Hubungan antara Minat Baca dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.25518Keywords:
minat baca, motivasi berprestasiAbstract
Rendahnya hasil belajar Ilmu pengetahuan sosial, minat baca, serta kurangnya motivasi berprestasi siswa menjadi latar belakang pelaksanaan penelitian ini. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis korelasi antara minat baca serta motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPS siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost fact. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskrptif dan inferensial dengan regresi sederhana serta regresi berganda. Populasi berjumlah 127 siswa. Pengambilan sample dengan propotional random sampling sebanyak 114 orang. Hasil analisis data yaitu rhitung senilai 0,512 lebih tinggi jika dibandingkan dengan rtabel senilai 0,1548 sehingga terdapat korelasi yang signifikan antara minat baca dengan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial dengan. rhitung senilai 0,576 lebih tinggi jika dibandingkan dengan rtabelsenilai 0,1548 sehingga terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial dengan serta ditemukan korelasi yang signifikan antara minat baca dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar IPS dengan rhitung senilai 0,625 lebih tinggi jika dibandingkan dengan rtabel senilai 0,1548. Dengan demikian bisa ditarik kesimpulan bahwa ditemukankorelasi signifikan antara minat baca serta motivasi berprestasi dengan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas V SD. Dengan demikian, siswa diharapkan untuk meningkatkan minat baca dan motivasi berprestasinya agar hasil belajar ilmu pengetahuan sosial yang diperoleh tinggi.
References
Aisyah, & Dkk. (2017). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 15 Palembang. Jurnal Profit (Online), 4. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jp.v4i1.5572
Anika, & Fajar. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match Dalam Meningkatkan Kompetensi Sikap Siswa dan Kompetensi Pengetahuan Siswa Pada Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 80–85. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24047
Annajah, U., & Falah, N. (2017). Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Motivasi Berprestasi Anak Panti Asuhan Nurul Haq Yogyakarta. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam. https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.132-07
Antara, & Aditya, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak. Mimbar Ilmu, 24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i2.21263
Aspriyani, R. (2017). PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1194
Badri, S. (2012). Metode Statistika untuk penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Benediktus. (2017). The teacher’s efforts to improve the reading interest of grade III A students SD Negeri Kota Gede 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 916–922.
Dantes Nyoman. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Donas Ahmad Najib &Elhefni. (2016). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) Pada Pembelajaran Tematik IPS Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di MI Ahliyah IV Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 2(1), 19–28. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/article/view/1063
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2). Retrieved from https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/view/2838/2064
Fajrin, O. A. (2018). Pengaruh Model Talking Stick terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2353
Gading, I. K., & Dkk. (2018). Buku Ajar dan Pembelajaran. Singaraja: Undiksha Press.
Gunawan, & Dkk. (2019). Hubungan Kebiasaan Belajar Dan Motivasi Berprestasi Dengan Prestasi Belajar PKn. Media Komunikasi FPIPS (Online), 18. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mkfis.v18i1.22232
Hariyanto, dan S. (2015). Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Huda, F. A., & Yulianti, I. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Rotating Trio Exchange ( RTE ) Motivasi belajar , Hasil belajar Cooperative Learning ( RTE ). Jutech : Journal Education and Technology, 1(1), 21–26. https://doi.org/https://doi.org/10.31932/jutech.v1i1.691
Khoiruddin, M. A., Taulabi, I., & Imron, A. (2016). Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini di Taman Baca Masyarakat. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi. https://doi.org/10.33367/psi.v1i2.295
Kristin, F. (2018). META-ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan. https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2356
Lailan, E., Lubis, S., Lubis, R. R., Andriani, S., Studi, P., & Bahasa, P. (2020). Pembelajaran membaca terbimbing dalam membantu kesulitan siswa membaca nyaring. 2(04), 1–9.
Miskawati, M. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Strategi Belajar Sambil Bermain di TK Islam Sa’adatul Khidmah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 45. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.123
Murtiningsih, L. (2018). Pengaruh Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Se-Gugus Kusuma. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Online), 7(40). Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/pgsd/article/view/14109/0
Ningtyas, E., & Wuryani, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe Make-A Match Berbantuan Media Komik Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.37729/jpse.v3i1.3857
Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(24). https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530
Paramita. (2016). Pengaruh Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Pupuan. Retrieved from http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/6950/4740.
Putra, A. (2017). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan Ditinjau dari Hasil Belajar,. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 129–140. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30738/.v5i2.1073
Radity, W. A. (2016). Correlations of reading interest and social studies learning achievements. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(5), 64–71.
Raditya, W. A. (2016). Hubungan Minat Baca Dengan Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas V SD Gugus III Seyegan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Online), 5.
Rahayu, Nuraedah, & Jamaludin. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Metode Diskusi Kelompok Pada Siswa Kelas IV SDK Siendeng Kecamatan Bolano Lambunu. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(5). Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/index
Sadirman. (2011). Keguruan dan Ilmu Kependidikan. Interakasi Dan Motivasi Belajar-Mengajar.
Safitri, A., & Dkk. (2017). Hubungan Minat Baca dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII MTsN Kuta Baro. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah (Online), 2. Retrieved from http://www.jim.unsyiah.ac.id/geografi/article/view/5075
Salma, & Mudzanatun. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 122–127. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17555
Santi, I. G. A. D. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Motivasi Berprestasi Dan Keterampilan Metakognisi. Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya (Online), 13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/wms.v13i2.15915
Sartika, S. H., Dahlan, D., & Waspada, I. (2018). Kompetensi Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Melalui Kebiasaan Belajar Siswa. Manajerial: Jurnal Manajemen Dan Sistem Informasi, 17(1), 39–51. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9760
Setiadewi, N. P. L., & Dkk. (2019). Kontribusi Konsep Diri Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Mimbar Ilmu (Online, 24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i3.21421
Suasaningdyah, E. (2018). Peningkatan Nilai Peserta Didik Mata Pelajaran IPS Topik Bermain Layang-Layang Melalui Pembelajaran Konstektual. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(2), 105. https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p105-115
Sudarsana, U. (2014). Pembinaan Minat Baca. Modul.
Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat, Motivasi Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), 13. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v4i1.1204
Sumitro, A. H., Setyosari, P., & Sumarmi. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i9.9936
Suprapto, E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran Langsung Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif. Innovation of Vocational Technology Education. https://doi.org/10.17509/invotec.v11i1.4836
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Syofyan, H., & Yuliati. (2017). Pengaruh gaya belajar dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar ipa mahasiswa pgsd universitas esa unggul. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu &Call for Papers Unisbank Ke-3.
Tamardiyah, N. D. (2017). Minat Kedisiplinan dan Ketekunan Belajar terhadap Motivasi Berprestasi dan Dampaknya pada Hasil Belajar Matematika SMP. Manajemen Pendidikan. https://doi.org/10.23917/jmp.v12i1.2972
Uno, H. B. dan M. K. (2009). Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wahyuni, S. (2015). Menumbuhkembangkan Minat Baca Menuju Masyarakat Literat. Diksi. https://doi.org/10.21831/diksi.v16i2.6617
Wirasasmita, & Hendriawan. (2020). Analisis Efisiensi Kinerja Pendidik terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa Sekolah. Mimbar Pendidikan, 5(1), 75–90. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/mimbardik.v5i1.24152
Yupita, I. A. dan W. T. S. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2). Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/3017
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)