Keefektifan Model PBL Berbantu Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Tema Indahnya Keberagaman Di Negeriku
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28951Keywords:
pbl, media audio-visual, hasil belajarAbstract
Kurangnya penggunaan model pembelajaran yang inovatif dan penggunaan media yang bervariasi membuat siswa tidak secara aktif mengikuti kegiatan pembelajaran, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas model pembelajaraan problem-based learning berbantu media audio-visual terhadap hasil belajar kelas IV tema indahnya keberagaman di negeriku. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Designs dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah 28 siswa, yang diambil dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling. Metode pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis uji t yaitu sebesar 9,11489 dan untuk mengetahui t-tabel dengan nilai t signifikan 5% didapatkan t-tabel sebesar 1,701. sehingga nilai t-hitung>t-tabel yang artinya ditolak dan diterima. Analisis ketuntasan belajar sebelum diberi perlakuan yaitu 53%, sedangkan sesudah di beri perlakuan yaitu 92%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model Problem based learning berbantu media audio-visual efektif terhadap hasil belajar siswa.
References
Abdurrozak, R., & Jayadinata, A. K. (2016). Pengaruh Model Problem based learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 871–880. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3580.
Ariswati, N. P. E. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem based learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Negeri Nanggulan. PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 6(4). https://doi.org/10.1590/s1809-98232013000400007.
Cahyaningsih, R. N., Siswanto, J., & Sukamto. (2020). Keefektifan Model Project Based Learning Berbantu Multimedia Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 34–40. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jppp.v4i1.25014.
Dwi Handayani, N. M., Ganing, N. N., & Suniasih, N. W. (2017). Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 1(3), 176–182. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12502.
Ernasari, E., & Amboro, K. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Windows Movie Maker Terhadap Kemampuan Menganalisis Sejarah Siswa Kelas X Ipa Semester Genap Di Sma Muhammadiyah 1 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017. Historia, 5(1), 77. https://doi.org/10.24127/hj.v5i1.734.
Ernawati, E. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Pada Siswa Kelas V SDN Kalianget Timur X. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 3(2), 81–87. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v3i2.59.
Febriana, R., Yusri, R., & Delyana, H. (2020). Modul Geometri Ruang Berbasis Problem based learning Terhadap Kreativitas Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 93. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2591.
Gunantara, G., Suarjana, M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem based learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19671.
Herzon, H. H., Budijanto, & Utomo, D. H. (2018). Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 42–46. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/.
Husada, S. P., Taufina, T., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Metode Visual Storytelling di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 419–425. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.373.
Kurniawan, H. R., Elmunsyah, H., & Muladi. (2018). Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Think Pair Share Berbantuan Modul Ajar Terhadap Kemandirian Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMKN 3. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(2), 80–85. https://doi.org/10.26740/jp.v3n2.p80-85.
Louk, M. J. H., & Sukoco, P. (2016). Pengembangan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Keterampilan Motorik Kasar Pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Keolahragaan, 4(1), 24–33. https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.8132.
Machali, I. (2014). Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.71-94.
Maryatun, & Metro, P. E. F. U. M. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Problem based learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Semester Genap Sma Pgri 1 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan EKonomi, 5(1), 152–159. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/ja.v5i2.1225.
Masnun, H. M. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Tematik. Al Ibtida, 3(1), 93–115. https://doi.org/https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.590.
Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah Model Pembelajaran Problem based learning Dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keterampilan Abad 21? Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 48–55. https://doi.org/10.25273/jpfk.v2i1.24.
Morelent, Y., & Syofiani. (2018). Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Negeri 05 Percobaan Pintu Kabun Bukittinggi. Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 141–152. https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i2.1234.
Mulyadin. (2016). Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Di SDN Kauman 1 Malang Dan SD Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Edutama, 3(2), 31–48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v3i2.35.
Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03(01), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099.
Paradina, D., Connie, C., & Medriati, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem based learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 169–176. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.169-176.
Permadi, B. A., & Adityawati, I. A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Islam & Kearifan Lokal Kelas IV Min Seduri & Mis Nurul Amal Kabupaten Mojokerto. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 122–138. https://doi.org/10.31538/nzh.v1i1.61.
Pranowo, T. A., & Prihastanti, A. (2020). Pengaruh Bimbingan Kelompok Melalui Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 2(2), 217–223. https://doi.org/10.31960/ijolec.v2i2.338.
Rerung, N., Sinon, I. L. ., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem based learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47–55. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.597.
Romadhoni, I., Mahardika, I. K., & Harijanto, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem based learning (Pbl) Disertai Media Cd Interaktif Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fisika Sma Di Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember, 5(4), 329–336.
Royantoro, F., Mujasam, M., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2018). Pengaruh Model Problem based learning terhadap Higher Order Thinking Skills Peserta Didik. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 371. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i3.5436.
Septiani, M. T., & Hasanah, M. (2019). Media Audio Visual untuk Pembelajaran Musikalisasi Puisi. BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 3(1), 31–37. https://doi.org/10.17977/um007v3i12019p031.
Subadi, T., Priyono, K. D., Dahroni, & Musyiyam, M. (2013). Implementasi Pembelajaran IPS Berbasis Kurikulum 2013 Melalui Lesson Study Di Sekolah Muhammadiyah Kartasura. WARTA, 18(1), 62–76. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/warta.v18i1.1168.
Ulfah, D. M., & Soenarto, S. (2017). Pengaruh penggunaan media video dan gambar terhadap keterampilan menulis kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 22–34. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.7693.
Wicaksono, D. (2016). Pengaruh Media Audio-Visual MP-ASI Terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Ibu Baduta Di Puskesmas Kelurahan Johar Baru. Ethos (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat), 4(2), 291–298. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/ethos.v0i0.1974.
Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA Developing Android-Based Instructional Media of Solubility to Improve Academic Performance of High School Students. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88–99. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i1.10289.
Yuanta, F. (2017). Pengembangan Media Audio Visual Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Sekolah Dasar. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(2), 59–70. https://doi.org/10.21154/ibriez.v2i2.36.
Yuniarni, D., Sari, R. P., & Atiq, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 290. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331.
Yusantika, F. D., Suyitno, I., & Furaidah. (2018). Pengaruh Media Audio dan Audio Visual terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan, 3(2), 251–258. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10544.
Yuwono, M. R., & Syaifuddin, M. W. (2017). Pengembangan problem based learning dengan assessment for learning berbantuan smartphone dalam pembelajaran matematika. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 184–202. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.116.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)