Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPS Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Tri Hita Karana

Authors

  • Ni Putu Nilayuniarti Universitas Pendidikan Ganesha
  • DB.Kt.Ngr. Semara Putra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.26043

Keywords:

Discovery learning, Tri hita karana

Abstract

Rendahnya kompetensi pengetahuan IPS disebabkan karena guru hanya menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga siswa merasa bosan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran discovery learning berbasis Tri Hita Karana terhadap kompetensi pengetahuan IPS. Penelitian ini merupakan penelitian semu menggunakan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 189 siswa. Sampel penelitian sejumlah 62 orang menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode tes, kemudian dianalisis menggunakan analisis uji-t dengan rumus polled varians. Rerata nilai  kompetensi pengetahuan IPS kelompok eksperimen = 83,16 dan kelompok kontrol yaitu  = 76,87. Hasil analisis data diperoleh (thitung=3,363 > ttabel = 2,000) pada taraf signifikansi 5% (dk = 30 + 32 – 2 = 60) maka, H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran discovey learning berbasis Tri Hita Karana dengan dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Model pembelajaran discovery learning berbasis Tri Hita Karana dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan IPS pada siswa kelas V SD.

Author Biographies

Ni Putu Nilayuniarti, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

DB.Kt.Ngr. Semara Putra, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Anggreni, P. K. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajan Picture And Picture Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SD Gusus Raden Ajeng Kartini. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 41–47. Retrieved from http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/45

Anika, & Fajar. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match Dalam Meningkatkan Kompetensi Sikap Siswa dan Kompetensi Pengetahuan Siswa Pada Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 80–85. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24047

Anjasari, K. Y., Dra. Ni Wayan Suniasih, S., & Drs. I Wayan Sujana, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Chips Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10659

Aryawan, Sudatha, & Sukmana. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Mata Pelajaran IPS Di Smp Negeri 1 Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 6(2), 180–191. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20290

Astari, F. A., Suroso, S., & Yustinus, Y. (2018). Efektifitas Penggunaan Model Discovery Learning Dan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 3 Sd. Jurnal Basicedu, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.20

Budiyono, F. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam belajar pemecahan masalah pada mata pelajaran IPS di SDN gapura timur I sumenep. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 60. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2516

Chairiyah. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Nilai-nilai Kearifan Lokal di SD Taman Siswa Jetis Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 208–215. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30738/trihayu.v4i1.2116

Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 32(1). https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12808

Dewi, N. W. I. S., Suarsana, I. M., & Suryawan, I. P. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Berbantuan Masalah Autentik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika N. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 12(1). https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i2.2495

Dharin, A., Aziz, K. D., & Waseso, P. H. (2020). Pengembangan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial sekolah dasar berwawasan sosial-budaya. Portal Ejournal IAIN Purwokerto, 25(1), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3919

Fatmawati, F., & Harmanto. (2019). Pengembangan Media Puzzle Berbasis Index Card Match Materi Peristiwa Lahirnya Pancasila Muatan IPS. Joyful Learning Journal, 8(2), 113–118. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jlj.v8i2

Handini, O., & Soekirno, S. (2019). Intensitas Pembelajaran Tematik Integratif Melalui Pendekatan Saintifik Di Sd Kestalan Surakarta. Widya Wacana, 14(1). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Hidayah, N., & Ulva, R. K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Terampil Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 34–46. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/terampil.v4i1.1804

Indrawan, Manuaba, & Sujana. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar , FIP Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10632

Khofiyah, H. N., Santoso, A., & Akbar, S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Benda Nyata terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(1), 61–67. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11857

Kodir. (2018). Manajemen Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013 Pembelajaran Berpusat Pada Siswa. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Kosasih. (2016). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Krisdayati, & Kusmariyatni. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Minat Baca. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 156–159. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/24935/15605

Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, Dan Pengetahuan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 389. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.4520

Lidiana, H., Gunawan, G., & Taufik, M. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media PhET Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1), 33. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.519

Lieung, W. K. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Karlina. Musamus Journal of Primary Education, 1(2), 73–82. https://doi.org/https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i2.1465

Maulida, N., Sunardjo, & Novitasari, A. T. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Contextual Teaching And Learning ( CTL ) Dan Konvensional Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Pelajaran PKn MTs Nurul Karomah Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan. Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya”, 9924, 195–202. Retrieved from http://194.59.165.171/index.php/CC/article/view/123

Nasihin, S. (2016). Implementasi Kurikulum 2013 di MTs Yaqin 1 Kwang Rundun Kecamatan Jerowaru (Masalah dan Solusinya). Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 56–86. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/palapa.v4i1.8.

