Kontribusi Konsep Diri dan Kebiasaan Belajar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.25689Keywords:
konsep diri, kebiasaan belajarAbstract
Pembelajaran matematika dianggap sulit oleh siswa yang disebabkan oleh karakter siswa memiliki rasa kurang percaya diri serta masih kurangnya usaha siswa untuk mengerjakan tugas yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi konsep diri dan kebiasaan belajar terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa dengan desain penelitian Korelasional. Populasi pada penelitian ini berjumlah 452 siswa. Sampel ditentukan dengan Teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian angket dan pencatatan dokumen. Teknik analisis data adalah analisis regresi linear sederhana dan teknik analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis, hipotesis pertama didapatkan Freg sebesar 5,406 dan Ftabel sebesar 3,887 sehingga Ho ditolak, Freg> Ftabel, dapat disimpulkan konsep diri berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi pengetahuan matematika. Hasil analisis hipotesis kedua Freg didapatkan sebesar 5,494 dan Ftabel sebesar 3,887 sehingga Ho ditolak, Freg> Ftabel, dapat disimpulkan kebiasaan belajar berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengetahuan matematika. Hasil analisis hipotesis ketiga didapatkan Freg sebesar 3,786 dan Ftabel sebesar 3,040 sehingga Ho ditolak, Freg> Ftabel, dapat disimpulkan konsep diri dan kebiasaan belajar berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengetahuan matematika. Untuk masing-masing koefisien determinasi, konsep diri memiliki kontribusi terhadap penguasaan kompetensi pengetahuan matematika sebesar 2,5% kebiasaan belajar sebesar 2,6% sedangkan kontribusi secara bersama-sama terhadap kompetensi pengetahuan matematika sebesar 3,6%.
References
Alamsyah. (2016). pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar matematika siswa SMAN 102 jakarta.
Anika, & Fajar. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match Dalam Meningkatkan Kompetensi Sikap Siswa dan Kompetensi Pengetahuan Siswa Pada Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 80–85. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24047
Anisa, A., Kodirun, K., Busnawir, B., & Rahmat, R. (2019). Pengaruh Pengetahuan Dasar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lawa. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 100. https://doi.org/10.36709/jpm.v10i1.5648
Ariawan, & Pratiwi. (2017). Eksplorasi Kemampuan Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Dalam Penyelesaian Soal Cerita Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 82–95. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/9184/6327. 82-95
Ayulina, Ngurah, G., & Agustika, S. (2020). Kontribusi Konsep Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Mimbar PGSD Undiksha, 8(1), 70–79. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24580
Flora Siagian, R. E. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 122–131. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.93
Ghufron. (2017). teori-teori psikologi. jogjakarta: ar-ruzz media.
Ghufron, M. N. & R. R. S. (2016). Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Hamdi, S., Suganda, I. A., & Hayati, N. (2018). Developing higher-order thinking skill (HOTS) test instrument using Lombok local cultures as contexts for junior secondary school mathematics. Research and Evaluation in Education, 4(2), 126–135. https://doi.org/10.21831/reid.v4i2.22089
Handayani, N. A. & A. (2012). Hubungan antara Konsep Diri dan Kematangan Emosi dengan Penyesuaian Diri Istri yang Tinggal bersama Keluarga Suami. 56–64. Jurnal Psikologi Pitutur, 1(1). Retrieved from https://jurnal.umk.ac.id/index.php/PSI/article/view/36
Handayani, R., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu Undiksha, 25(1), 120–131. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v25i1.24767
Hartuti. (2015). Peran konsep diri, minat dan kebiasaan belajar peserta didik terhadap prestasi belajar fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i2.329
Kauniyah, H. A. (2016). Hubungan Kebiasaan Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Se-Gugus II Piyungan. 8. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/pgsd/article/viewFile/4924/4586
Magrifah. (2015). Pengaruh Konsep Diri dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Bontomantene. Mapan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24252/mapan.2015v3n1a9
Marliani. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 14–25. https://doi.org/https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.166
Mazaya, K. N., & Supradewi, R. (1970). Konsep Diri Dan Kebermaknaan Hidup Pada Remaja Di Panti Asuhan. Proyeksi, 6(2), 103. https://doi.org/10.30659/p.6.2.103-112
Ningsih, Sulistyaningsih, & Hardjo. (2014). Hubungan antara kebiasaan belajar dan dukungan orangtua dengan prestasi belajar. 6(2), 77–83. Retrieved from http://ojs.uma.ac.id/index.php/analitika/article/download/829/801
Novilita, H., & Suharnan, S. (2013). Konsep Diri Adversity Quotient Dan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Psikologi Tabularasa, 8(1), 619–632. Retrieved from http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jpt/article/view/218
Pranata, I. W. (2014). Hubungan Bimbingan Belajar Orang Tua Dan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Gugus V Tampaksiring. Mimbar Ilmu Undiksha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3135
Putri, D. R. E. (2017). Pelatihan Berpikir Positif Terhadap Konsep Diri Remaja yang Tinggal Di Panti Asuhan. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 22(1), 69–82. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol22.iss1.art5
Rahayu, M. M. (2015). Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Elementary Education, 4(1), 39–45. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee/article/view/7528
Rahayu, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran. Jawa Timur: CV. Beta Aksara.
