Penerapan Model Picture and Picture Berbantuan Media Roda Putar Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Ekspositoris Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.28290Keywords:
Keterampilan Menulis, Picture and PictureAbstract
Kurangnya keterampilan menulis siswa, dikarenakan pengggunaa model pembelajaran dan media pembelajaran yang kurang kreatif dan inovatif, sehingga membuat siswa menjadi mudah bosan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penerapan model picture and picture berbantuan media roda putar terhadap peningkatan keterampilan menulis karangan narasi ekspositoris siswa. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis karangan narasi ekspositoris yang melibatkan 21 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis dengan teknik analisis data statistik kuantitatif. Hasil penelitian yakni keterampilan menulis muatan Bahasa Indonesia pada siklus pertama memperoleh persentase 50% berpredikat C, pada siklus kedua dengan persentase 76% berpredikat B, sedangkan keterampilan menulis muatan IPS pada siklus pertama memperoleh persentase 49% predikat C, pada siklus kedua 76% predikat B, dan kedua siklus ini telah berhasil serta terjadi peningkatan. Simpulan penelitian ini adalah model picture and picture berbantuan media roda putar dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi ekspositoris siswa. Implikasi penelitian ini adalah dapat melatih siswa cepat tanggap karena tertarik dengan gambar, adanya permainan bisa menambah motivasi belajar siswa, siswa lebih berkonsentrasi, menggali bakat dan potensi siswa, kerja sama siswa, rasa toleransi, dan yang paling utama meningkatkan keterampila menulis siswa.
References
Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33.
Astuti, H. P., Nugroho, A. A. E., & Dewi, N. A. R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Berbasis Keanekaragaman Hayati Dalam Pembentukan Empati Anak Usia Dini. Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah, 12(1), 66–74. https://doi.org/10.15294/intuisi.v12i1.23573.
Citrasmi, N. W., Wirya, N., & Tegeh, I. M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Di SD. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 4(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i2.8425.
Darmawan, H. (2014). Peningkatan Kreatifitas Mahasiswa Dalam Merancang Media Pembelajaran Multimedia IPA Berbasis Animasi Melalui Model Cooperative Learning. Jurnal Edukasi, 12(2), 193–204. https://doi.org/10.31571/edukasi.v12i2.155.
Daryanti, D., & Taufina, T. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran dalam Model Picture and Picture untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 4(2), 484–490. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.368.
Dewi, T. K., & Yuliana, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Materi Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2804.
Dwicahyani, N. M., Wiarta, I. W., & Ardana, I. K. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Nht Berbantuan Media Gambar Meningkatkan Penguasaan Kompetensi Ips. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 102–110. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17326.
Fadliyatis, K. S., Harsiati, T., & Hasanah, M. (2016). Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Keterampilan Menulis Teks Cerpen Dan Teks Fabel Untuk Siswa Smp / Mts. Jurnal Pendidikan, 1(3), 421–427. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i3.6168.
Handayani, N. M. D., Ganing, N. N., & Suniasih, N. W. (2017). Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 1(3), 176–182. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12502.
Khaulani, F., Noviana, E., & Witri, G. (2019). Penerapan Metode Brainstorming Dengan Bantuan Media Gambar Grafis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V SD Negeri 009 Pulau Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1), 18–25. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i1.6305.
Kurniasari, F. (2017). Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Penugasan Aktivitas Di Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(1), 9–26. https://doi.org/10.30734/jpe.v4i1.44.
Mahardika, B. (2018). Penerapan Metode Penilaian Berbasis Portofolio Dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 33–46. https://doi.org/10.32332/elementary.v4i1.1030.
Maharwati, N. K. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Anak Paud Berbantuan Media Gambar Melalui Metode Bercerita. Journal of Education Technology, 2(1), 6. https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13800.
Mayasari, S., & N, L. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SD Negeri 37 Pekanbaru. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(2), 313–318. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i2.6659.
Ningsih, I. H., Winarni, R., & Roemintoyo. (2019). Peran Guru Dalam Pembelajaran Menulis Permulaan Menghadi Abad 21. BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 3(1), 38–43. https://doi.org/10.17977/um007v3i12019p038.
Nugroho, A., Lazuardi, D. R., & Murti, S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Lks Menulis Pantun Berbasis Kearifan Lokal Siswa Kelas Vii Smp Xaverius Tugumulyo. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 1. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no1.1-12.
Owon, S., & Adi, R. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Berbagai Jenis Teks Bertema Kearifan Lokal Sikka Bagi Siswa SMP. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(1), 528–541. https://doi.org/10.22219/jinop.v3i1.4318.
Paramita, N. M. A. S., Rati, N. W., & Tristiantari, N. K. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Berorientasi Pendidikan Karakter Terhadap Motivasi Belajar Ips Siswa Kelas V. Journal Of Education Technology, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.23887/Jet.V3i1.17957.
