Kontribusi Konsep Diri dan Kebiasaan Belajar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika

Authors

  • I Nyoman Artha Wiguna Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Wiarta Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.25689

Keywords:

konsep diri, kebiasaan belajar

Abstract

Pembelajaran matematika dianggap sulit oleh siswa yang disebabkan oleh karakter siswa memiliki rasa kurang percaya diri serta masih kurangnya usaha siswa untuk mengerjakan tugas yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi konsep diri dan kebiasaan belajar terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa dengan desain penelitian Korelasional. Populasi pada penelitian ini berjumlah 452 siswa. Sampel ditentukan dengan Teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian angket dan pencatatan dokumen. Teknik analisis data adalah analisis regresi linear sederhana dan teknik analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis, hipotesis pertama didapatkan Freg sebesar 5,406 dan Ftabel sebesar 3,887 sehingga Ho ditolak, Freg> Ftabel, dapat disimpulkan konsep diri berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi pengetahuan matematika. Hasil analisis hipotesis kedua Freg didapatkan sebesar 5,494 dan Ftabel sebesar 3,887 sehingga Ho ditolak, Freg> Ftabel, dapat disimpulkan kebiasaan belajar berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengetahuan matematika. Hasil analisis hipotesis ketiga didapatkan Freg sebesar 3,786 dan Ftabel sebesar 3,040 sehingga Ho ditolak, Freg> Ftabel, dapat disimpulkan konsep diri dan kebiasaan belajar berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengetahuan matematika. Untuk masing-masing koefisien determinasi, konsep diri memiliki kontribusi terhadap penguasaan kompetensi pengetahuan matematika sebesar 2,5% kebiasaan belajar sebesar 2,6% sedangkan kontribusi secara bersama-sama terhadap kompetensi pengetahuan matematika sebesar 3,6%.

Author Biographies

I Nyoman Artha Wiguna, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Wayan Wiarta, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Alamsyah. (2016). pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar matematika siswa SMAN 102 jakarta.

Anika, & Fajar. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match Dalam Meningkatkan Kompetensi Sikap Siswa dan Kompetensi Pengetahuan Siswa Pada Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 80–85. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24047

Anisa, A., Kodirun, K., Busnawir, B., & Rahmat, R. (2019). Pengaruh Pengetahuan Dasar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lawa. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 100. https://doi.org/10.36709/jpm.v10i1.5648

Ariawan, & Pratiwi. (2017). Eksplorasi Kemampuan Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Dalam Penyelesaian Soal Cerita Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 82–95. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/9184/6327. 82-95

Ayulina, Ngurah, G., & Agustika, S. (2020). Kontribusi Konsep Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Mimbar PGSD Undiksha, 8(1), 70–79. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24580

Flora Siagian, R. E. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 122–131. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.93

Ghufron. (2017). teori-teori psikologi. jogjakarta: ar-ruzz media.

Ghufron, M. N. & R. R. S. (2016). Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Hamdi, S., Suganda, I. A., & Hayati, N. (2018). Developing higher-order thinking skill (HOTS) test instrument using Lombok local cultures as contexts for junior secondary school mathematics. Research and Evaluation in Education, 4(2), 126–135. https://doi.org/10.21831/reid.v4i2.22089

Handayani, N. A. & A. (2012). Hubungan antara Konsep Diri dan Kematangan Emosi dengan Penyesuaian Diri Istri yang Tinggal bersama Keluarga Suami. 56–64. Jurnal Psikologi Pitutur, 1(1). Retrieved from https://jurnal.umk.ac.id/index.php/PSI/article/view/36

Handayani, R., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu Undiksha, 25(1), 120–131. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v25i1.24767

Hartuti. (2015). Peran konsep diri, minat dan kebiasaan belajar peserta didik terhadap prestasi belajar fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i2.329

Kauniyah, H. A. (2016). Hubungan Kebiasaan Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Se-Gugus II Piyungan. 8. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/pgsd/article/viewFile/4924/4586

Magrifah. (2015). Pengaruh Konsep Diri dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Bontomantene. Mapan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24252/mapan.2015v3n1a9

Marliani. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 14–25. https://doi.org/https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.166

Mazaya, K. N., & Supradewi, R. (1970). Konsep Diri Dan Kebermaknaan Hidup Pada Remaja Di Panti Asuhan. Proyeksi, 6(2), 103. https://doi.org/10.30659/p.6.2.103-112

Ningsih, Sulistyaningsih, & Hardjo. (2014). Hubungan antara kebiasaan belajar dan dukungan orangtua dengan prestasi belajar. 6(2), 77–83. Retrieved from http://ojs.uma.ac.id/index.php/analitika/article/download/829/801