Natasya, N. (2019). Pengertian dan Proses Administrasi Peserta Didik. (18029105), 1–3.

Nida, & Dkk. (2020). Pengembangan Media Kartu Bergambar Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Bahasa Bali. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha., 8(1), 16–31. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/25393/15846

Pane, N. A., Nyeneng, & Distrik. (2020). The Effect Of Predict Observe Explain Learning Model Against Science Process Skills Of Hight School Students. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ipa, 11(1), 111–119. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v10i2.27630

Paramita. (2016). Pengaruh Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Pupuan. Retrieved from http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/6950/4740.

Patandung, Y. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan motivasi belajar IPA Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(1), 9. https://doi.org/10.26858/est.v3i1.3508

Primayanti, P. E., Suarjana, I. M., & Astawan, I. G. (2019). PENGARUH MODEL PBL BERMUATAN KEARIFAN LOKAL TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS V DI GUGUS V KECAMATAN SUKASADA. Journal of Education Technology Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 28–34. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/tscj.v1i2.20417

Puspitawati, O. A., & Marwadi. (2017). Pengembangan Desain Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Kebutuhan Belajar Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Tindakan Dan Pendidikan, 3(2), 143–150. Retrieved from https://rumahjurnal.net/index.php/ptp/article/view/114

Putrayasa, Syahruddin, & Margunayasa. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3087

Putri, Ardana, & Agustika. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD, 7(2), 57–64. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17471

Putriasih, N. N. (2020). Implementasi Supervisi Klinis Berbasis Konsep Tri Hita Karana (THK) Untuk Meningkatkan Kinerja Guru di SD Negeri 1 Banyuning Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018. Journal of Education Action Research, 4(2), 185–191. https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.24874

Salam, R. (2017). Model Pembelajaran Inkuiri Sosial Dalam Pembelajaran Ips. Harmony, 2(1), 1–18. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/harmony/article/view/19965

Suarmini, M. (2019). Metode Gamifikasi Berbasis Tri Hita Karana Sebagai Alternatif Pembelajaran Abad 21. Maha Widya Bhuwana, 2(2). Retrieved from http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/bhuwana/article/view/383

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suparmi, N. W. (2019). Hasil Belajar Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Inkuiri Bebas Dan Inkuiri Terbimbing. Journal of Education Technology, 2(4), 192. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16548

Suryadewi, N. K. A., Wiyasa, I. K. N., & Sujana, I. W. (2020). Kontribusi Sikap Mandiri dan Hubungan Sosial Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(1), 29–39. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24576

Tresnati, K. N. (2016). Hubungan lingkungan keluarga dan minat belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD di gugus kresna dan shinta kecamatan semarang barat. Universitas Negeri Malang.

Wahyuni, N. E., Muslim, A., & Pamujo. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Dan Prestasi Belajar Ipa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 2(2), 147–153. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jee.v2i2.1493

Widnyana, I. G., Sujana, I. W., & Putra, I. K. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips Kecamatan Denpasar Timur Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11995

Wirasasmita, & Hendriawan. (2020). Analisis Efisiensi Kinerja Pendidik terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa Sekolah. Mimbar Pendidikan, 5(1), 75–90. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/mimbardik.v5i1.24152

Wulandari, & Dkk. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459

Yuliana, N. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 21–29. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13851

Yupita, Azariya, & Waspodo. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2). Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/3017

Downloads

Published

2020-09-29

How to Cite

Nilayuniarti, N. P., & Semara Putra, D. (2020). Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPS Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Tri Hita Karana. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 445–456. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.26043

Issue

Section

Articles