Passalowongi, N. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Tema Lingkungan Tempat Tinggalku Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Siswa Kelas IV SD Negeri 18 Coppeng-Coppeng Kabupaten Barru. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 275–282. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.341.
Puspidalia, Y. S. (2012). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Mi/Sd Dan Alternatif Pemecahannya. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(1). https://doi.org/10.21154/cendekia.v10i1.406.
Rakasiwi, N. (2019). Pengembangan media komik dengan metode picture and picture untuk meningkatkan keterampilan literasi matematika kelas IV. Aksioma : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 60–70. https://doi.org/10.26877/aks.v10i1.3741.
Riana, R., & Setiadi, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Mind Mapping Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Ekspositoris Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas XII SMK Swadaya, Semarang. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 18(1), 109. https://doi.org/10.26623/jdsb.v18i1.562.
Rosini, N. M., Yudana, I. M., & Agung, A. A. G. (2018). Kontribusi Kecerdasan Emosional, Kreativitas dan Keterlibatan Dalam Kegiatan MGMP Terhadap Keterampilan Mengelola Pembelajaran Bahasa Indonesia Para Guru SMA di Kabupaten Badung. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 9(1), 33–43. https://doi.org/10.23887/japi.v9i1.2734.
Rosmalem. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Pelajaran Seni Budaya. Jurnal Handayani: Jurnal Kajian Pendidikan Pra Sekolah Dan Pendidikan Dasar, 6(2), 153–161. https://doi.org/10.24114/jh.v6i2.6529.
Said, I. M., Sutadji, E., & Sugandi, M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Cooperative Learning Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Smk Se-Kota Malang Program Keahlian Teknik Ototronik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 1(2), 265–270. https://doi.org/10.17977/jp.v1i2.6131.
Sribawana, I. P. S. S., Kusmariyatni, N., & Suwatra, I. I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10934.
Sudaryanto. (2014). Studi Tentang Perkembangan Bahasa Indonesia Di Tiongkok Dan Dampak Kesarjanaan Tiongkok Bagi Pengajaran Bahasa Indonesia. Kajian Linguistik Dan Sastra, 26(1), 61–70. https://doi.org/10.23917/kls.v26i1.4083.
Suhartini, S. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Satu Babak Menggunakan Model Think-Pair-Share Berbantuan Alat Peraga Gambar Berseri. Satya Widya, 31(2), 83–89. https://doi.org/10.24246/j.sw.2015.v31.i2.p83-89.
Susanti, P. A., & Kusmariyani, N. N. (2017). Penerapan Model Picture And Picture Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 99. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10144.
Sutriyati, Mulawarman, W. G., & Hudiyono, Y. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Esai Dengan Memanfaatkan Kearifan Lokal Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) Siswa SMA. Diglosia, 2(1), 39–46. https://doi.org/10.30872/diglosia.v2i1.16.
Suwartini, I., & Fujiastuti, A. (2017). Teknik Pembuatan Buku Ajar Membaca Kritis Dan Kreatif Berbasis Arcs (Attention, Relevance, Convidence, Satisfaction) Untuk Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. Bahastra, 37(2), 138–147. https://doi.org/10.26555/bahastra.v37i2.7610.
Tanjung, N. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture Siswa Kelas V A SD Negeri 200402 Sabungan Padangsidimpuan 2017- 2018. Ristekdik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 45–48. https://doi.org/10.31604/Ristekdik.2018.V3i2.45-48.
Trisnawati, N. N. L., Suarni, N. K., & Agung, A. A. G. (2014). Penerapan Metode Picture and Picture Dengan Media Cerita Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak. Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/download/3149/2617.
Ulfah, D. M., & Soenarto, S. (2017). Pengaruh penggunaan media video dan gambar terhadap keterampilan menulis kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 22–34. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.7693.
Utama, M., & Sari, D. L. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Picture And Picture Dan Make A Match Ditinjau Dari Hasil Belajar Dalam Pembelajaran IPA Kelas 4 SD Gugus Mawar - Suruh. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(3), 82–99. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i3.p82-99.
Wahyuni, S. (2014). Pengembangan Interactive E-Book Bidang Asesmen Bahasa Untuk Mengembangkan Kompetensi Dan Kemandirian Mahasiswa Program Pendidikan Bahasa. Litera, 13(1), 128–139. https://doi.org/10.21831/ltr.v13i1.1908.
Yoserizal, & Rahmi, U. (2019). Perbedaan Aktivitas Belajar Siswa Antara Model Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing Dengan Tipe Think Pair Share. Jurnal Basicedu, 3(2), 1055–1064. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.247.
Yuanta, F. (2017). Pengembangan Media Audio Visual Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Sekolah Dasar. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(2), 59–70. https://doi.org/10.21154/ibriez.v2i2.36.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)