PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TIPE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS V SEMESTER I SD NEGERI 1 SINGAPADU TENGAH TAHUN AJARAN 2013/2014

Luh Pt Oka Mahayani ., Drs. I Ketut Adnyana Putra,M.Pd ., Drs. I Gusti Agung Oka Negara,S.Pd. M.Ke .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan keaktifan belajar keterampilan membaca siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek tipe inquiry dan (2) meningkatkan keterampilan membaca siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek tipe inquiry. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester I SD Negeri 1 Singapadu Tengah tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 28 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan (1) observasi dan (2) tes. Data-data ini kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan persentase keaktifan belajar keterampilan membaca siswa dari 72% yang tergolong cukup aktif pada siklus 1 menjadi 87,50% yang tergolong aktif pada siklus 2 dan (2) terjadi peningkatan rata-rata keterampilan membaca dari 76,43 dengan ketuntasan 67,86% yang menunjukkan tingkat keterampilan membaca sedang pada siklus 1 menjadi rata-rata 84,57 dengan ketuntasan 82,14% yang menunjukkan tingkat keterampilan membaca tinggi pada siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek tipe inquiry dapat meningkatkan keaktifan dan keterampilan membaca siswa kelas V semester I SD Negeri 1 Singapadu Tengah tahun ajaran 2013/2014.
Kata Kunci : Pembelajaran, tipe inquiry, keaktifan, keterampilan membaca

The purpose of the research are (1) to improve reading activity for the students based on inquiry type of project and (2) to improve students learning out comes through the application of learning model type of project based inquiry. The research is classroom action research performed in 2 cycles. Research subject are the students of grade V semester I SD Negeri 1 Singapadu Tengah school year 2013/2014 in total 28 persons. Data collection in this research performed with (1) observation and (2) test. The data were analyzed with descriptive quantitative technique. The result of the research show that (1) an increase the presentage of the activity of learning reading skill of students from 72% which is quite active in cycle 1 to 87,50% which is active in cycle 2 and (2) an increase of learning outcomes from 76,43 with the score 67,86% it show that medium level of learning outcomes in cycle 1 to 84,57 with the score 82,14% it show that high level of learning outcomes in cycle 2. Based on the research it can be concluded that the application of learning model type of project based inquiry can be increase the activity of reading skill for the students of grade V semester I SD Negeri 1 Singapadu Tengah school year 2013/2014.
keyword : Learning, inquiry type, activity, reading skill

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref GARUDA MIMBAR PGSD Undiksha



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.