MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI JURISPRUDENSIAL BERBANTUAN MEDIA VISUAL BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SD

Authors

  • Ni Made Yeesi .
  • Dr. I Wayan Rinda Suardika,S.Pd, M.Si .
  • Dr. I G. A. Agung Sri Asri,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2551

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn antara siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Inkuiri Jurisprudensial berbantuan media visual dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran Konvensional pada siswa kelas V SD N Gugus 3 Sebatu Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan rancangan penelitian “Nonequivalent control group design”. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus 3 Sebatu. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling, di dapat kelas eksperimen yaitu SD N 2 Sebatu dengan jumlah siswa 33 orang dan kelas kontrol yaitu siswa kelas V SD N 5 Sebatu dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Data penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes dalam bentuk tes hasil belajar pilihan ganda. Data selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik statistik uji-t. Hasil perhitungan uji-t diperoleh t hitung sebesar 5,976. Sedangkan pada taraf signifikansi 5% dan dk 61 diperoleh t tabel sebesar 2,00. Nilai rata-rata hasil belajar PKn pada kelas eksperimen 84,24 dan kelompok kontrol 81,73. Dengan demikian hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Inkuiri Jurisprudensial berbantuan media visual dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional. Hasil analisis diperoleh nilai (t hitung = 5,976 > t tabel = 2,00). Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inkuiri Jurisprudensial berbantuan media visual berpengaruh terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus 3 Sebatu Tahun Ajaran 2013/2014.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Inkuiri Jurisprudensial (Jurisprudensial Inquiri Model), hasil belajar dan PKn

This experiment is aim to know the significant different of civil learning result between students who teached by Jurisprudential Inquiri Model with helped by visual media and students who teached by konvensional learning on V grape on group III in 2013/2014 study periode. This kind of experiment is a trick experiment used “Nonequivalent control group design” survey plan. The populations of this experiment are all of V grade elementry school students on group 3 Sebatu. The sample setting is using random sampling technic, it get experiment elementry school number 2 Sebatu with 33 students and the control class is grade V students on elementry school number 5 Sebatu with 30 students. The data of this experiment uses test on result of multiple chois learning test form. The continue data is analisys by using t test grafict technic. The result of t test get t count 5,976. While on signification rate 5 % and dk 61 get t table 2,00. The average value of civil learning result on experiment class is 84,24 and control class is 81,73. So the result of analisys point that is a significant defferent of civil learning result between students who teached by Jurisprudential Inquiri Model helped by visual media with students who teached by konventional learning. The result of analisys get value (t count = 5,97 > t table = 2,00), so the conclution is the Jurisprudential Inquiri Model helped by visual media give an effect to civil learning result of grade V elementry school group 3 Sebatu 0n 2013/2014 study periode.
keyword : Theaching Model, Jurisprudential Inquiry Model, civil learning result

Published

2014-03-03

How to Cite

., N. M. Y. ., ., D. I. W. R. S. M., & ., D. I. G. A. A. S. A. (2014). MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI JURISPRUDENSIAL BERBANTUAN MEDIA VISUAL BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SD . MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2551

Issue

Section

Articles