PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) DENGAN SETTING BELAJAR KELOMPOK BERBANTUAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD

Authors

  • Ketut Teddi Harto .
  • Prof. Dr. Anak Agung Gede Agung,M.Pd .
  • I Made Citra Wibawa, S.Pd., M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2559

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi hasil belajar siswa pada kelompok kontrol yang mengikuti pembelajaran dengan metode konvensional, (2) deskripsi hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen yang mengikuti pembelajaran dengan model MEA dengan setting belajar kelompok, dan (3) pengaruh yang signifikan metode MEA dengan setting belajar kelompok terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran Matematika pada siswa kelas IV SD di Desa Bebetin Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen (quasi experiment) dengan rancangan desain non equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD di Desa Bebetin tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 45 orang. Sampel diambil dengan cara random sampling yang berjumlah 45 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah hasil belajar Matematika. Bentuk tes hasil belajar Matematika yang digunakan adalah tipe uraian. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung 3,23 > ttabel 2,00 dan didukung oleh perbedaan skor rata-rata yang diperoleh antara siswa yang belajar menggunakan model MEA dengan setting belajar kelompok yaitu 30,18 yang berada pada kategori sangat tinggi dan siswa yang belajar menggunakan metode ceramah yaitu 25,53 yang berada pada kategori tinggi, sehingga terdapat perbedaan hasil belajar Matematika yang signifikan antara kelompok siswa yang belajar menggunakan model MEA dengan setting belajar kelompok dengan kelompok siswa yang belajar menggunakan metode ceramah. Jadi terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model MEA dengan setting belajar kelompok.
Kata Kunci : model MEA, belajar kelompok, hasil belajar Matematika

This study aimed to determine : ( 1 ) description of the learning outcomes of students in the control group that followed the conventional learning methods , ( 2 ) description of the learning outcomes of students in the experimental group who followed the model of learning with MEA with group learning setting , and ( 3 ) the influence of the significant method of MEA with group learning setting on learning outcomes in Mathematics in fourth grade student at Bebetin Village Academic Year 2013/2014 . The study was quasi-experimental ( quasi experiment ) with a design draft of non equivalent post - test only control group design . The study population was all students in elementary school in the Bebetin village academic year 2013/2014 , amounting to 45 people . Samples collected by random sampling , amounting to 45 people . The data collected in this study is the result of learning Mathematics . Mathematics achievement test form used is the type of description . The data obtained were analyzed using descriptive statistical analysis techniques and inferential statistical t-test . The results showed that t 3.23 > 2.00 ttable and supported by the difference in the average score obtained by the students who learned using the MEA model of group learning setting is 30.18 which is the category of very high and students learn to use the method lecture is 25.53 which was the high category , so there are differences in mathematics achievement significantly between groups of students learn to use the model of MEA with group learning setting with a group of students who are learning to use the lecture method . So there is a significant effect on the application of the MEA with group learning setting.
keyword : models of MEA , group learning , learning outcomes Mathematics

Published

2014-03-03

How to Cite

., K. T. H., ., P. D. A. A. G. A., & ., I. M. C. W. S. M. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) DENGAN SETTING BELAJAR KELOMPOK BERBANTUAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2559

Issue

Section

Articles