Keefektifan Model PBL Berbasis Etnosains Terhadap Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28185Keywords:
problem based learning, etnosains, hasil belajarAbstract
Rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan karena penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi dan tidak memanfaatkan budaya dan kearifan lokal yang ada di lingkungan sekitar siswa sehingga siswa merasa bosan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan model problem-based learning berbasis Etnosains terhadap hasil belajar siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True Experimental Design dengan desain Pretest-posttest Control Group Design. Sampel yang diambil adalah 23 siswa kelas IVA dan 26 siswa kelas IVB dengan menggunkan teknik non-probability sampling dengan jenis simple random sampling. Dimana kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis melalui analisis Uji t polled varian diperoleh thitung sebesar 2,646 sedangkan ttabel dengan db = (26+23-1) = 48 dan taraf signifikan 5% sebesar 2,021. Karena Hasil thitung >ttabel yaitu 2,646 > 2,021 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat diartikan adanya Keefektifan Model PBL Berbasis Etnosains Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem-based learning berbasis etnosains efektif diterapkan karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Model problem-based learning berbasis etnosains cocok diaplikasikan dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran guru mengunakan model konvensional berupa ceramah, sehingga menjadikan siswa mudah merasa jenuh dan kurang antusias saat pembelajaran. Hal itu lah yang mengakibatkan hasil belajar siswa rendah.References
Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Aditya Media Publish.
Agung, A.A. Gede. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publish.
Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Sd. Jipmat. Https://Doi.Org/10.26877/Jipmat.V3i1.2226
Asriningtyas, Nandhita, & Anugraheni. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Sd. Jkpm, 5(1), 23–32. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26714/Jkpm.5.1.2018.23-32
Atmojo, S. E. (2012). Profil Keterampilan Proses Sains Dan Apresiasi Siswa Terhadap Profesi Pengrajin Tempe Dalam Pembelajaran Ipa Berpendekatan Etnosains. Jurnal Pendidikan Ipa Indonesia, 1(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.15294/Jpii.V1i2.2128
Atmojo, Setyo Eko. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Terpadu Berpendekatan Etnosains. Jurnal Pendidikan Sains, 6(1), 5–13. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26714/Jps.6.1.2018.5-13
Butsi, E. (2015). Pemanfaatan Etnomatematik Melalui Permainan Engklek Sebagai Sumber Belajar. Mendidik: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2), 155–162. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.30653/003.201512.23
Damayanti, C., Rusilowati, A., & Linuwih, S. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Ipa Terintegrasi Etnosains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kreatif. Journal Of Innovative Science Education, 6(1), 116–128. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.15294/Jise.V6i1.17071
Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ipa Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. Mimbar Pgsd Undiksha, 8(2), 238–252. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V8i2.26525
Gunawan, I., & Sulistyoningrum, R. T. (2016). Menggali Nilai-Nilai Keunggulan Lokal Kesenian Reog Ponorogo Guna Mengembangkan Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 3(01). Https://Doi.Org/Http://Doi.Org/10.25273/Pe.V3i01.59
Haryati, Y. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 57–63.
Hidayah, N. (2015). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190-204.Https://Doi.Org/10.24042/Terampil.V2i2.1291. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190–204. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24042/Terampil.V2i2.1291
Hosnan, M. (2016). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Irawana, T. J., & Taufina, T. (2020). Penggunaan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Penilaian Pendidikan Kewarganegaraan Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 434–442. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i2.367
Kristiantari, M. R. (2015). Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jpi (Jurnal Pendidikan Indonesia), 3(2). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.23887/Jpi-Undiksha.V3i2.4462
Marzuki, & Basariah. (2017). The Influence Of Problem-Based Learning And Project Citizen Model In The Civic Education Learning On Student’scritical Thinking Ability And Self Discipline. Cakrawala Pendidikan, 6(3), 382–400. Retrieved From Https://Journal.Uny.Ac.Id/Index.Php/Cp/Article/View/14675/Pdf.
Mayasari, T. (2017). Integrasi Budaya Indonesia Dengan Pendidikan Sains. Prosiding Snpf (Seminar Nasional Pendidikan Fisika).
Ningrum, P. (2018). Etnosains, Kearifan Lokal, Dan Budaya Dalam Pembelajaran Sains. Semarang: Radar Semarang.
Parmin. (2017). Ethnosains. Semarang: Swadaya Manunggal.
Pengembangan Model Pembelajaran Ipa Terintegrasi Etnosains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kreatif. (2017). Journal Of Innovative Science Education. Https://Doi.Org/10.15294/Jise.V6i1.17071
Pradana, Y. (2019). Pengembangan Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. Untirta Civic Education Journal, 1(1). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.30870/Ucej.V1i1.1330
Puspasari, A., Susilowati, I., Kurniawati, L., Utami, R. R., Gunawan, I., & Sayekti, I. C. (2020). Implementasi Etnosains Dalam Pembelajaran Ipa Di Sd Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta (Implementation Of Ethnoscience In Science Learning At Elementary School Of Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta). Sej (Science Education Journal). Https://Doi.Org/10.21070/Sej.V3i1.2426
Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4 Sd. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 241–250. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24246/J.Scholaria.2017.V7.I3.P241-250
Ratumanan. (2015). Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.
Rosidah, T., Hidayah, F. F., & Astuti, A. P. (2019). Efektivitas Model Problem Based Instruction Berpendekatan Etnosains Untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains. Jurnal Pendidikan Sains. Jurnal Pendidikan Sains, 7(1). Https://Doi.Org/Jurnal Pendidikan Sains
Rukayah, Sumarno, & Subekti, E. E. (2018). Pengaruh Model Pbl Berbasis Etnosains Pada Pembelajaran Tematik. Seminar Nasional Sains Dan Enterpreunership V (Pp. 116-121). Semarang: Program Studi Pendidikan Biologi , Fakultas Pendidikan Matematika Ipa Dan Teknologi Informasi, Universitas Pgri Semarang.
Sani, R. A. (2018). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Satria, T. G., & Egok, A. S. (2020). Pengembangan Etnosains Multimedia Learning Untuk Meningkatkan Kognitif Skill Siswa Sd Di Kota Lubuklinggau. Jurnal Basicedu, 4(1), 13–21. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i1.382
Shidiq, A. S. (2016). Pembelajaran Sains Kimia Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa. Seminar Nasional Kimia Dan Pendidikan Kimia (Snkpk) Viii.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Wulandari, P., W.H, E. H., & Nurwahyunani, A. (2018). Efektifitas Pembelajaran Transpor Membran Bermuatan Etnosains Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan Minat Berwirausaha Pada Siswa SMA. BIOMA Jurnal Ilmiah Biologi. https://doi.org/10.26877/bioma.v7i1.2537
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)