Pola Asuh Orang Tua di Era Digital Berpengaruh Dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IV

Authors

  • Yumna Amalia Safitri Universitas PGRI Semarang
  • Sunan Baedowi Universitas PGRI Semarang
  • Eka Sari Setianingsih Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28554

Abstract

Kurangnya minat belajar siswa yang disebabkan karena orang tua yang terlalu memanjakan anak dalam penggunaan teknologi digital sehingga anak kecanduan bermain gadget tanpa mengenal waktu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pola asuh orang tua di era digital dalam membentuk karakter kedisiplinan belajar siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian di khususkan pada orang tua siswa yang berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, data display, conclusion drawing. Teknik pemeriksaan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi. Hasil penelitian yaitu Pola asuh orang tua berpengaruh terhadap pembentukan karakter kedisiplinan belajar siswa kelas IV SD. Mayoritas orang tua menggunakan jenis pola asuh demokratis yang mendorong anak untuk membicarakan apa yang diinginkan, ada kerja sama didalam pola asuh ini antara orang tua dan anak, adanya bimbingan dan pengarahan serta adanya kontrol dari orang tua. Dapat disimpulkan bahwa jenis pola asuh demokratis lebih efektif dalam membentuk karakter kedisiplinan belajar siswa kelas IV SD.

Author Biographies

Yumna Amalia Safitri, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Sunan Baedowi, Universitas PGRI Semarang

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Eka Sari Setianingsih, Universitas PGRI Semarang

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Budiarti, Y. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa (Studi Eksperimen Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UM Metro). Promosi (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 4(2), 50–60. https://doi.org/10.24127/ja.v4i2.638

Desy, D. (2015). Pola Asuh Orang Tua Tunggal Dalam Mendidik Agama (Islam) (Studi Kasus Di Desa Rejosari Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(1), 75–94. https://doi.org/10.14421/jpai.2015.121-06

Hasanah, N., & Sugito, S. (2020). Analisis Pola Asuh Orang Tua terhadap Keterlambatan Bicara pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 913–922. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.456

Heydemans, E. (2010). Pola Asuh Orang Tua, Konsep Diri, Motivasi Diri, Iklim Sekolah, Dan Kesadaran Emosi Siswa SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 112–120. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jip.v17i2.2629

Inikah, S. (2015). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Kecemasan Komunikasi Terhadap Kepribadian Peserta Didik. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1), 19–40. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/kr.v6i1.1038

Istiqomah, N., Sutomo, R., & Hartini, S. (2020). Hubungan Pola Asuh Ibu dengan Perilaku pada Anak Sekolah Dasar. Sari Pediatri, 21(5), 302–309. https://doi.org/10.14238/sp21.5.2020.302-9

Joni. (2015). Hubungan pola asuh orang tua terhadap perkembangan bahasa anak prasekolah. Jurnal Paud Tambusai, 1(6), 42–48. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.54

Kamar, K., Asbar, M., Purwanto, A., Nurhayat, W., Agistiawati, E., & Sudiyono, R. N. (2020). Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Praktek Pola Asuh Orang Tua Berdasarkan Genetic Personality. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(1), 75–86. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jinop.v6i1.10196

Khodijah, N. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Kultur Islam Melayu (Studi Terhadap Pola Asuh Orang Tua, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Dan Pengaruhnya Terhadap Religiusitas Remaja Pada Suku Melayu Palembang). Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 21–39. https://doi.org/10.19109/tadrib.v4i1.1949

Kristiyani, A. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Bahasa Di Pg-Tpa Alam Uswatun Khasanah Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(3), 252–263. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpk.v0i3.5630

Mardliyah, U., Yugistyowati, A., & Aprilia, V. (2014). Pola Asuh Orang Tua Sebagai Faktor Penentu Kualitas Pemenuhan Kebutuhan Dasar Personal Hygiene Anak Usia 6-12 Tahun. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 2(2), 86–92. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21927/jnki.2014.2(2).86-92

Mudlofir, A. (2013). Pendidikan Karakter: Konsep dan Aktualisasinya dalam Sistem Pendidikan Islam. Nadwa, 7(2), 229–363. https://doi.org/10.21580/nw.2013.7.2.560

Mufaro’ah, Sumarni, T., & Sofiani, I. K. (2019). Pengaruh Gawai Dalam Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Usia Dini (Studi Kasus Orang Tua dari Anak Usia 5 Tahun di TKIT Ibu Harapan Kecamatan Bengkalis). AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 11(1), 96–113. https://doi.org/10.35445/alishlah.v11i1.104

Murniyetti, M., Engkizar, E., & Anwar, F. (2016). Pola Pelaksanaan Pendidikan Karakter Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 156–166. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12045

Permatasari, B. I. (2015). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Gaya Belajar, Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa MTsN Se-Makassar. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 3(23), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/mapan.2015v3n1a1

Primayana, K. H., & Dewi, P. Y. A. (2020). Hubungan Pola Asuh Demokratis dan Intensitas Penggunaan Gawai pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 710–718. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.697

Sanistyasari, I. G. A. N. (2019). Pengaruh Metode Karyaswasta Fantasi Di Lingkungan Sekolah Berbantuan Majalah Dinding Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 3(1), 21–31. https://doi.org/10.23887/pips.v3i1.2874

Setyowati, Y. D., Krisnatuti, D., & Hastuti, D. (2017). Pengaruh Kesiapan Menjadi Orang Tua dan Pola Asuh Psikososial Terhadap Perkembangan Sosial Anak. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 10(2), 95–106. https://doi.org/10.24156/jikk.2017.10.2.95

Susanti, E. L., Sukestiyarno, Y. L., & Sugiharti, E. (2012). Efektivitas Pembelajaranmatematika Dengan Metode Problemposing Berbasis Pendidikan Karakter. Unnes Journal of Mathematic Education, 1(1), 13–19. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ujme.v1i1.255

Wasinah, W. (2015). Peran Pola Asuh Otoritatif Orang Tua, Pendidikan Orang Tua dan Jumlah Saudara Terhadap Kemandirian Anak. Psikopedagogia Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 104–114. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v4i2.4481

Yuliani, I. W., & Asri, D. N. (2012). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Otoriter Dan Aktivitas Sosial Terhadap Kemampuan Mengatasi Masalah Belajar Pada Siswa Kelas Vi Sdn Kraton 2 Maospati Tahun Pelajaran 2010/2011. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 1–16. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/counsellia.v2i1.196

Yusuf, A., Bahiyah, K., Nihayati, H., & Wiyono, A. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Sosial dengan Perilaku Seksual Remaja Usia 14–21 Tahun di Lingkungan Lokalisasi. Jurnal Ners (Surabaya), 2(1), 14–17. https://doi.org/10.20473/jn.v2i1.4951

Downloads

Published

2020-10-12

How to Cite

Safitri, Y. A., Baedowi, S., & Setianingsih, E. S. (2020). Pola Asuh Orang Tua di Era Digital Berpengaruh Dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 508–514. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28554

Issue

Section

Articles