Peningkatan Efikasi Diri Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.25351Keywords:
numbered head together, efikasi diriAbstract
Efikasi diri siswa masih kurang yang disebabkan karena guru dominan menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together terhadap efikasi diri siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan desain penelitian Non-equivalen Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian berjumlah 90 siswa. Sampel diambil dengan cara simple random sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 62 orang siswa. Pengumpulan data melalui metode tes dan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t, thitung sebesar 12,55, sedangkan, ttabel dengan df = 60 pada taraf signifikan 5% adalah 1,95. Hal ini berarti thitung lebih besar dari ttabel (thitung > ttabel) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan efikasi diri siswa pada mata pelajaran IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dengan siswa yang tidak dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together. Penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together memberikan pengaruh positif terhadap efikasi diri siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD. Model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan efikasi diri siswa.
References
Agustina, R. L. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Menggunakan Model STAD dan NHT. Journal of Educational Science and Technology (EST), 1 (3). https://doi.org/https://doi.org/10.26858/est.v1i3.1801
Alfiani, D. A., & Sopiyani, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe (STAD) Student Teams Achievement Division terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di SD Negeri 1 Tersana Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon. Al Ibtida: Journal Pendidikan Guru MI, 1 (1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v1i1.459
Ari, P., Dantes, & T. (2015). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Tematik Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Siswa Kelas IV SD Gugus I Kecamatan Kuta. E-Journal Program Pascasarjana Undiksha, 5, 1–10.
Ariana, K. A., Gading, I K., & Tastra, I. D. K. (2018). Pengaruh Model Think Talk Write Dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Journal Mimbar Pgsd Undiksha, 6. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i1.13114
Arsini, N. N., Parmiti, D. P., & Sumantri, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Semester II SD Gugus VI Kecamatan Kintamani Tahun Pelajaran 2014/2015. Journal Mimbar PGSD Undiksha, 3 (1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5811
Astrawan, I. G. B. (2013). Penerapan model kooperatif tipe NHT dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 3 Tonggolobibi. Journal Kreatif Online, 3(4).
Ghufron, M. N. & R. R. S. (2016). Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Hadi, S., & Novaliyosi, N. (2019). Timss Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). In Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers. Retrieved from http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/view/1096
Handayani, N. & Nurwidawati, D. (2013). Hubungan antara self efficacy dengan prestasi belajar siswa akselerasi. E-Journal Universitas Negeri Surabaya, 1, 1–5. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/1868
Ikhromi Fitria, E. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantu Media Pembelajaran Kotak Matriks Untuk Melatih Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pokok Bahasan Matriks Kelas XI TKJ di SMK Negeri 1 Pungging. (Doctoral Dissertation, Unversitas Islam Majapahit).
Juniantari, A. A. V., Suara, I. M., & Suardika, I. W. R. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus III Kecamatan Gianyar. Journal Mimbar PGSD Undiksha, 2 (1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3130
Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal Ilmiah Sekolah Dasar, 1 (1), 20–29.
Kadir, A. (2015). Perbandingan Pengetahuan Lingkungandan Sikap Peserta Didik Dalam Peneerapan Model Pembelajaran SETS dan Konvensional. Al-Izzah, 11 (2), 1–18. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31332/ai.v11i2.451
Kistian, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas IV SDN 4 Banda Aceh. Genta Mulia: Journal Ilmiah Pendidikan, 9 (2). Retrieved from https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/169
Kusumawati, H., & Mawardi, M. (2016). Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan STAD Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Journal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6 (3), 251–263.
Lestari, & Yulianto. (2017). Pengaruh Efikasi Diri, Lingkungan Sosial, Akses Kepada Modal, Dan Kepemilikan Jaringan Sosial Terhadap Sikap Kewirausahaan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2013 Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 752–762. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/20285.
Lumentut, C. P., Ali, M. T. M., & Hasbi, M. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 14 Palu Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together berbantuan Blok Aljabar pada Materi Perkalian Faktor Bentuk Aljabar. Journal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2 (3). Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/8303
Nurdyansyah, N. (2016). Developing ICT-Based Learning Model to Improve Learning Outcomes IPA of SD Fish Market in Sidoarjo. Journal TEKPEN, 7 (1). Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jtp/article/view/1137
Nursaputra, E., & Purba, R. T. (2017). Perbedaan Pembelajaran NHT dan TPS Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD. UNION. Journal Ilmiah Pendidikan Matematika.
Oktafiana, N. A. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Di Sekolah Dasar. Journal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1 (2), 1–12.
Permana, Rakhmad, & H. (2019). Survei Kualitas Pendidikan PISA 2018: RI Sepuluh Besar dari Bawah. Https://News.Detik.Com/Berita/d-4808456/Survei-Kualitas-Pendidikan-Pisa-2018-Ri-Sepuluh-Besar-Dari-Bawah.
Pratiwi, D. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT di SDN Nomporejo. Journal Basic Education, 7 (11), 1–48.
Puspitorini, Subali, & Jumadi. (2014). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif. Cakrawala Pendidikan, 33(3), 413–420. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/2385/pdf
Rati, N. W., & Dewi, D. A. K. (2017). Optimalisasi Penggunaan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. International Journal of Elementary Education, 1 (1), 47–51.
Rosiana, N. M. Y., Sudana, D. N., & Tastra, I. D. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbantuan Media Visual terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD di Gugus IV Kecamatan Sawan Tahun Pelajaran 2016/2017. Journal Mimbar PGSD Undiksha, 5 (2).
Samatowa, U. (2010). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks Permata Putri Media.
Sari, N., dkk. (2017). “Pengembangan LKS Pembelajaran Fisika dengan Menggunakan Model CLIS (Children Learning In Science) di SMP 1 Muhammadiyah Banjarmasin.” 5.
Sari, D. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Journal Mathematic Paedagogic, 2 (2).
Suciati. (2017). Interaksi Kesiapan Belajar Dan Kepuasan Terhadap Layanan Pada Pembelajaran Online Program Pascasarjana. Cakrawala Pendidikan, 36(1), 70–80. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/12733/pdf.
Sudarta, W. G., Manuaba, I. B. S., & Abadi, I. B. G. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas V. Journal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia. Journal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9 (3).
Suhardi, S., Pasaribu, M., & Nuryanti, S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 3 Tondo. Journal Dikdas.
Suryani, & Bantas. (2020). Hubungan Efikasi Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Berbasis E-Learning pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Flores. Jurnal Kependidikan, 6(2), 275–283. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2609
Susanto, A. (2014). Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta: Prebadamedia Group.
Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wahyuningsih, D., & Murwani, S. (2015). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Melalui Implementasi Model Numbered Head Together pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Yogyakarta. Journal Pendidikan Matematika Dan Sains, 3 (1), 65–71.
Wardhani, P. A. (2015). Efikasi Diri dan Pemahaman Konsep IPA dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Sekolah Dasar Negeri Kota Bengkulu. Journal Pendidikan Dasar, 6 (1), 58–67.
Wiantari, N. P. Y., Made Putra, M. P., & Wiarta, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SD Gugus Letda Made Putra. Journal Mimbar PGSD Undiksha.
Widyanto, P. (2016). Penerapan Metode Group Investigation Berbantuan Media Flanelgraf Untuk Meningkatkan Minat dan Hail Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA (Studi Kelas IV SDN Jetak 01, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang). Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 3, 118–129.
Wulandari, & Dkk. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459
Yuliana, L. R., Susanti, R., & Bintari, S. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi. Journal of Biology Education, 7 (2), 2019–2215.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)