Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS siswa kelas V Gugus Srikandi Denpasar

Authors

  • Luh Dewi Puspitasari .
  • Dr. I G. A. Agung Sri Asri,M.Pd .
  • Drs. I Komang Ngurah Wiyasa, M.Kes. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2601

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar IPS yang signifikan antara siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based intruction berbantuan media audio visual dan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar IPS siswa di SD Gugus Srikandi Tahun pelajaran 2013 / 2014. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus Srikandi tahun ajaran 2013/2014, yang banyaknya 684 orang siswa terdiri dari delapan sekolah di random sampling mendapatkan SD N 13 Kesiaman sebagai kelompok eksperimen dan SD N 10 Sumerta sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy eksperiment) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Non Equivalent Control Group Design.Data tentang hasil belajar IPS dikumpulkan dengan instrumen berupa tes pilihan ganda biasa berjumlah 30 butir soal yang valid dan reliabel. Data ini analisisnya dengan t-test. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti Model Pembelajaran Problem Based Instruction Berbantuan Media Audio Visual dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional siswa kelas IV SD Gugus Srikandi Denpasar Tahun Pelajaran 2013/2014. Ini terlihat dari hasil t-test ( thit = 6.418 > ttabel = 2.000 ) dengan db = 63 ( Ʃn-2 = 65 – 2 = 63 ) dan taraf signifikansi 5%. Hal ini diperkuat oleh perbedaan nilai rata-rata siswa kelompok eksperimen lebih baik dari pada nilai rata-rata siswa kelompok kontrol (83.97 > 74.73).
Kata Kunci : problem based instruction, audio visual, hasil belajar, IPS.

The objective of this study is to determine the significant differences between students’ learning outcomes of social subject with used Problem Based Instruction which assist by Audio Visual Media with students who use the conventional teaching of SD Gugus Srikandi in academic year 2013/2014. The population of this study is conducted to the fourth grade students of SD Gugus Srikandi in academic year 2013/2014, the total of the students are 684 which consist of eight schools in random sampling and the result is SD N 13 Kesiman as the experiment class and SD N 10 Sumerta as the control class. This study is a quasy experiment with the design of the study is a non-Equivalent control group design. The result data of learning social subject was collected by multiple choice tests that consist of 30 questions which valid and reliable. Data was analyzed by t-test. The result showed there were significant differences in learning outcomes of students who learned social subject with using Problem Based Instruction which assist by Audio Visual Media with students who learned with using Conventional Learning of the fourth grade students of SD Gugus Srikandi Denpasar in academic year 2013/2014. It shown from the result of the test ( thit = 6.418 > ttabel = 2.000 ) with db = 63 ( Ʃn-2 = 65 – 2 = 63 ) with standard of the significant is 5%. It can be seen from the differences between the average of experiment class which more satisfied than the control class (83.97 > 74.73).
keyword : Promblem based instruction, audio visual, the results of learning, social subject.

Published

2014-03-04

How to Cite

., L. D. P., ., D. I. G. A. A. S. A., & ., D. I. K. N. W. M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS siswa kelas V Gugus Srikandi Denpasar . MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2601

Issue

Section

Articles