Pengembangan Multimedia Tematik Berpendekatan Saintifik untuk Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28970Keywords:
multimedia, tematik, saintifikAbstract
Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di sekolah dasar masih rendah sehingga berdampak pada kualitas pembelajaran terutama: (1) belum optimalnya penerapan pendekatan tematik,. Berdasarkan masalah tersebut tujuan penelitian ini adalah menerapkan TIK dengan cara mengembangkan multimedia tematik berpendekatan saintifik untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa SD. Multimedia dikembangkan menggunakan model 4D yang terdiri atas: define, design, develop, disseminate. Validitas multimedia dilakukan melalui pengujian pakar 3 orang dan kemenarikan multimedia diketahui melalui uji perorangan 3 orang, uji kelompok kecil 12 orang, dan uji lapangan 21 orang. Data dikumpulkan menggunakan instrumen kuesioner dan tes. Implementasi multimedia di kelas II SD menggunakan desain one group pretest-posttest. Data dari kuesioner dianalisis secara deskriptif dan skor tes dianalisis menggunakan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa vadilitas multimedia dari aspek isi, media, dan desain pembelajaran berada pada kategori “sangat baik”. Kemenarikan media pada uji perorangan, kelompok kecil, dan lapangan berada pada kategori “sangat baik”. Hasil uji statistik wilxocon diperoleh signifikansi 0,001<0,05, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa multimedia tematik berpendekatan saintifik efektif meningkatkan hasil belajar tematik pada siswa kelas II sekolah dasar. Multimedia yang diterapkan berimplikasi pada meningkatnya motivasi belajar, memudahkan siswa memahami materi di masa pandemi covid-19, dan memudahkan guru menerapkan tematik berpendekatan saintifik.
References
Alessi, S., & Trollip. (2001). Multimedia for learning, methods and development. Bosten: Allyn & Bacon.
Anjarsari, E. (2019). Faktor permasalahan pendekatan saintifik 5M dalam pembelajaran Matematika di SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1(1), 12. https://doi.org/10.30736/vj.v1i1.88
Ansori, Y. Z. (2020). Pembinaan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 177–186. Retrieved from https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/308
Armansyah, F., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2019). Multimedia Interaktif Sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 224–229. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p224
Bakhtiar, F. A. (2018). Pengembangan Aplikasi Berbasis Multimedia pada Pembelajaran Tematik Kelas III Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 5(1), 16. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v5i1.9363
Burhanudin, M., & Sodiq, I. (2018). Kendala Guru Sejarah Dalam Kurikulum 2013 Menggunakan Pendekatan Saintifik di SMK Negeri 7 Semarang. 6(1), 89–102. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/27357
Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2005). The systematic design of instruction. Boston: Pearson.
Hasan, H. (2016). Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Ketuntasan belajar IPS Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, Dan Transportasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 20 Banda Aceh. Jurnal Persona Dasar, 3(4), 22–33. Retrieved from http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/view/7538
Huang, X., Dedegikas, C., & Walls, J. (2011). Using multimedia technology to teach Modern Greek Language online in China: Development, implementation and evaluation. European Journal of Open, Distance and E-Learning, 1, 1–9. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=EJ936382
Jannah, I. N., Prasetiyawati, D., Hariyanti, D., & Prasetyo, S. A. (2020). Efektivitas Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 54–59. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24135
Jatmiko, P. D., Wijayantin, A., & Susilaningsih, S. (2017). Pengaruh Pemanfaatan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas Iv Sekolah Dasar. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 153–156. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1803
Khamparia, A., & Pandey, B. (2017). Impact of interactive multimedia in E-learning technologies: Role of multimedia in E-learning. Enhancing Academic Research With Knowledge Management Principles, (April), 199–227. https://doi.org/10.4018/978-1-5225-2489-2.ch007
Khoeriyah, N., & Mawardi, M. (2018). Penerapan Desain Pembelajaran Tematik Integratif Alternatif Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil dan Kebermaknaan Belajar. Mimbar Sekolah Dasar, 5(2), 63. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v5i2.11444
Kuswanto, J., Walusfa, Y., Artikel, S., Korespondensi, A., Ratu Penghulu No, J., Sari, K., … Selatan, S. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET, 6(2), 58–64. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19335
Mayer, R. E. (2001). Thecambridge handbook of multimedia learning. California: University of California, Santa Barbara.
Mayer, Richard E. (2012). A Cognitive Theory of Multimedia Learning. Multimedia Learning, (July), 41–62. https://doi.org/10.1017/cbo9781139164603.004
Nasrullah. (2014). Role of Multimedia Tutorials in Distance Education. International Journal for Infonomics (IJI), 7(3). https://doi.org/10.20533/iji.1742.4712.2014.0110
Nikmah, S., Nuroso, H., & Reffiane, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Shared Berbantu Media Pop- Up Book Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 264. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17920
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Pr, 3(2), 64–72. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103
Paut, M. S. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik pada Siswa Kelas IV di SD Pujokusuman 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(6), 511–517. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/1238
Praditya, D. (2019). Multimedia Pembelajaran Dengan Evaluasi Instructional Game Matematika Siswa Kelas Vii Smplb-B Negeri 1 Buleleng. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 66–76. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20269/12330
Pravitasari, S. G., & Yulianto, M. L. (2018). Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris (Studi Kasus Di Sdn 3 Tarubasan Klaten). Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 37. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.3825
Purwanita, Y., Riyanto, Y., & Suyanto, T. (2019). The Influence of Multimedia Assisted Inquiry Learning Methods on My Heroes Theme of Critical Thinking Skills and Learning Outcomes of Class IV Students ofElementary School. International Journal of Scientific and Research Publications (IJSRP), 9(7), p9169. https://doi.org/10.29322/ijsrp.9.07.2019.p9169
Qistina, Alpusari, Noviana, & Hermita. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Kelas IVC SD Negeri 034 Taraibangun Kabupaten Kampar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 160–172. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v8i2.7649
Rasyid, M. dkk. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Dalam Konsep Sistem Indera Pada Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 69–80. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um052v7i2p69-80
Riyanto, W. D., & Gunarhadi, G. (2017). The Effectiveness of Interactive Multimedia in Mathematic Learning: Utilizing Power Points for Students with Learning Disability. IJPTE : International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 1(1), 55–63. https://doi.org/10.20961/ijpte.v1i1.8400
Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Santrock, J. W. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sina, I., Farlina, E., Sukandar, S., & Kariadinata, R. (2019). Pengaruh Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 57. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i1.5081
Sukayati, & Wulandari, S. (2009). Pembelajaran Tematik di SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
Susanti, N. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Prezi di SMK Negeri 1 Tanjung Raya. Jtev (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(2), 28–34. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.106562
Suyanto, M. (2003). Multimedia alat untuk meningkatkan keunggulan bersaing. Yogyakarta: Andi Offset.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2010). Metode penelitian pengembangan pendidikan. Singaraja: Undiksha.
Windasari, Suci & Sofyan, H. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(4), 6. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081
Zhang, D., Zhou, L., Briggs, R. O., & Nunamaker, J. F. (2006). Instructional video in e-learning: Assessing the impact of interactive video on learning effectiveness. Information and Management, 43(1), 15–27. https://doi.org/10.1016/j.im.2005.01.004
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)