Model Pembelajaran Problem solving Berbantuan Penilaian Autentik Terhadap Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.26192Keywords:
problem solving, Hasil belajarAbstract
Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena guru lebih domunan menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga siswa cepat bosan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem solving Berbantuan Penilaian Autentik terhadap hasil belajar IPA siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Desain penelitian menggunakan post-test only control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 231 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian berjumlah 71 orang. Data penelitian diperoleh melalui metode tes dan. Teknik analisis data yang digunakan adalah (uji-t). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model Pembelajaran Problem solving Berbantuan penilaian Autentik dan siswa yang dibelajarkan menggunakan model konvensional dengan thitung>ttabel (5,50>1,99). Dengan demikian, model pembelajaran Problem solving Berbantuan Penilaian Autentik berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa. Model pembelajaran Problem solving Berbantuan Penilaian Autentik dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa.
References
Anika, & Fajar. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match Dalam Meningkatkan Kompetensi Sikap Siswa dan Kompetensi Pengetahuan Siswa Pada Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 80–85. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24047
Anugraheni. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education, 14(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.19166/pji.v14i1.789
Anugraheni, I. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Model Polya Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Mahasiswa. JP (Jurnal Pendidikan), 4(1), 1–6. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/jp.v4n1.p1-6.
Irawati. (2015). The Effect of Problem Solving and Problem Posing Models and Innate Ability to Students Achievement. Jurnal Pendidikan Sains, 2(4), 184–192. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jps.v2i4.4534.
Khajar. (2011). Strategi Aktif Pasif Dalam Optimalisasi Portofolio. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 15(2). Retrieved from http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jkdp/article/view/1017.
Mahardika, Asri, & Negara. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10642
Manurung, & Panggabean. (2020). Improving Students’ Thinking Ability In Physics Using Interactive Multimedia Based Problem Solving. Cakrawala Pendidikan, 39(2), 460–470. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/28205/pdf.
Miskawati, M. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Strategi Belajar Sambil Bermain di TK Islam Sa’adatul Khidmah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 45. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.123
Nurhadi, D. (2004). Pembelajaran Konstektual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Nageri Malang.
Nurhayati, Jayusman, & Ahmad. (2018). Implementasi Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 SemarangImplementasi Penilaian Autentik dalam Pembelajaran. Sejarah di SMA Negeri 1 Semarang. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 21–30. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/27334
Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(24). https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530
Paramita. (2016). Pengaruh Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Pupuan. Retrieved from http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/6950/4740.
Pardimin. (2018). Analysis Ofthe Indonesia Mathematics Teachers’ Ability Inapplying Authentic Assessment. Cakrawala Pendidikan, 37(2), 170–181. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/18885/pdf.
Puspitorini, Subali, & Jumadi. (2014). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif. Cakrawala Pendidikan, 33(3), 413–420. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/2385/pdf
Putra, N. (2015). Penilaian Autentik Mata Pelajaran Pendidikan Agama. Jurnal Al-Fikrah, 3(2), 1–16.
Retnowati, & Dkk. (2018). Mathematics Problem Solving Skill Acquisition: Learning By Problem Posing Or By Problem Solving. Cakrawala Pendidikan, 37(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v37i1.18787
Shomin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sofyan. (2016). Pembelajaran Problem Based Learning dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 260–271. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpv.v6i3.11275
Susanti. (2014). Efektivitas Model Pembelajaran Portofolio Dan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair And Share (TPS) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kreativitas Siswa VII SMP Negeri 2 Kebonsari Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 32–36. https://doi.org/10.25273/jipm.v2i2.476.
Suwatra, Magta, & Christiani. (2019). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Problem Solving Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak. Mimbar Ilmu Undiksha, 24(2), 185–193. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i2.21257
Udiyah, & Mas, I. N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Kelas VII SMP Negeri 2 Tuban. Jurnal Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 540–544. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/21092
Udiyah, & Pujiastutik. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Kelas VII SMP Negeri 2 Tuban. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 540–544. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/21092/16374
Wirasasmita, & Hendriawan. (2020). Analisis Efisiensi Kinerja Pendidik terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa Sekolah. Mimbar Pendidikan, 5(1), 75–90. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/mimbardik.v5i1.24152
Yuliati, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)