Efektifitas Model Pembelajaran Open Ended Berbantuan Lembar Kerja Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.25565Keywords:
open ended, lembar kerja siswaAbstract
Kurang optimalnya kemampuan berpikir kreatif matematika menjadi permasalahan utama dalam penelitian ini. Hal tersebut dikarenakan model pembelajaran dan pemanfaatan bantuan belajar kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh yang signifikan model pembelajaran Open Ended berbantuan lembar kerja siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika kelas IV SD. Penelitian ini berjenis eksperimen semu menggunakan non-equivalent pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah semua kelas IV SD dengan banyak kelas 15. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling dengan cara pengundian. Pengumpulan data menggunakan metode tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Rata-rata skor post-test kelas IV A sebagai kelompok eksperimen yaitu 15.82 lebih dari rata-rata kelas IV B sebagai kelompok kontrol dengan rata-rata 12.00. Kedua kelompok berada dalam kategori cukup baik. Hasil analisis uji-t memperlihatkan thitung > ttabel yaitu 9.6812 > 1.9883 dengan taraf signifikansi 5% dan dk 85. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Open Ended berbantuan lembar kerja siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika kelas IV SD. Penerapan model pembelajaran Open Ended mampu mengasah kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam menyelesaikan permasalahan pada pelajaran matematika.
References
Alman. (2017). The Influence of Open-Ended and STAD Method on the Mathematical Problem-Solving Skills in Terms of Learning Achievement. Jurnal Prima Edukasia, 5(2), 112–124. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe
Amir, M. F. (2015). Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Math Educator Nusantara, 01(02), 159–170. Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/235
Ariawan, & Pratiwi. (2017). Eksplorasi Kemampuan Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Dalam Penyelesaian Soal Cerita Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 82–95. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/9184/6327. 82-95
Cahyati, A. C., Andriani, L., & Revita, R. (2020). Pengaruh Penerapan Pendekatan Open Ended terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self. 3(2), 125–132. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i2.9333
Dewi, L. G. A. K., Hartawan, I. G. N. Y., & Astawa, I. W. P. (2019). Penerapan Model Eliciting Activities ( Meas ) Berbantuan Masalah Open Ended Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Ganesha, X(1), 75–83. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpm.v10i1.19986
Dewi, N. W. I. S., Suarsana, I. M., & Suryawan, I. P. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Berbantuan Masalah Autentik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya Universitas Pendidikan Ganesha, 12(1), 26–41. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i2.2495
Diantari, N. L. G. A., Gading, I. K., & Japa, I. G. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Realistik Berbantuan Lks Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran Universitas Pendidikan Ganesha, 3(2), 127–136. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v3i2.18069
Dwiantara, G. A., & Masi, L. (2016). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Open-ended terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis siswa kelas XI IPA SMA NEGERI 2 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(1), 57–70. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v4i1.3052
Dwipayana, I. K. A. A., Parmiti, D. P., & Diputra, K. S. (2018). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SD KELAS V. Journal of Education Technology Universitas Pendidikan Ganesha, 2(3), 87–94. https://doi.org/10.23887/jet.v2i3.16380
Fitrianiayuningsih, N. B., Suarsana, I. M., & Pujawan, I. G. N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Classwide Peer Tutoring Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Ganesha, 11(1), 30–37. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpm.v11i1.24109
Handayani, I. (2018). Pengaruh Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. 1(1), 24–32.
Hanifah, & Budiman. (2019). Pengaruh Model Open Ended Problem Berbantu Media Kotak Telur Pelangi ( Kotela ) Terhadap Hasil Belajar. Journal of Education Technology., 3(3), 1–137. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v3i3.21734
Hidayati, A. U. (2017). Melatih Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar Universitas Negeri Yogyakarta, 4(2), 143–156.
Jayanti, N. P. S., Ardana, I. M., & Suryawan, I. P. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Improve Berbantuan Masalah Terbuka Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Viii Smp Laboratorium Undiksha. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Ganesha, X(2), 9–18.
Lestari, K. D., Suniasih, N. W., & Manuaba, I. B. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Berbasis Keterampilan Menjelaskan Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Journal of Education Technology, 1(3), 169. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12501
Lestari, S. P., Muhandaz, R., & Risnawati, R. (2019). Pengaruh Penerapan Pendekatan Open-Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 2(3), 239–248. https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7504
Magelo, C., Hulukati, E., & Djakaria, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Open-Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jambura Journal of Mathematics, 2(1), 15–21. https://doi.org/10.34312/jjom.v2i1.2593
Mahartini, D. P. P., Gita, I. N., & Hartawan, I. G. N. Y. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Formulate Share Listen Create Berbantuan Lks Open-Ended Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Ganesha, 11(1), 1–11.
