooperatif tipe script berbantuan media tape recorder dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Saraswati 2 Denpasar. Selain itu, rata-rata nilai keterampilan menulis bahasa Indonesia siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe script berbantuan media tape recorder lebih baik dari pada keterampilan menulis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe script berbantuan media tape recorder terhadap keterampilan menulis dalam mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Saraswati 2 Denpasar.
Kata Kunci : pembelajaran kooperatif tipe script, media tape recorder, keterampilan menulis bahasa Indonesia.

The purpose of this study was to determine the significant difference in the eyes of writing skills among students learning Indonesia modeled assisted cooperative learning script recorder tape media with students who take konvensinal learning in class V 2 premary hing scool saraswati denpasar. The research was condycted in class V 2 primary saraswati denpasar. The total number of population in the class V 2 primary saraswati denpasar is 140 more students , the maximum sample zize is 99 students selected at random . data collected by the test method. Furthermore , the data were analyzed by t-test analysis techniques. From the results of t-test analysis was obtained thit =4.976 while ttab =2000 and M1=M2=76.3, while 72.02 means in this study shows that there are differences in the results between the writing skills of students who take media study –assisted cooperative scripts tape recorder with students who take konventional learning in class V 2 primary saraswati denpasar . in addition, the everage value of Indonesia writing skills of students who follow a script –assisted cooperative learning media tape recorder is better than the writing skills of students who take conventional learning . so it can be cloncluded that there significant cooperative learning model script recorder to tape media aided menilis skills subjects Indonesian students in grade V 2 SD saraswati denpasar
keyword : Cooperative Learning script type , Tape Recorder Media , Writing Skills Indonesian

Published

2014-03-03

How to Cite

., N. W. A. E. I., ., D. I. K. A. P., & ., D. I. W. D. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRIP BERBANTUAN MEDIA TAPE RECORDER TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD SARASWATI 2 DENPASAR. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2530

Issue

Section

Articles