Missouri Mathematics Project Berbantuan Media Question Card Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.25838Keywords:
mmp, question card, matematikaAbstract
Rendahnya pencapaian kompetensi pengetahuan matematika siswa di sekolah dasar disebabkan karena kesulitan siswa dalam memahami pelajaran matematika sehingga perlu memaksimalkan penggunaan model serta media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran missouri mathematics project berbantuan media question card terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas V SD. Desain penelitian ini memakai Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang dilibatkan ialah seluruh kelas V SD sebanyak 170. Penentuan sampel pada penelitian ini mempergunakan teknik cluster random sampling dengan sampel secara keseluruhan ialah 66 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kompetensi pengetahuan matematika. Data yang terkumpul dinormalisasikan menggunakan gain skor kemudian dianalisis menggunakan uji-t polled varians. Hasil analisis uji-t memperlihatkan thitung > ttabel yakni 6,463 > 1.998 pada taraf signifikansi 5% dan dk 64. Sehingga H0 ditolak, maka terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran missouri mathematics project berbantuan media question card terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas V SD yang disebabkan karena pembelajaran dengan model missouri mathematics project berbantuan media question card mampu meningkatkan kompetensi pengetahuan matematika melalui langkah-langkah pembelajaran yang dapat melatih siswa menemukan konsep-konsep matematika ketika proses belajar berlangsung sehingga dapat mempermudah siswa memahami pelajaran matematika.
References
Anika, & Fajar. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match Dalam Meningkatkan Kompetensi Sikap Siswa dan Kompetensi Pengetahuan Siswa Pada Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 80–85. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24047
Ari Astuti, N. M. M., Ardana, I. K., & Putra, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Question Card Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3), 319–328. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19506
Arianti, N. M., Wiarta, I. W., & Darsana, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Media Semi Konkret terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21765
Aziz, A. F., Kusumaningsih, W., & Rahmawati, N. D. (2020a). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Strategi Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i2.5774
Aziz, Kusumaningsih, & Rahmawati. (2020b). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Strategi Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i2.5774
Cicilia, Y., & Nursalim. (2019). Gaya dan Strategi Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 222–232.
Diantari. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Realistik Berbantuan LKS Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 127–136. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v3i2.18069
Diantari, Gading, & Japa. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Realistik Berbantuan Lks Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran Universitas Pendidikan Ganesha, 3(2), 127–136. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v3i2.18069
Gunarta, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19338
Hanum, M. (2016). Pengaruh Model Missouri Mathematics Project (Mmp) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Membandingkan Nilai Pecahan Kelas V Sdn Gayam 1 Dan 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. Ekonomi Akuntansi, 1(8), 1–13. Retrieved from http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2016/12.1.01.10.0387.pdf
Hanum, Mufidah. (2016). Pengaruh Model Missouri Mathematics Project (Mmp) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Membandingkan Nilai Pecahan Kelas V Sdn Gayam 1 Dan 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. Ekonomi Akuntansi, 01(08), 1–13.
Hidayah, A., & Aulia, I. (2015a). Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 49–58. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.629
Hidayah, & Aulia. (2015b). Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 49–58. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.629
Japa, N., Suarjana, I. M., & Widiana, W. (2017). Media Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. International Journal of Natural Science and Engineering, 1(2), 40–47. https://doi.org/10.23887/IJNSE.V1I2.12467
Japa, & Suarjana. (2015). Pendidikan Matematika. Singaraja: Undiksha.
Juano, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 12–19. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/14288/pdf
Juniantari, M., Pujawan, I. G. N., & Widhiasih, I. D. A. G. (2019). PENGARUH PENDEKATAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMA. Journal of Education Technology. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.17855
Khotimah, H. (2017). Prosiding Diskusi Panel Pendidikan PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Prosiding Diskusi Panel Pendidikan “Menjadi Guru Pembelajar.”
Kurnia, V. T., Damayani, A. T., & Kiswoyo, K. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 192. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17772
Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115–125. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118
Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 14–25. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.166
Mega, Pudjawan, & Margunayasa. (2015). Analisis sikap sosial siswa kelas V pada pembelajaran dengan kurikulum 2013. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5631
Meri. (2019). Kelas Sosial Dan Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 63. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17182
Miskawati, M. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Strategi Belajar Sambil Bermain di TK Islam Sa’adatul Khidmah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 45. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.123
Purwanti, S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Dasar Dengan Model Missouri Mathematics Project (MMP). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 253–266.
Rahmiati, R., & Fahrurrozi, F. (2016). Pengaruh Pembelajaran Missouri Mathematics Project (Mmp) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 1–12. https://doi.org/10.22342/jpm.10.2.3634.75-86
Ratnawati, D., Handayani, I., & Hadi, W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantu Question Card terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 44-51file:///C:/Users/hp/Documents/FRIDA/SEMESTER.
Razali, M. T., & Siswanto, I. (2015). Inovasi Kurikulum Dalam Pengembangan Pendidikan. Jurnal Edukas, 1(2), 1576–1580.
Restyani, N. K. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Inquiry Berbasis Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 168. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15399
Rinduhati, & Sapri. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Siswa. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 8(1), 34–47. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/diadik/article/view/7197
Sari. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Berbantuan Question Cards Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10660
Sari Wirdaningsih, I Made Arnawa, A. A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI. Jurna Nasional Pendidikan Matematika, 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.535.
Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group.
Shomin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Siti, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble dengan Media Question Card terhadap Hasil Belajar Tematik Kelas V SDN 1 Metro Timur. 21(1), 1–9.
Sulfemi, & Desmiati. (2018a). Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Berbantu Media Relief Experience Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendas Mahakam, 3(3), 232–244. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/269
Sulfemi, W. B., & Desmiati, Z. (2018b). Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Berbantu Media Relief Experience Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendas Mahakam, 3(3), 232–244.
Wahyudi, A., & Indri. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga: Satya Wacana University Press.
Wardani, T., & Wiyasa, I. K. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Catur Paramitha Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. 3(1), 25–33.
Winursiti. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Reinforcement Simbolik Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IVB di SD Lab Undiksha. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 17(2), 270–275. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12120
Wirasasmita, & Hendriawan. (2020). Analisis Efisiensi Kinerja Pendidik terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa Sekolah. Mimbar Pendidikan, 5(1), 75–90. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/mimbardik.v5i1.24152
YULIA CITRA, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Yuliani, & Noto, M. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Jurnal Elemen, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.478
Yuliani, R., Praja, E. S., & Noto, M. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Jurnal Elemen. https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.478
Zahro, F., Degeng, I. N. S., & Mudiono, A. (2018). Pengaruh model pembelajaran student team achievement devision (STAD) dan mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.3021
Zainuddin, M. R. (2019). Peran guru PAI Dalam Optimalisasi Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Journal of Islamic Education, IV(2), 130–139. Retrieved from http://www.ejournal.stitmuhbangil.ac.id/index.php/jie/article/view/121
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)