PEMBELAJARAN PAKEM BERBANTUAN PERMAINAN PESAN BERANTAI BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA

Authors

  • Pande Putu Ary Widyaningsih .
  • Dra. Ni Nyoman Ganing, M.Hum .
  • Dr. I Wayan Rinda Suardika,S.Pd, M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2553

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar bahasa Indonesia antara siswa yang mengikuti pembelajaran PAKEM berbantuan permainan pesan berantai dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus Mas kecamatan Ubud Gianyar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Kontrol Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Gugus Mas Kecamatan Ubud Gianyar. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Data yang dianalisis adalah hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang dikumpulkan melalui tes akhir (post test). Bentuk tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda yang terdiri dari 30 butir soal. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan uji beda mean (uji t). Dari hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung = 6,323 untuk taraf signifikansi 5% dengan db = (n1+n2)- 2 = 68 diperoleh ttabel = 2,000 sedangkan rata-rata hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V yang mengikuti pembelajaran PAKEM berbantuan permainan pesan berantai lebih besar dari siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (81,91>75,84). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar bahasa Indonesia antara siswa yang mengikuti pembelajaran PAKEM berbantuan permainan pesan berantai dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (thitung = 6,323 > ttabel=2,000). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PAKEM berbantuan permainan pesan berantai berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar bahasa Indonesia Siswa kelas V SD Gugus Mas Kecamatan Ubud Gianyar.
Kata Kunci : PAKEM, dan hasil belajar bahasa Indonesia.

The goal of the research is to know the significant result of learning Indonesia language between student which attended grid assisted by using chain message play with student which anttended conventional learning at the elementary school student grade V cluster of Mas, Ubud, Gianyar. The research constitude quasi experimental research by design used is Nonequivalent Kontrol Group Desain. Population in this research are student grade V at the elementary school cluster of Mas, Ubud, Gianyar. The sample is taken by random sampling technique. The datas which is analized is the results of learning Indonesian language of students are gathered trough (post test). The form of the test is multiple choice which consist of 30 question item. Then the datas is analized by using mean difference test (t-test). From the calculation t-test obtainable tcount = 6,323 for significant extent 5% with db = (n1+n2)- 2 = 68 obtainable ttable = 2,000 whereas on the average of learning results to the students of the elementary school grade V who attended conventional learning (81,91 > 75,84). The research results of learning Indonesian language between students who attended grip learning assisted chain message play with students who attended conventional learning (tcount = 6,323 > ttable = 2,000). Thus it can be concluded that grip learning assisted chain message play has significant effect againts learning result of Indonesian language at the elementary school students grade V cluster of Mas, Ubud, Gianyar.
keyword : PAKEM, and results of learning Indonesian language.

Published

2014-03-03

How to Cite

., P. P. A. W., ., D. N. N. G. M., & ., D. I. W. R. S. M. (2014). PEMBELAJARAN PAKEM BERBANTUAN PERMAINAN PESAN BERANTAI BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA . MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2553

Issue

Section

Articles