PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONFLIK KOGNITIF BERMUATAN TRI HITA KARANA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Authors

  • I Gede Dwi Cahyadi Putra .
  • Drs. Gede Raga, M.Si .
  • I Gde Wawan Sudatha, S.Pd., S.T., M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2531

Abstract

Hasil belajar IPA siswa kelas V SD di gugus 1 kecamatan Buleleng masih tergolong rendah, untuk itu dipandang perlu diadakan penelitian tentang pengaruh model pembelajaran konflik kognitif bermuatan tri hita karana terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa yang belajar dengan model pembelajaran konflik kognitif bermuatan tri hita karana, (2) mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional, dan (3) mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa yang belajar dengan model konflik kognitif bermuatan tri hita karana dan siswa yang belajar model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD di Gugus I kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah kelas V SD di Gugus I Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 9 kelas, yaitu kelas A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, dan A9 yang berjumlah 242 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling. Hasil random memperoleh SD Negeri 6 Banyuning dan SD Negeri 5 Banyuning. Jumlah sampel yang diambil adalah 62 siswa. Data diambil dengan menggunakan instrumen tes pilihan ganda, selanjutnya dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t untuk menguji perbedaan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) deskripsi data dengan model pembelajaran Konflik Kognitif bermuatan tri hita karana adalah modus 23,98, median 23,26, mean 22,93, berada pada kategori sangat tinggi, (2) deskripsi data dengan model pembelajaran konvensional adalah modus 17,95, median 18,41, mean 18,68 berada pada kategori tinggi, dan (3) terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa yang belajar dengan model pembelajaran Konflik Kognitif bermuatan tri hita karana dan yang belajar dengan model pembelajaran konvensional dengan t hitung 6,205>t tabel 2,000. Dengan demikian, model pembelajaran konflik kognitif bermuatan tri hita karana berpengaruh terhadap hasil belajar IPA dan efektif dipergunakan dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.
Kata Kunci : model pembelajaran konflik kognitif, tri hita karana, hasil belajar IPA

Science learning outcomes of students in class V SD cluster I Buleleng districts still relatively low, it is necessary to more carefully conducted studies on the effects of cognitive learning model conflict-charged tri hita karana on learning outcomes IPA. This study aims to (1) describe the learning outcomes of students studying science learning model of cognitive conflict-charged tri hita karana, (2) describe the learning outcomes of students studying science with conventional learning models, and (3) determine differences in learning outcomes of students studying science with cognitive conflict model of charged tri hita karana and students who study conventional learning models in fifth grade elementary school students in Cluster I Buleleng districts school year 2013/2014. This research is a quasi experimental study. The population was fifth grade elementary school in Cluster I Buleleng academic year 2013/2014, amounting to 9 classes, A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, and A9 which totaled 242 students. Samples were taken with a random sampling technique. Results of random gained 6 Banyuning Elementary School and Elementary School 5 Banyuning. The number of samples taken is 62 students. The data were taken using a multiple-choice test instrument, then analyzed with descriptive statistical analysis and inferential statistics, namely t-test to test for differences in student learning outcomes. Results showed (1) a description of the data with the model of learning Cognitive Conflict tri hita karana was charged 23.98 mode, median 23.26, mean 22.93, are at very high category, (2) a description of the data with conventional learning model was modus 17.95, median 18.41, mean 18.68 at the high category, and (3) there are differences in learning outcomes of students studying science learning model of Cognitive Conflict-charged tri hita karana and learning with conventional learning models with t hitung 6,205>t tabel 2,000. Thus, the learning model of cognitive conflict-charged tri hita karana influence on science learning outcomes and effectively used in improving student learning outcomes science class V compared with conventional learning models.
keyword : learning model of cognitive conflict, tri hita karana, learning outcomes IPA

Published

2014-03-03

How to Cite

., I. G. D. C. P., ., D. G. R. M., & ., I. G. W. S. S. S. M. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONFLIK KOGNITIF BERMUATAN TRI HITA KARANA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA . MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2531

Issue

Section

Articles