Model Pembelajaran Problem solving Berbantuan Penilaian Autentik Terhadap Hasil Belajar

Authors

  • Gede Bayu Ardykusuma
  • Luh Putu Putrini Mahadewi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.26192

Keywords:

problem solving, Hasil belajar

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena guru lebih domunan menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga siswa cepat bosan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem solving Berbantuan Penilaian Autentik terhadap hasil belajar IPA siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Desain penelitian menggunakan post-test only control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 231 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian berjumlah 71 orang. Data penelitian diperoleh melalui metode tes dan. Teknik analisis data yang digunakan adalah  (uji-t). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model Pembelajaran Problem solving Berbantuan penilaian Autentik dan siswa yang dibelajarkan menggunakan model konvensional dengan thitung>ttabel (5,50>1,99). Dengan demikian, model pembelajaran Problem solving Berbantuan Penilaian Autentik berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa. Model pembelajaran Problem solving Berbantuan Penilaian Autentik dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa.

Author Biographies

Gede Bayu Ardykusuma

PGSD

Luh Putu Putrini Mahadewi

PGSD

References

Anika, & Fajar. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match Dalam Meningkatkan Kompetensi Sikap Siswa dan Kompetensi Pengetahuan Siswa Pada Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 80–85. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24047

Anugraheni. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education, 14(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.19166/pji.v14i1.789

Anugraheni, I. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Model Polya Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Mahasiswa. JP (Jurnal Pendidikan), 4(1), 1–6. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/jp.v4n1.p1-6.

Irawati. (2015). The Effect of Problem Solving and Problem Posing Models and Innate Ability to Students Achievement. Jurnal Pendidikan Sains, 2(4), 184–192. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jps.v2i4.4534.

Khajar. (2011). Strategi Aktif Pasif Dalam Optimalisasi Portofolio. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 15(2). Retrieved from http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jkdp/article/view/1017.

Mahardika, Asri, & Negara. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10642

Manurung, & Panggabean. (2020). Improving Students’ Thinking Ability In Physics Using Interactive Multimedia Based Problem Solving. Cakrawala Pendidikan, 39(2), 460–470. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/28205/pdf.

Miskawati, M. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Strategi Belajar Sambil Bermain di TK Islam Sa’adatul Khidmah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 45. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.123

Nurhadi, D. (2004). Pembelajaran Konstektual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Nageri Malang.

Nurhayati, Jayusman, & Ahmad. (2018). Implementasi Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 SemarangImplementasi Penilaian Autentik dalam Pembelajaran. Sejarah di SMA Negeri 1 Semarang. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 21–30. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/27334

Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(24). https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530

Paramita. (2016). Pengaruh Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Pupuan. Retrieved from http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/6950/4740.

Pardimin. (2018). Analysis Ofthe Indonesia Mathematics Teachers’ Ability Inapplying Authentic Assessment. Cakrawala Pendidikan, 37(2), 170–181. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/18885/pdf.

Puspitorini, Subali, & Jumadi. (2014). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif. Cakrawala Pendidikan, 33(3), 413–420. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/2385/pdf

Putra, N. (2015). Penilaian Autentik Mata Pelajaran Pendidikan Agama. Jurnal Al-Fikrah, 3(2), 1–16.

Retnowati, & Dkk. (2018). Mathematics Problem Solving Skill Acquisition: Learning By Problem Posing Or By Problem Solving. Cakrawala Pendidikan, 37(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v37i1.18787

Shomin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sofyan. (2016). Pembelajaran Problem Based Learning dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 260–271. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpv.v6i3.11275

Susanti. (2014). Efektivitas Model Pembelajaran Portofolio Dan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair And Share (TPS) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kreativitas Siswa VII SMP Negeri 2 Kebonsari Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 32–36. https://doi.org/10.25273/jipm.v2i2.476.

Suwatra, Magta, & Christiani. (2019). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Problem Solving Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak. Mimbar Ilmu Undiksha, 24(2), 185–193. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i2.21257

Udiyah, & Mas, I. N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Kelas VII SMP Negeri 2 Tuban. Jurnal Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 540–544. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/21092

Udiyah, & Pujiastutik. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Kelas VII SMP Negeri 2 Tuban. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 540–544. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/21092/16374

Wirasasmita, & Hendriawan. (2020). Analisis Efisiensi Kinerja Pendidik terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa Sekolah. Mimbar Pendidikan, 5(1), 75–90. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/mimbardik.v5i1.24152

Yuliati, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592

Downloads

Published

2020-09-29

How to Cite

Ardykusuma, G. B., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Model Pembelajaran Problem solving Berbantuan Penilaian Autentik Terhadap Hasil Belajar. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 412–420. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.26192

Issue

Section

Articles