PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS IV DI SD NO.1 JINANGDALEM KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

I Gede Supraptayana ., Drs. I Nyoman Murda,M.Pd. ., Drs. Ketut Pudjawan,M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa Kelas IV Semester I SD No.1 Jinangdalem Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2012/2013, dan (2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa Kelas IV Semester I SD No.1 Jinangdalem Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV Semester I SD No.1 Jinangdalem Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2012/2013 sebanyak 21 orang siswa, dengan 10 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Data tentang aktivitas belajar siswa dikumpulkan melalui lembar observasi dan data tentang hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes hasil belajar. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yaitu 50,57% (cukup aktif) pada siklus I menjadi 73,92% (aktif) pada siklus II, begitu juga ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 66,66% (belum tuntas) pada siklus I menjadi 100% (tuntas) pada siklus II.
Kata Kunci : pendekatan pembelajaran berbasis masalah (problem based learning), aktivitas belajar, dan hasil belajar

This study aims to ( 1 ) determine the increase in students' learning activities Class IV SD Semester 1 Jinangdalem Buleleng Academic Year 2012/2013 , and ( 2) to improving student learning outcomes Class IV SD Semester 1 Jinangdalem Buleleng Year Doctrine 2012/2013 . This research is action research that consists of three cycles . Each cycle consists of planning, action, observation , and reflection . The subjects were students of class IV SD Semester 1 Jinangdalem Buleleng Academic Year 2012/2013 as many as 21 students , with 10 male students and 11 female students . Data collected about students' learning activities through observation sheets and data on student learning outcomes are collected via the achievement test . The data collected were analyzed using descriptive analysis . The results showed that the application of problem-based learning approach (problem based learning ) to improve student learning activity that is 50.57 % ( moderately active ) in the first cycle to 73.92 % ( active ) in the second cycle , as well as mastery of student learning outcomes are 66.66 % ( not yet completed ) in the first cycle to 100 % ( complete ) in the second cycle .
keyword : problem-based learning approach (problem based learning), learning activities, and learning outcomes

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref GARUDA MIMBAR PGSD Undiksha



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.