Rahmaningsih, N. D., & Martani, W. (2014). Dinamika Konsep Diri pada Remaja Perempuan Pembaca Teenlit. Jurnal Psikologi, 41(2), 179. https://doi.org/10.22146/jpsi.6948
Retnawat, Djidu, Kartianom, Apino, & Anazifa. (2018). Teachers’ knowledge about higher-order thinking skills and its learning strategy. Problems of Education in the 21st Century, 76(2), 215–230. Retrieved from http://oaji.net/articles/2017/457-1524597598.pdf
Rosyida. (2016). pengaruh kebiasaan belajar dan self-efficacy terhadap hasil belajar geografi di sma.
Rusmiyati, F. (2017). Pengaruh Kemandirian Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Metematika Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Rongkop. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 77. https://doi.org/10.30738/.v5i1.931
Setiawati, E., PH, L., & Susanti, Y. (2017). Hubungan Konsep Diri Dengan Kualitas Hidup Anak Usia Sekolah Pada Keluarga Buruh Migran Internasional. Indonesian Journal for Health Sciences, 1(2), 21. https://doi.org/10.24269/ijhs.v1i2.628
Shintaviana, F. V., & Yudarwati, A. (2013). Konsep Diri serta Faktor-Faktor Pembentuk Konsep Diri Berdasarkan Teori Interaksionisme Simbolik (Vol. 4). Retrieved from http://e-journal.uajy.ac.id/5780/
Siagian. (2016). Kemampuan koneksi matematika dalam pembelajaran matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117
Subaryana. (2015). Konsep Diri dan Prestasi Belajar. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 7(2), 21–30. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30595/dinamika.v7i2.929
Sulastri. (2013). pengaruh konsep diri dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar akutansi siswa kelas XI IPS madrasah aliyah negeri yogyakarta II tahun 2011/2012. Kajian Pendidikan Akutansi Indonesia, 2(1). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jkpai/article/view/1193
Supardi. (2010). Pegaruh Konsep Diri, Sikap Siswa Pada Matematika Dan Kecemasan Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Cakrawala Pendidikan, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.362
Thalib, S. B. (2010). psikologi pendidikan berbasis analisis empiris aplikatif. jakarta: kencana.
Trisnawati, T. (2019). Journal Of Matematics Learning. 37–45.
Umam, K., Nusantara, T., Parta, I. N., & Hidayanto, E. (2018). Mathematical Meaning In Modelling Context Through The Onto-Semiotics Approach. International Journal of Insights for Mathematics Learning, 01(2), 151–159. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/ijoimt/article/view/3368
Usfandi. (2019). Pengaruh Konsep Diri, Minat Dan Sikap Ilmiah Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Pengaruh Konsep Diri, Minat Dan Sikap Ilmiah Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Pengaruh Konsep Diri, Minat Dan Sikap Ilmiah Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika, 8(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29261
Utari, R. (2016). Kontribusi Motivasi Belajar Dan Kebiasaan Belajar Siswa Kelas 1 Teknik Audio Video Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Diklat Pkdle Di Smk N 1 Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(oktober 2016), 108–114. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/volt.v1i2.2877
Widiarti, P. W. (2017). Konsep Diri (Self Concept) Dan Komunikasi Interpersonal Dalam Pendampingan Pada Siswa Smp Se Kota Yogyakarta. Informasi, 47(1), 135. https://doi.org/10.21831/informasi.v47i1.15035
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)