Novilita, H., & Suharnan, S. (2013). Konsep Diri Adversity Quotient Dan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Psikologi Tabularasa, 8(1), 619–632. Retrieved from http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jpt/article/view/218

Pranata, I. W. (2014). Hubungan Bimbingan Belajar Orang Tua Dan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Gugus V Tampaksiring. Mimbar Ilmu Undiksha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3135

Putri, D. R. E. (2017). Pelatihan Berpikir Positif Terhadap Konsep Diri Remaja yang Tinggal Di Panti Asuhan. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 22(1), 69–82. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol22.iss1.art5

Rahayu, M. M. (2015). Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Elementary Education, 4(1), 39–45. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee/article/view/7528

Rahayu, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran. Jawa Timur: CV. Beta Aksara.

Rahmaningsih, N. D., & Martani, W. (2014). Dinamika Konsep Diri pada Remaja Perempuan Pembaca Teenlit. Jurnal Psikologi, 41(2), 179. https://doi.org/10.22146/jpsi.6948

Retnawat, Djidu, Kartianom, Apino, & Anazifa. (2018). Teachers’ knowledge about higher-order thinking skills and its learning strategy. Problems of Education in the 21st Century, 76(2), 215–230. Retrieved from http://oaji.net/articles/2017/457-1524597598.pdf

Rosyida. (2016). pengaruh kebiasaan belajar dan self-efficacy terhadap hasil belajar geografi di sma.

Rusmiyati, F. (2017). Pengaruh Kemandirian Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Metematika Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Rongkop. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 77. https://doi.org/10.30738/.v5i1.931

Setiawati, E., PH, L., & Susanti, Y. (2017). Hubungan Konsep Diri Dengan Kualitas Hidup Anak Usia Sekolah Pada Keluarga Buruh Migran Internasional. Indonesian Journal for Health Sciences, 1(2), 21. https://doi.org/10.24269/ijhs.v1i2.628

Shintaviana, F. V., & Yudarwati, A. (2013). Konsep Diri serta Faktor-Faktor Pembentuk Konsep Diri Berdasarkan Teori Interaksionisme Simbolik (Vol. 4). Retrieved from http://e-journal.uajy.ac.id/5780/

Siagian. (2016). Kemampuan koneksi matematika dalam pembelajaran matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117

Subaryana. (2015). Konsep Diri dan Prestasi Belajar. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 7(2), 21–30. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30595/dinamika.v7i2.929

Sulastri. (2013). pengaruh konsep diri dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar akutansi siswa kelas XI IPS madrasah aliyah negeri yogyakarta II tahun 2011/2012. Kajian Pendidikan Akutansi Indonesia, 2(1). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jkpai/article/view/1193

Supardi. (2010). Pegaruh Konsep Diri, Sikap Siswa Pada Matematika Dan Kecemasan Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Cakrawala Pendidikan, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.362

Thalib, S. B. (2010). psikologi pendidikan berbasis analisis empiris aplikatif. jakarta: kencana.

Trisnawati, T. (2019). Journal Of Matematics Learning. 37–45.

Umam, K., Nusantara, T., Parta, I. N., & Hidayanto, E. (2018). Mathematical Meaning In Modelling Context Through The Onto-Semiotics Approach. International Journal of Insights for Mathematics Learning, 01(2), 151–159. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/ijoimt/article/view/3368

Usfandi. (2019). Pengaruh Konsep Diri, Minat Dan Sikap Ilmiah Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Pengaruh Konsep Diri, Minat Dan Sikap Ilmiah Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Pengaruh Konsep Diri, Minat Dan Sikap Ilmiah Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika, 8(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29261

Utari, R. (2016). Kontribusi Motivasi Belajar Dan Kebiasaan Belajar Siswa Kelas 1 Teknik Audio Video Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Diklat Pkdle Di Smk N 1 Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(oktober 2016), 108–114. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/volt.v1i2.2877

Widiarti, P. W. (2017). Konsep Diri (Self Concept) Dan Komunikasi Interpersonal Dalam Pendampingan Pada Siswa Smp Se Kota Yogyakarta. Informasi, 47(1), 135. https://doi.org/10.21831/informasi.v47i1.15035

Downloads

Published

2020-09-29

How to Cite

Wiguna, I. N. A., & Wiarta, I. W. (2020). Kontribusi Konsep Diri dan Kebiasaan Belajar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 421–431. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.25689

Issue

Section

Articles