Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair share (TPS) terhadap Motivasi Belajar PKn Siswa Kelas V Semester Genap SD Gugus III Kecamatan Kubu Tahun Pelajaran 2014/2015

I Gede Putu Ekadani Apriana ., Dr. I Made Tegeh, S.Pd., M.Pd. ., Drs. Ignatius I Wayan Suwatra,M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar PKn antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran konvensional pada siswa kelas V semester genap SD di Gugus III Kecamatan Kubu tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Kubu tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah keseluruhan 167 orang. Ini ditentukan setelah dilakukan uji kesetaraan menggunakan ANAVA satu jalur. Sampel penelitian ini, yaitu siswa kelas V SDN 1 Tianyar dengan jumlah 25 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SDN 6 Tianyar dengan jumlah 29 orang sebagai kelompok kontrol. Data tentang prestasi belajar ranah kognitif dikumpulkan dengan menggunakan angket motivasi belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa kelas V semester genap antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan oleh skor rata-rata yang diperoleh siswa yang dibelajarkan menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), yaitu 121,94 yang berada pada kategori tinggi dan model pembelajaran konvensional, yaitu 108,64 yang berada pada kategori sedang dan hasil dari uji t, yaitu thitung = 7,868 dan ttabel = 1,671 jadi t hitung > ttabel. Nilai uji-t tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran PKn.
Kata Kunci : TPS, motivasi belajar

The research’s goal is to know the diffrence of learning Motivation between the students group that learned by using cooperatif learning model think pair share type and the students group that learned by conventional learning model to Students class V Even Semester SD at Gugus III Kubu district learning periode 2014/2015. The types of research is quasi experimental research. The populations of the research are all the students class V SD at Gugus III Kubu district learning periode 2014/2015 that consist of 7 classess with the totals account 167 persons. The considered after doing equality test using one track Anava.The samples of the reserach are the students class V SDN 1 Tianyar with the totals account 25 persons as experiments group and the students class V SDN 1 Tianyarwith the totals account 29 persons as controls group. The data about learning achievment kognitif way gathered by learning motivation quistioner. The result of the date analysed by using using descriftif statistic analysis technique and infrential statistic, those are test-t. The reserach’s result indicate there is any difference significant of the student’s learning motivation class V even semester between the students group that learned by cooperatif learning model Think Pair Share (TPS) type and students group that learned by conventional learning methode. This is indicated by an average score obtained by the students that learn by using cooperatif model Think Pair Share (TPS) type, those are 121,94 go to high category and conventional learning methode , those are 108,64 go to midle category, and the result of test-t, those are t-account =7,868 and t-table=1,671 so t-account>t-table.The value of test-t indicate that the using of cooperatif learning model Think Pair Share (TPS) type react positif with the students learning motivation to PKn lesson.
keyword : TPS, learning motivation

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref GARUDA MIMBAR PGSD Undiksha



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.