Korelasi antara Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PPKn
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.26072Keywords:
kecerdasan emosional, motivasi belajarAbstract
Rendahnya hasil belajar PPKn dikarenakan kurangnya motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis korelasi antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar PPKn, korelasi anatara motivasi belajar dengan hasil belajar PPKn, korelasi antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan hasil belajar PPKn. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi penelitian ini berjumlah 232 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 173 siswa. Pemilihan sampel dengan teknik propotional random sampling. Pengumpulan data melalui kuesioner dan pecatatan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat korelasi yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar PPKn siswa kelas IV SD diperoleh koefisien korelasi R sebesar 0,642 dan sumbangan kontribusi variabel 41,2%. Terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar PPKn diperoleh koefesien korelasi R sebesar 0,656 dan sumbangan kontribusi variabel 43,2%. Ketiga, secara bersama-sama terdapat korelasi yang signifikan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan hasil belajar PPKn siswa kelas IV SD dengan diperoleh koefesien korelasi sebesar 0,713 dan sumbangan kontribusi sebesar 50,3%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan hasil belajar hasil belajar PPKn Siswa kelas IV SD.
References
Alannasir, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran IPS Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Mannuruki. Journal of Educational Science and Technology, 2(2), 81–90. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/est.v2i2.2561.
Baharuddin, D. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar_Ruzz media.
Dewantari, I. dkk. (2017). korelasi antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar Pembelajaran Pkn Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(6), 1–12. Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/20540
Fauziah, A. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tanggerang. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.12928/jpsd.v4i2.9594
Goleman, D. (2004). Emotional Intelligence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Gunawan, & Dkk. (2019). Hubungan Kebiasaan Belajar Dan Motivasi Berprestasi Dengan Prestasi Belajar PKn. Media Komunikasi FPIPS (Online), 18. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mkfis.v18i1.22232
Gusniwati, M., & Rahmawati, Y. (2019). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS. 11–20. https://doi.org/https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.418
Gusniwati, M. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar. Jurnal Formatif, 5(1), 26–41. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i1.165
Hamdu, G. & L. A. (2011). “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar”. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 83. Retrieved from http://jurnal.upi.edu/file/8-Ghullam_Hamdu.pdf
Handayani, & Suyanto. (2016). Hubungan EQ, Pengetahuan Kewirausahaan, Dan Hasrat Marginal Menabung, Dengan Motivasi Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(1), 95–104. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i1.9700.
Herlinda, D. dkk. (2018). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Kemampuan Bersosialisasi Siswa di Lingkungan Sekolah Kelas VII SMP Negeri 03 Mukomuko. Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(3), 50–58. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/consilia.1.3.50-58
Hidayatullah. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V SD Negeri 2 Kota Campang Raya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017”. Univeristas Lampung.
Irfan, N. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. 31(1). https://doi.org/https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v31i1.4353
Jampel, I. N. (2016). Analisis Motivasi Dan Gaya Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 49(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i3.9015
Keke, A. (2008). Minat dan Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Penabur, (10).
Kertih, W. (2015). Perangkat Pembelajaran PPKn. Yogyakarta: Media Akademi.
Koyan, I. W. (2012). Statistik Pendidikan: Teknik Analisis data Kuantitatif. Singaraja: Undiksha Press.
Miskawati, M. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Strategi Belajar Sambil Bermain di TK Islam Sa’adatul Khidmah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 45. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.123
Miswandi. (2018). Peningkatan Hasil Belajar PKN SD melalui Strategi Crossword. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 2(3). Retrieved from http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/66
Mulyadin. (2016). Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 di SDN Kauman 1 Malang dan SD Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Pendidikan Edutama, 3(2), 31–48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v3i2.35.
Muslimin, defila dan S. S. (2014). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar IPA siswa SMP Negeri 1 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 2(2). Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/2854
Nisrina, Ajeng, D. (2018). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Kutabumi IV Kabupaten Tanggerang. Jurnal Taman Cendekia, 2(2), 198. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30738/tc.v2i2.2950
Prayoga, A. (2019). Pengaruh kegiatan awal pembelajaran, disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 53–64. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17110
Rachmiati, I. (2016). Kecerdasan Emosional Dan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 225–236. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPD.072.04
Rahmayani. (2016). Implementasi Manajemen Pembelajaran PPKn Kurikulum 2013. Manajer Pendidikan, 10(2), 143–148. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/view/1249
Rambe, Hasanah, & Chairunnisa. (2018). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MIA MAN 3 Medan T.P. 2017/2018. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpp.v6i2.10145
Sadirman, A. . (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Shapiro, L. (2003). Mengajarkan Emotional Intellegence pada Anak. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sihombing, L. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Pkn Siswa Kelas VII 4 Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Teknik Keliling Kelas Di SMP Negeri 21 Pekanbaru. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i1.1095
Siregar., Eveline dan Nara., H. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sriyanto, Leksono, & Harwanto. (2019). Bahan Ajar PPKn Berbasis Karakter dan Literasi Untuk Siswa Kelas IX SMP Al Hikmah Surabaya. Edmotech, 4(2), 130–142. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um039v4i22019p130
Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Suwatra, Wayan, dkk. 2015. B. dan P. S. P. G. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Singaraja. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Tanggu, R. dan E. W. (2017). Pembelajaran PPKn di SD. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Wipperman, J. (2007). Meningkatkan Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.
Wirasasmita, & Hendriawan. (2020). Analisis Efisiensi Kinerja Pendidik terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa Sekolah. Mimbar Pendidikan, 5(1), 75–90. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/mimbardik.v5i1.24152
Yulisari, S. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Vct Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V Sd Gugus V Kecamatan Buleleng. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.719
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)