Minat Belajar dan Hubungan Sosial Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.25983Keywords:
minat belajar, hubungan sosial, kompetensi pengetahuanAbstract
Tingkat hasil belajar IPA siswa masih belum optimal hal ini dikarenakan siswa kurang memuaskan dalam minat belajar dan kurang aktif pada hubungan sosialnya. Jenis penelitian yang dilakukankan adalah penelitian ex post facto yang mengaplikasikan desain penelitian korelasional. Populasi pada penelitian yang dilakukan adalah menggunakan keseluruhan siswa di kelas V yang berjumlah 329 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 166 siswa yang diperoleh dari teknik proposional random sampling. Hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu terdapat kontribusi atau pengaruh signifikan minat belajar pada kompetensi atau juga kemampuan pengetahuan IPA siswanya dengan besaran korelasi 49,1% dan nilai koefisien determinasinya 24,1%. Memiliki kontribusi atau pengaruh signifikan hubungan sosial pada kompetensi atau kemampuan pengetahuan IPA siswanya dengan besaran korelasi 50,3% dan nilai koefisien determinasinya 25,3%. Memiliki kontribusi atau juga pengaruh signifikan minat belajar dan hubungan sosial pada kompetensi pengetahuan IPA siswanya dengan besaran korelasi 60,6% dan nilai koefisien determinasinya 36,8%. Berdasar pada hasil yang didapat maka disimpulkan terdapat kontribusi yang signifikan minat belajar dan hubungan sosial pada kompetensi ataupun kemampuan pengetahuan IPA pada siswanya. Minat belajar dan hubungan social yang kuat pada diri siswanya akan menimbulkan perasaan senang, gembira dan memiliki energi yang kuat dalam mengikuti pelajarannya.
References
Abhyasari, N. P., Kusmariyatni, N. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berpendekatan Saintifik Berbasis Masalah Terhadap Disiplin dan Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 8(1), 111–122.
Agung, I. G., Wulandari, A., Dantes, N., Tika, N., Dasar, P., Pasca, P., … Ganesha, P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Minat Dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD (Studi Kasus Di Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara). 4(3), 1–10.
Ambarwati, D. (2016). Hubungan Konsep Diri Dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 926–934.
Anika, & Fajar. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match Dalam Meningkatkan Kompetensi Sikap Siswa dan Kompetensi Pengetahuan Siswa Pada Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 80–85. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24047
Annajah, U., & Falah, N. (2017). Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Motivasi Berprestasi Anak Panti Asuhan Nurul Haq Yogyakarta. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam. https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.132-07
Ardaya, D. A. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, I(I), 72–83.
Asta, I. K. R., Agung, A. A. G., & Widiana, I. W. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar IPA. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–10.
Astraman, Dibia, & Mahadewi. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Bermediakan Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10907
Candra Lestari, N. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 2(4), 355. https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16331
Dalyono. (2015). Psikologi Pendidikan (8th ed.). jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, S. B. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Faisal, M. I., Nyoto, H., & Gamaliel Septian, A. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan hasil Belajar IPA dalam Tema 8 Kelas 4 SD. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(7), 613–628.
Febbriana, I. R. A., Ardana, I. K., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbasis Outdoor Study Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(2), 149–156.
Febriyanti, R. (2014). Pengaruh Independensi, Pengalaman, Due Professiona Care dan Akuntabilitas Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik di Kota Padang dan Pekanbaru). Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Journal of Chemical Information and Modeling. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Flora Siagian, R. E. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 122–131. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.93
Haryono, H. E. (2020). The Influence of Cooperative Learning Model Type Group Investigation Toward Results of Learning Science Materials of Students. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 1. https://doi.org/10.20527/jipf.v4i1.1772
Hayati, N. (2015). Hubungan minat belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas V Sd Se-Gugus Wonokerto Turi Sleman tahun ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(13), 1–10.
Jaedun, & Nuryadin. (2017). Dampak Pengiring Pembelajaran Pendekatan Saintifik untuk Pengembangan Sikap Spiritual dan Sosial Siswa. Cakrawala Pendidikan, 5(1), 44–56. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/12792/pdf
Kurniasih, I., & Berlin, S. (2014). Implementasi Kurikulum 2013: Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.
Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115–125. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118
Meilani, D., Dantes, N., & Tika, I. N. (2020). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Saintifik Berbasis Keterampilan Belajar dan Berinovasi 4C terhadap Hasil Belajar IPA dengan Kovariabel Sikap Ilmiah pada Peserta Didik Kelas V SD Gugus 15 Kecamatan Buleleng. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 1–5.
Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(24). https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530
Paramita. (2016). Pengaruh Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Pupuan. Retrieved from http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/6950/4740.
Permana, I. P. ayu A., Dibia, D. I. K., & Dharsana, I. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Lesson Study Sd Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(3), 1–11. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i3.12063
Puspitasari, R. P., Sutarno, & Dasna, I. W. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 75–85.
Puspitorini, Subali, & Jumadi. (2014). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif. Cakrawala Pendidikan, 33(3), 413–420. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/2385/pdf
Putrayasa, I. M., Syahruddin, H., & Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.1093/brain/awt103
Putri, & Widodo. (2018). Hubungan antara minat belajar matematika, keaktifan belajar siswa, dan persepsi siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Formatif, 4, 721–724.
Razali, M. T., & Siswanto, I. (2015). Inovasi Kurikulum Dalam Pengembangan Pendidikan. Jurnal Edukas, 1(2), 1576–1580.
Redhana, I. W. (2013). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Pertanyaan Socratik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, (3), 351–365. https://doi.org/10.21831/cp.v0i3.1136
Riwahyudin, A. (2015). Pengaruh Sikap Siswa Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kabupaten Lamandau. 6, 11–23. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Bandung: PT Raja Grafindo Persada.
Safitri, A., & Dkk. (2017). Hubungan Minat Baca dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII MTsN Kuta Baro. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah (Online), 2. Retrieved from http://www.jim.unsyiah.ac.id/geografi/article/view/5075
Setiawan, I. G. Y. (2015). Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas Vi Di Gugus Iv Kecamatan Petang. E-Journal PGSD, 3.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (13th ed.). Bandung: Alfabeta.
Susiloningsih, W. (2016). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Pada MataKuliah Konsep IPS Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1), 57. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.89
Upayanto, I. D. (2017). Pelaksanaan Proses Pembelajaran Kurikulum 2013 SD Negeri 4 Krandegan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 40–52. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/6605/6371
Wahyuni, Margunayasa, & Wibawa. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20771
Widiani, N. L. R., Suadnyana, D. I. N., & Manuaba, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Sets Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas V. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 3.
Wulandari, & Dkk. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459
Yuliati, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2).
Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan (1st ed.). jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)