Moma. (2017). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Melalui Metode Diskusi. Cakrawala Pendidikan, 36(1), 130–139. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/10402/pdf
Mullis, I. V., Martin, M. O., Minnich, C. A., Stanco, G. M., Arora, A., Centurino, V. A., & Castle, C. E. (2012). TIMSS 2011 Encyclopedia: Education Policy and Curriculum in Mathematics and Science. In Pirls (Vol. 1). https://doi.org/10.6209/JORIES.2017.62(1).03
Mustika, I. K. A., & Riastini, P. N. (2017). Pengaruh Model Polya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD. International Journal of Community Service Learning Universitas Pendidikan Ganesha, 1(1), 31–38. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i3.11887
Nofiza, Hamid, & Susanna. (2017). Penerapan model pembelajaran open ended untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa di ma ulumul qur’an banda aceh tahun ajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(1), 36–41. Retrieved from http://www.jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-fisika/article/view/2144
Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Smp Melalui Pendekatan Open Ended. Prisma, 6(2), 119–131. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122
Octaviyani, I., Kusumah, Y. S., & Hasanah, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Project-Based Learning Dengan Pendekatan Stem. Journal on Mathematics Education Research Universitas Pendidikan Indonesia, 1(1), 10–14. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/JMER/article/view/24569
OECD. (2016). Country Note – Results from PISA 2015: Indonesia. Oecd, 1–8.
Paramita. (2016). Pengaruh Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Pupuan. Retrieved from http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/6950/4740.
Permendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016. 1–168.
Prasetyo, N. A., Herman, T., & Jupri, A. (2020). Desain Didaktis Berpikir Kreatif Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berbantuan Geogebra. Journal on Mathematics Education Research Universitas Pendidikan Indonesia, 1(1), 42–48.
Prawitaningrum, A., & Endarini, E. (2019). Efektivitas Model CIRC dan GGE Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika. International Journal of Elementary Education Universitas Pendidikan Ganesha, 3(3), 308–315. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19416
Primayanti, P. E., Suarjana, I. M., & Astawan, I. G. (2019). Pengaruh Model Pbl Bermuatan Kearifan Lokal Terhadap Sikap Sosial Dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas V Di Gugus V Kecamatan Sukasada. Journal of Education Technology Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 28–34. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/tscj.v1i2.20417
Putri, C. A., Munzir, S., & Abidin, Z. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Brain-Based Learning. Jurnal Didaktik Matematika Universitas Syiah Kuala, 6(1), 12–27. https://doi.org/10.24815/jdm.v6i1.9608
Rahayuni, G. (2016). Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Pada Pembelajaran Ipa Terpadu Dengan Model Pbm Dan Stm. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(2), 131. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i2.926
Ramadhani, D., & Nuryanis. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sd Dalam Menyelesaikan Open-Ended Problem. Jurnal JPSD Universitas Samudra Langsa, 4(1), 54–62. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.12928/jpsd.v4i2.9589
Rohimatusa’diyah, Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2020). Penggunaan ( LKS ) Eksploratif Berkonteks Budaya Banten Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha, 4(2), 290–298. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24274
Sari, A. N., Wahyuni, R., & Rosmaiyadi, R. (2016). Penerapan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 10 Pemangkat. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 20. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.78
Sari, N. M. D., Ardana, I. M., & Astawan, I. G. (2019). Pengaruh Pendekatan Open Ended Dengan Scaffolding Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Motivasi Belajar Matematika. Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya Universitas Pendidikan Ganesha, 13(2), 101–115. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/wms.v13i2.15368
Sholikhah, Z., Kartana, T. J., & Utami, W. B. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Open-Ended Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kreatifitas Siswa. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika Universitas Pancasakti Tegal, 4(1), 35–46. https://doi.org/https://doi.org/10.25134/jes-mat.v4i1.908
Sulianto, J., Sunardi, Anitah, S., & Gunarhadi. (2019). Analisis Implementasi Pembelajaran di Sekolah Dasar pada Pengembangan Model Advance Organizer berbasis Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Penalaran Siswa. International Journal of Elementary Education Universitas Pendidikan Ganesha, 3(4), 396–403. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21312
Suparmi, N. W. (2018). Hasil Belajar, Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Inkuiri Bebas Dan Inkuiri Terbimbing. Journal of Education Technology Universitas Pendidikan Ganesha, 2(4), 192–196. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16548
Suriyani. (2016). Pengaruh Penerapan Open-Ended Terhadap Kemampuan. 2(2), 40–45.
Udyani, K. R., Gita, I. N., & Suryawan, I. P. P. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Core Berbantuan Masalah Terbuka Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Ganesha, IX(1), 54–62. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpm.v9i1.19886
Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open Ended. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Universitas Indraprasta PGRI, 7(1), 43–48. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/edusentris.v3i3
Wirasasmita, & Hendriawan. (2020). Analisis Efisiensi Kinerja Pendidik terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa Sekolah. Mimbar Pendidikan, 5(1), 75–90. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/mimbardik.v5i1.24152
Wulandari, I. A. P. F., Pujani, N. M., & Juniartina, P. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Information And Communication Technologies Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia Universitas Pendidikan Ganesha, 2(2), 139–150. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19383.g11454
Wulandari, N. P. R., Dantes, N., & Antara, P. A. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha, 4(2), 153–164. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25103
Yasa, N. Y. P., Astawa, I. W. P., & Sudiarta, I. G. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Icare Berbantuan Masalah Matematika Terbuka Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Viii Smp Laboratorium. Jurnal Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Ganesha, X(1), 84–92. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpm.v10i1.19921
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)