Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus VI Pangeran Diponegoro Denpasar Barat Tahun Pelajaran 2013/2014

Authors

  • Martha Adi Pertiwi .
  • Dr. I G. A. Agung Sri Asri,M.Pd .
  • Drs. I Wayan Sujana,S.Pd, M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2603

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe GI dengan siswa yang dibelajarkan secara konvensional pada kelas V SD Gugus VI Pangeran Diponegoro Denpasar Barat tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus VI Pangeran Diponegoro Denpasar Barat tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 512 siswa. Sebanyak 79 siswa ditetapkan sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling yang meliputi SD N 3 Pemecutan yang berjumlah 41 siswa sebagai kelas eksperimen dan SD N 7 Pemecutan yang berjumlah 38 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakana tes yaitu tes hasil belajar, kemudian data dianalisis dengan teknik t-test. Hasil analisis menunjukkan thit = 5,944 dan ttabel = 2,000 dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan kriteria pengujian thit > ttabel (5,944>2,000) maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe GI berbantuan media gambar dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Jadi terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan media gambar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus VI Pangeran Diponegoro Denpasar Barat tahun pelajaran 2013/2014.
Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe GI, Media gambar, dan Hasil belajar IPS

The purpose of this research is to know the significant differences of the result of learning IPS that learned through the GI model of cooperative learning with students that learned in class V conventional SD Gugus VI Diponegoro West Denpasar academic year 2013/2014 . This study is an experimental research design using a nonequivalent control group design . The study population was all students in the fifth grade elementary Cluster VI Diponegoro West Denpasar academic year 2013/2014 , amounting to 512 students . A total of 79 students designated as the sample is determined by random sampling techniques including SD N 3 Pemecutan totaling 41 students as classroom experiments and SD N 7 acceleration , amounting to 38 students as the control class . Using current data collection tests which achievement test , then the data were analyzed by t - test technique . The analysis showed thit = 5.944 and t table = 2.000 with significance level of 5% . Based on testing criteria thit > t table ( 5.944 > 2.000 ) then H0 is rejected and Ha accepted , so these results we can conclude that there are significant differences between students who are participating in learning by using a cooperative model of GI -aided drawing media with students who take conventional learning . So there is the effect of cooperative learning model GI -aided drawing media on learning outcomes of students of class V IPS elementary Cluster VI Diponegoro West Denpasar academic year 2013/2014.
keyword : Cooperative learning model GI type, Media images, and The results of social studies

Published

2014-03-04

How to Cite

., M. A. P., ., D. I. G. A. A. S. A., & ., D. I. W. S. M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus VI Pangeran Diponegoro Denpasar Barat Tahun Pelajaran 2013/2014. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2603

Issue

Section

Articles