Penerapan Metode Demonstrasi dengan Menggunakan Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V Semester 1 SDN 3 Dencarik Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2012/ 2013

Ni Komang Sukerti ., I Gusti Ayu Tri Agustiana, S.Pd., M.Pd ., Drs. Ketut Pudjawan,M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis narasi siswa setelah penerapan metode Demonstrasi dengan menggunakan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas V Semester 1 SDN 3 Dencarik Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 3 Dencarik yang terdiri dari 16 orang.
Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode (1) observasi, dan (2) tes. Data dianalisis dengan menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Demonstrasi dengan menggunakan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas V Semester 1 SDN 3 Dencarik Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2012/2013. Keterampilan menulis narasi siswa meningkat dari siklus I sebesar 64,0% ke siklus II sebesar 72,5% dari kriteria sedang menjadi tinggi. Hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi dengan menggunakan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas V Semester 1 SDN 3
Dencarik Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2012/2013.

Kata Kunci : Kata kunci : metode demonstrasi, media gambar seri, dan keterampilan menulis.

This study aims to determine the improvement of students' narrative writing skills demonstration after the application of the method using radiant image media to improve the skills of writing narrative fifth grade students at SDN 3 Semester 1 Dencarik Gugus Banjar, Buleleng Academic Year 2012/2013. This research is claasroom action research conducted in two cycles. Each cycle consists of four phases: planning, action, observation and evaluation, and reflection. The subjects were fifth grade students of SD N 3 Dencarik which consists of 16 people. Data in this study was conducted using (1) observation, and (2) test . Data were analyzed using descriptive quantitative. The results showed that the application of the method of demonstration by using media images beamed to improve the skills of writing narrative fifth grade students at SDN 3 Dencarik Gugus Banjar, Buleleng Academic Year 2012/2013. Narrative writing skills of students increased from the first cycle of 64.0 % to 72.5 % for the second cycle of the criteria was to be high. The final results of this study indicate that the application of the method of demonstration by using media images beamed to improve the skills of writing narrative fifth grade students at SDN 3 Dencarik Gugus Banjar, Buleleng Academic Year 2012/2013.
keyword : demonstration methode, radiant image media, narrative writing skills

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2639

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref GARUDA MIMBAR PGSD Undiksha



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.