PENERAPAN MEDIA KARTU CERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) NURUN NAJAH SUMBERKIMA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Lina Mayawati ., Dra. Ni Nyoman Garminah, M.Hum ., Dra. Nyoman Kusmariyatni,S.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V MI Nurun Najah Sumberkima setelah diterapkan media kartu cerita.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V semester II MI Nurun Najah Sumberkima Tahun Pelajaran 2012/2013, yang berjumlah 27 orang. Data kemampuan menulis karangan narasi siswa dikumpulkan menggunakan tes hasil menulis karangan narasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan pada nilai rata-rata siswa dalam menulis narasi sebesar 19,49% dari 60,55 pada siklus I menjadi 80,04 pada siklus II, (2) terjadi peningkatan pada daya serap (DS) siswa sebesar 19,49% dari 60,55% pada siklus I menjadi 80,04% pada siklus II, (3) terjadi peningkatan pada ketuntasan belajar (KB) siswa sebesar 41% dari 37% pada siklus I menjadi 78% pada siklus II, (4) terjadi perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis karangan narasi pada siswa sebelum menggunakan media kartu cerita dengan setelah menggunakan media kartu cerita. Hal ini berarti penerapan media kartu cerita berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis karangan narasi. Oleh karena itu, dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat diterapkan media kartu cerita untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa.
Kata Kunci : Kata kunci : media, kartu cerita, karangan narasi, kemampuan menulis

This study aimed to determine the increase of the ability in writing narrative essays of the fifth grade students of MI Nurun Najah Sumberkima through the application media story cards. This research is a classroom action research which was conducted in two cycles. The subjects were the second semester of fifth grade students of MI Nurun Najah Sumberkima in the Academic Year of 2012/2013, as many as 27 people. The data of the ability in writing narrative essays were collected using the test results of students’ narrative essays. The collected data was then analyzed by quantitative descriptive method.
The results through the application of card media stories showed that (1) an increase in the value of the students’ average in writing narrative by 19.49% from 60.55 to 80.04 in the first cycle to the second cycle, (2) an increase in power absorption (DS) 19.49% of the students at 60.55% in the first cycle to 80.04% in the second cycle, (3) an increase in students’ mastery learning (KB) by 41% from 37% in the first cycle to 78 % in the second cycle, (4) there is a significant difference in the ability in writing a narrative essay on students before and after using the media story card. This means the application of media card story has a positive effect on the ability in writing a narrative essay. Therefore, the learning can be applied to Indonesian media story cards to improve students' ability in writing a narrative essay.
keyword : Keywords: media, story cards, narrative essay, writing skills

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref GARUDA MIMBAR PGSD Undiksha



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.