Media Pembelajaran Tutup Botol Pintar Matematika Meningkatkan Hasil Belajar Matematik
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.29191Abstract
Rendahnya hasil belajar matematika siswa yang disebabkan karena guru masih mengggunaakan metode konvensional sehingga siswa kurang berminat dalam mengikut pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran tutup botol pintar matematika untuk meningkatkan hasil belajar Matematika. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D). Model Borg & Gall digunakan dalam mengembangkan media pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent sample t test. Hasil penelitian Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata antara pretest sebesar 60 dengan nilai posttest sebesar 90, uji t-test diketahui bahwa p-value (sig) dari uji levene’s adalah 0,31 atau lebih besar dari nilai α (0,05). Hal ini berarti bahwa varian kedua kelompok adalah sama, maka dari hasil uji-t pada baris pertama memperlihatkan p-value (sig (2-tailed)) adalah 0,000. Hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna antara nilai pretest dan postest atau secara statistic rata-rata nilai posttest lebih tinggi dari nilai pretest yang belum menggunakan media pembelajaran tutup botol pintar matematika. media pembelajaran tutup botol pintar matematika dapat meningkatkan hasil belajar Matematika.References
Amelia, dan I. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Bumi Aksara.
Anam, K. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Bani Muqiman Bangkalan. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 1–17.
Astutik, I. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran “Kalingga” Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Perkalian dan Pembagian. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9), 623–628. Retrieved from http://idealmathedu.p4tkmatematika.org/articles/IME-V5.9-35-Astutik.pdf
Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Refrensi Jakarta.
Fauziddin, M. (2015). Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Usia Dini Melalui Permainan Jam Pintar Di Taman Kanak- Kanak Pembina Kecamatan Bangkinang Kota. Jurnal PAUD Tambusai, 1(1). Retrieved from https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/55
Heruman. (2008). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Hidayah, N., & Ulva, R. K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Terampil Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 34–46. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/terampil.v4i1.1804
Irwandi. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Peningkatan Hasil Belajar Materi Rukun Iman Pada Siswa Kelas I SD Negeri 49 Kota Banda Aceh. Pionir Jurnal Pendidikan, 9(1), 25–44. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v7i1.3321
Jannah, Lusiyana, & Susilawati. (2018). IBM Alat Peraga Matematika SD dari Pengolahan Sampah Karet Sandal di Kecamatan Klangenan. Warta LPM, 21(15), 15. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/warta.v21i2.5063
Kosasih. (2016). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Penerbit Yrama Widya.
Lisiswanti, Saputra, & Windarti. (2016). Peranan Media Dalam Pembelajaran. 102–105.
Moma. (2017). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Melalui Metode Diskusi. Cakrawala Pendidikan, 36(1), 130–139. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/10402/pdf
Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2), 2. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949
Nida, Parmiti, & Sukmana. (2020). Pengembangan Media Kartu Bergambar Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Bahasa Bali. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha., 8(1), 16–31. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/25393/15846
Ningtyas, E., & Wuryani, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe Make-A Match Berbantuan Media Komik Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.37729/jpse.v3i1.3857
Paramita. (2016). Pengaruh Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Pupuan. Retrieved from http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/6950/4740.
Pramana, Jampel, & Pudjawan. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 18–32. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921
Prastiwi, V. O. R. (2016). Pengembangan Alat Peraga Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas III SD Materi Perkalian Berbasis Montessori. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Primasari, R. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran di Madrasa Aliyah Negeri Se-Jakarta Selatan. Edusains, 6(1), 68–72. https://doi.org/https://doi.org/10.15408/es.v6i1.1101
Renny, Sonbay, Yohana, R. (2019). the Effect of Open-Ended Teaching Model on Mathematics. Jurnal Kependidikan Matematika, 1(2), 105–110. Retrieved from https://journal.unwira.ac.id/index.php/ASIMTOT
Sani, R. A. (2018). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Seika Ayuni, I. G. a. P. A., Kusmariyatni, N., & Japa, I. G. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V. Journal of Education Technology, 1(3), 183. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12503
Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group.
Setyowati, Nining, D. (2016). Penggunaan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa pada Materi Peluang. Jurnal Kreano, 7(1), 24–30. Retrieved from https://doi.org/10.15294/kreano.v7i1.4831
Siregar., Eveline dan Nara., H. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sitompul, Setiawan, & Purba. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Desain Sistem Instruksional Pendekatan Tpack. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan, 4(2), 141–146. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jtikp.v4i2.8761
Sulfemi, W. B., & Desmiati, Z. (2018). Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Berbantu Media Relief Experience Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendas Mahakam, 3(3), 232–244.
Susanto, A. (2019). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (P. Group, Ed.). Jakarta.
Suwardi. (2014). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga terhadap Hasil Pembelajaran Matematika pada Anak Usia Dini. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 2(4), 297–305. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36722/sh.v2i4.177
Tegeh, Simamora, & Dwipayana. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmub, 24(2), 158–166. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/21262/13262
Twiningsih, A., & Sayekti, T. (2020). MEDIA KOTAK AJAIB BERBASIS STEM PADA MATERI. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1). https://doi.org/doi.org/10.21009/JPD.011.02
Wulandari, Sudatha, & Simamora. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)