IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ARIAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS VI SEMESTER I DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 PATAS KECAMATAN GEROKGAK TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Putu Erwik Piktoriawan ., Dra. Ni Wayan Arini,M.Pd ., Putu Nanci Riastini, S.Pd., M.Pd. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan penerapan model pembelajaran ARIAS pada siswa kelas VI semester I di SD Negeri 3 Patas tahun pelajaran 2013/2014.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI Semester I di SD Negeri 3 Patas tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 31 orang. Objek penelitian ini adalah hasil belajar IPA siswa kelas VI semester I di SD Negeri 3 Patas. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes. Data dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian menujukkan bahwa terjadi peningkatan persentase hasil belajar IPA pada siswa kelas VI di SD Negeri 3 Patas. Pada siklus I rata-rata hasil belajar yang diperoleh mencapai 59% (kategori rendah). Siklus II (siklus akhir) hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 27%, sehingga mencapai 86,00% (kategori tinggi). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Model Pembelajaran ARIAS, Hasil Belajar IPA

This research aimed to increase the result study of natural science whit the application of ARIAS learning model in the first semester of grade six in SD N 3 Patas, academic year 2013/2014.
The type of this research was classroom based-action research which was done in two periods. Each period consisted of planning, action, observation, evaluation and reflection. The subject was the students of SD N 3 Patas in grade six in amount of 31 students and it was carried out in the first semester of academic year 2013/2014. The object of this research was the result study of natural science in first semester of the grade six students in SD N 3 Patas. Data gathering in this research was done in test method. The data that was analyzed by the technique analysis of statistics deskriptive.
The result of this research showed that there was an improvement of the percentage in the result study of natural science in the sixth grade students of SD N 3 Patas. In the period I, the average of the result study that was obtain 59 % (low category). Period II (last period), the result study improvedin the amount of 27%, it become 86% (high category). Based on the result of this research, it can be concluded that the use of ARIAS learning model can improve the result study of the students.
keyword : ARIAS teaching model, result study of natural science

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2597

Article Metrics

Abstract view : 160 times
PDF file view : 269 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref GARUDA MIMBAR PGSD Undiksha



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.