Pola Asuh Orang Tua di Era Digital Berpengaruh Dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28554Abstract
Kurangnya minat belajar siswa yang disebabkan karena orang tua yang terlalu memanjakan anak dalam penggunaan teknologi digital sehingga anak kecanduan bermain gadget tanpa mengenal waktu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pola asuh orang tua di era digital dalam membentuk karakter kedisiplinan belajar siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian di khususkan pada orang tua siswa yang berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, data display, conclusion drawing. Teknik pemeriksaan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi. Hasil penelitian yaitu Pola asuh orang tua berpengaruh terhadap pembentukan karakter kedisiplinan belajar siswa kelas IV SD. Mayoritas orang tua menggunakan jenis pola asuh demokratis yang mendorong anak untuk membicarakan apa yang diinginkan, ada kerja sama didalam pola asuh ini antara orang tua dan anak, adanya bimbingan dan pengarahan serta adanya kontrol dari orang tua. Dapat disimpulkan bahwa jenis pola asuh demokratis lebih efektif dalam membentuk karakter kedisiplinan belajar siswa kelas IV SD.References
Budiarti, Y. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa (Studi Eksperimen Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UM Metro). Promosi (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 4(2), 50–60. https://doi.org/10.24127/ja.v4i2.638
Desy, D. (2015). Pola Asuh Orang Tua Tunggal Dalam Mendidik Agama (Islam) (Studi Kasus Di Desa Rejosari Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(1), 75–94. https://doi.org/10.14421/jpai.2015.121-06
Hasanah, N., & Sugito, S. (2020). Analisis Pola Asuh Orang Tua terhadap Keterlambatan Bicara pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 913–922. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.456
Heydemans, E. (2010). Pola Asuh Orang Tua, Konsep Diri, Motivasi Diri, Iklim Sekolah, Dan Kesadaran Emosi Siswa SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 112–120. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jip.v17i2.2629
Inikah, S. (2015). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Kecemasan Komunikasi Terhadap Kepribadian Peserta Didik. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1), 19–40. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/kr.v6i1.1038
Istiqomah, N., Sutomo, R., & Hartini, S. (2020). Hubungan Pola Asuh Ibu dengan Perilaku pada Anak Sekolah Dasar. Sari Pediatri, 21(5), 302–309. https://doi.org/10.14238/sp21.5.2020.302-9
Joni. (2015). Hubungan pola asuh orang tua terhadap perkembangan bahasa anak prasekolah. Jurnal Paud Tambusai, 1(6), 42–48. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.54
Kamar, K., Asbar, M., Purwanto, A., Nurhayat, W., Agistiawati, E., & Sudiyono, R. N. (2020). Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Praktek Pola Asuh Orang Tua Berdasarkan Genetic Personality. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(1), 75–86. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jinop.v6i1.10196
Khodijah, N. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Kultur Islam Melayu (Studi Terhadap Pola Asuh Orang Tua, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Dan Pengaruhnya Terhadap Religiusitas Remaja Pada Suku Melayu Palembang). Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 21–39. https://doi.org/10.19109/tadrib.v4i1.1949
Kristiyani, A. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Bahasa Di Pg-Tpa Alam Uswatun Khasanah Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(3), 252–263. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpk.v0i3.5630
Mardliyah, U., Yugistyowati, A., & Aprilia, V. (2014). Pola Asuh Orang Tua Sebagai Faktor Penentu Kualitas Pemenuhan Kebutuhan Dasar Personal Hygiene Anak Usia 6-12 Tahun. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 2(2), 86–92. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21927/jnki.2014.2(2).86-92
Mudlofir, A. (2013). Pendidikan Karakter: Konsep dan Aktualisasinya dalam Sistem Pendidikan Islam. Nadwa, 7(2), 229–363. https://doi.org/10.21580/nw.2013.7.2.560
Mufaro’ah, Sumarni, T., & Sofiani, I. K. (2019). Pengaruh Gawai Dalam Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Usia Dini (Studi Kasus Orang Tua dari Anak Usia 5 Tahun di TKIT Ibu Harapan Kecamatan Bengkalis). AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 11(1), 96–113. https://doi.org/10.35445/alishlah.v11i1.104
Murniyetti, M., Engkizar, E., & Anwar, F. (2016). Pola Pelaksanaan Pendidikan Karakter Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 156–166. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12045
Permatasari, B. I. (2015). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Gaya Belajar, Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa MTsN Se-Makassar. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 3(23), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/mapan.2015v3n1a1
Primayana, K. H., & Dewi, P. Y. A. (2020). Hubungan Pola Asuh Demokratis dan Intensitas Penggunaan Gawai pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 710–718. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.697
Sanistyasari, I. G. A. N. (2019). Pengaruh Metode Karyaswasta Fantasi Di Lingkungan Sekolah Berbantuan Majalah Dinding Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 3(1), 21–31. https://doi.org/10.23887/pips.v3i1.2874
Setyowati, Y. D., Krisnatuti, D., & Hastuti, D. (2017). Pengaruh Kesiapan Menjadi Orang Tua dan Pola Asuh Psikososial Terhadap Perkembangan Sosial Anak. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 10(2), 95–106. https://doi.org/10.24156/jikk.2017.10.2.95
Susanti, E. L., Sukestiyarno, Y. L., & Sugiharti, E. (2012). Efektivitas Pembelajaranmatematika Dengan Metode Problemposing Berbasis Pendidikan Karakter. Unnes Journal of Mathematic Education, 1(1), 13–19. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ujme.v1i1.255
Wasinah, W. (2015). Peran Pola Asuh Otoritatif Orang Tua, Pendidikan Orang Tua dan Jumlah Saudara Terhadap Kemandirian Anak. Psikopedagogia Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 104–114. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v4i2.4481
Yuliani, I. W., & Asri, D. N. (2012). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Otoriter Dan Aktivitas Sosial Terhadap Kemampuan Mengatasi Masalah Belajar Pada Siswa Kelas Vi Sdn Kraton 2 Maospati Tahun Pelajaran 2010/2011. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 1–16. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/counsellia.v2i1.196
Yusuf, A., Bahiyah, K., Nihayati, H., & Wiyono, A. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Sosial dengan Perilaku Seksual Remaja Usia 14–21 Tahun di Lingkungan Lokalisasi. Jurnal Ners (Surabaya), 2(1), 14–17. https://doi.org/10.20473/jn.v2i1.4951
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)